8 Jenis Peluang Usaha yang Cepat Berkembang dan Untung Besar

5/5 - (1 vote)

Ketika mendirikan sebuah usaha, salah satu hal yang harus anda pastikan adalah peluang usaha yang cepat berkembang dan memiliki potensi keuntungan cukup besar.

Namun, terkadang calon pengusaha hanya memikirkan keuntungan sesaat saja. Tidak sedikit pelaku bisnis yang mengabaikan dan tidak mengantisipasi penurunan minat pasar. Padahal, naik dan turun pasar sangat mungkin terjadi dalam sebuah bisnis. Nantinya, hal ini akan berdampak pada keuntungan bisnis.

Apa Saja Jenis Usaha yang Cepat Berkembang?

Agar bisnis berkembang cepat dan terus bertahan dalam persaingan pasar, Anda perlu mengetahui jenis usaha apa yang cepat berkembang dan punya peminat besar untuk jangka panjang. Berikut daftarnya.

Kuliner

Nasi Goreng

Kuliner merupakan jenis usaha yang terbilang cepat balik modal. Ini karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang akan terus dicari setiap hari.

Alasan mengapa bisnis kuliner cepat berkembang dan menguntungkan adalah karena menjalankan usaha ini tidak sulit. Anda cukup bisa memasak enak saja, maka sudah bisa membuka bisnis kuliner.

Bahkan, jika bertanya usaha apa yang bagus untuk jangka panjang, usaha kuliner bisa menjadi pilihannya. Anda bisa mencoba banyak kategori dan inovasi makanan hingga minuman.

Mulai dari makanan pokok, cemilan, frozen food, atau minuman. Usaha kuliner punya potensi yang sangat bagus selama Anda pintar memasarkannya. Bahkan, cocok untuk pemula yang baru membangun sebuah bisnis.

Online Shop

Bagi Anda yang ingin memulai usaha namun bingung mencari bisnis apa yang berkembang dengan cepat, mendirikan online shop patut untuk dicoba.

Kini, online shop menjadi pilihan bisnis paling ramah untuk berbagai kalangan termasuk ibu rumah tangga. Cukup mempelajari sistem pemasaran online dan menentukan barang jual, siapapun bisa membuka usaha online.

Anda bebas menentukan jenis barang yang dijual, apakah barang produk sendiri atau menjual barang orang lain (reseller). Yang pasti, ketersediaan stok harus selalu terjaga agar tidak mengecewakan customer nantinya.

Selain itu, Anda juga harus responsif pada pelanggan. Sebab, kunci utama berbisnis online adalah kepercayaan pelanggan. Jangan abaikan testimoni dan rating dari pelanggan terhadap online shop Anda. Dengan begitu, online shop akan menjadi usaha yang cepat berkembang dengan pesat.

Program afiliasi

Program Afiliasi

Marketing afiliasi atau affiliate marketing menjadi ide usaha digital yang tengah mencuri perhatian. Bisnis ini memungkinkan Anda mendapat uang dengan mempromosikan produk pihak lain.

Anda bahkan bisa memulainya dengan modal kecil atau bahkan 0 rupiah. Skemanya pun cukup mudah, pihak affiliate atau marketer akan mendapat komisi jika seseorang membeli produk dari kode referral yang dibuatnya.

Adapun, program afiliasi di Indonesia kini sudah terbuka lebar. Anda bisa mencobanya dari marketplace besar atau online shop. Untuk memulainya, Anda harus mendaftar sebagai affiliate terlebih dulu untuk mendapat kode referral yang kemudian bisa Anda gunakan untuk promosikan seluas mungkin melalui media sosial.

Toko Kelontong

Salah satu usaha yang bagus untuk jangka panjang adalah bisnis kelontong atau toko sembako. Sejak dulu hingga sekarang, peluang bisnis ini selalu menjanjikan. Kebutuhan pokok rumah tangga selalu menjadi produk utama toko ini sehingga selalu menjadi incaran banyak orang setiap saat.

Salah satu indikator keuntungan toko sembako adalah cashflow berlangsung cepat, karena termasuk usaha yang menghasilkan uang setiap hari. Artinya, perputaran uang masuk dan keluar bergerak cepat. Ini terjadi karena permintaan dan ketersediaan barang selalu seimbang.

Jasa Wedding Organizer

Levidio Wedding

Peluang usaha yang cepat berkembang lainnya adalah wedding organizer. Menikah merupakan momen spesial yang menjadi impian setiap orang. Setiap calon pengantin pasti ingin momen spesialnya berlangsung sempurna.

Oleh karena itu, Anda akan selalu membutuhkan jasa seorang wedding organizer guna mengatur rangkaian acara. Dari segi bisnis, jelas peluang usaha ini sangat menjanjikan.

Saat memulainya, kesampingkan asumsi bahwa bisnis ini sudah menurun prospeknya hanya karena semakin banyak jumlah WO. Karena fakta menunjukkan, nilai industri bisnis pernikahan justru meningkat pesat dari tahun ke tahun.

Pada 2021 saja, nilai industri bisnis ini menyentuh angka Rp 500 triliun. Data itu menjadi bukti, bahwa kreativitas wedding organizer sangat layak dibayar mahal.

Ide kreatif dapat membantu Anda mengusung konsep wedding organizer yang beragam. Menariknya, Anda pun tidak perlu modal besar untuk membangun bisnis tersebut. Jika ingin penghasilan lebih Anda juga bisa membuka bisnis undangan digital yang bisa dijadikan sepaket dengan wedding organizer.

Kursus Online

Salah satu cara membuka usaha sendiri di rumah adalah dengan mendirikan kursus online. Tipe bisnis rumahan ini tergolong contoh usaha modal kecil untung besar. Namun, jangan lupa pastikan Anda memiliki keahlian di bidang bisnis yang didirikan.

Membangun kursus reguler saat ini sudah bukan lagi peluang besar. Selain memerlukan tempat khusus dan perlengkapan pendukung lainnya, persiapannya pun tidak sedikit dan perlu modal besar. Belum lagi, jika mengamati kompetitor atau persaingan yang masih terbilang sengit.

Namun, berbeda dengan kursus offline. Selain bisa memulai bisnis tersebut dari rumah, jenis keahlian yang Anda tawarkan juga sangat beragam. Anda bisa coba tawarkan kursus bahasa asing atau mata pelajaran sekolah tertentu.

Walau sebenarnya tidak hanya itu, Anda juga bisa menjual skill lain seperti menjahit, merajut, memasak, dan masih banyak lagi. Dengan kursus online, target pasar pun lebih spesifik hingga Anda bisa mempromosikannya secara eksklusif.

Bisnis Jasa Cuci (Laundry)

Jasa Laundry

Anda pasti heran, mengapa laundry menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang lagi trend? Kenyataannya, bisnis laundry memang masih menjadi ide usaha yang cepat berkembang.

Tidak sedikit pelaku usaha rumahan ini sukses dengan omzet bulanan hingga ratusan juta rupiah. Berangkat dari pemikiran tingginya rasa malas mencuci yang selaras dengan tingkat produktif, Anda bisa memanfaatkan hal itu dengan membuat usaha rumahan yang tidak perlu modal besar.

Namun biasanya, untuk usaha laundry modal awalnya tergantung seberapa besar bisnis yang akan Anda bangun. Bahkan, Anda pun bisa mencobanya dari rumah terlebih dulu.

Jika tertarik dengan jenis usaha ini, manfaatkan teknologi secara optimal sebagai media promosi. Selain menjangkau lebih banyak orang, strategi ini juga memberikan feedback terbaik untuk para pelanggan.

Sewa Perlengkapan Hiking dan Camping

Sadarkah Anda bahwa kegiatan mendaki gunung dan camping menjadi trend yang semakin berkembang? Selain menjadi ajang liburan dan eksplorasi alam, kini banyak orang mendaki gunung dan berkemah untuk berburu foto Instagramable.

Dari sisi bisnis, ini merupakan peluang yang sangat menarik. Sebab, melihat peluang daya tarik hiking dan camping yang terus meningkat, bisnis persewaan alat mendaki pun cukup potensial.

Tidak sedikit para adventurer yang hiking dan traveling sambil membangun bisnis. Berawal dari pengalaman pribadi yang kesulitan menemukan alat mendaki, Anda bisa jadikan momentum ini sebagai ide bisnis yang menjanjikan.

Namun, sebelum memulainya, pastikan untuk lihat potensi pasarnya terlebih dulu. Apakah Anda ingin membangun usaha sewa berbagai alat perlengkapan atau hanya satu jenis perlengkapan saja.

Jadi, manakah jenis usaha yang cepat berkembang paling cocok untuk Anda? Untuk membuka usaha apapun, cobalah memulainya dengan hal yang paling Anda sukai. Kemudian, Anda bisa kembangkan bisnis tersebut dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk meraih keuntungan yang besar.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!