6 Cara Mendapatkan Uang di TikTok

5/5 - (2 votes)

TikTok kini semakin digemari karena memiliki fitur-fitur yang kian menarik untuk mengabadikan setiap momen dalam bentuk video, Anda juga bisa menemukan ide konten tiktok yang banyak dari fitur tersebut. Tak hanya itu, saat ini penggunanya juga bisa menghasilkan uang dengan hanya bermain aplikasi ini. Lalu bagaimana cara mendapatkan uang di TikTok? Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Mendapatkan Uang di TikTok untuk Pemula

Bagi pemula, cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan uang dari TikTok setelah download di play store sangat sederhana, yaitu hanya dengan menyelesaikan misi menonton video. Setelah menyelesaikan misi menonton video, Anda akan mendapatkan koin yang nantinya dapat ditukarkan dengan uang melalui aplikasi DANA.

Meski hanya menonton video, Anda bisa mendapatkan uang sebesar Rp 10.000 per harinya, dan jumlah ini akan terus meningkat sesuai misi yang sudah diselesaikan. Namun selain itu, ada banyak cara lain yang bisa  Anda coba lakukan agar menghasilkan cuan dari TikTok, diantaranya adalah:

Donasi Koin TikTok atau Payout Coins

Tiktok Koin

Cara mendapatkan uang di tiktok yang pertama yaitu dengan donasi koin. Jika pengikut  Anda sudah mencapai angka 1000 followers, manfaatkan hal itu untuk mendapatkan keuntungan dengan cara melakukan live streaming, lalu ajak para pengikut Anda memberikan stiker gift yang dapat ditukarkan dengan uang.

Konsep ini hampir sama dengan aplikasi Twitch atau Likee. Pengguna dapat membeli koin, dan setiap 100 koin seharga $1.39 atau setara dengan Rp 20.000.

Koin itu nantinya dapat didonasikan saat TikTok melakukan live streaming, kemudian koin tersebut dapat diubah menjadi “diamond” lalu dicairkan menjadi uang melalui PayPal.

Para viewers memberikan stiker itu sebagai tanda apresiasi atas konten yang yang sudah dibuat, karena mereka mendapatkan stiker itu dengan cara membeli. Buatlah konten yang menarik dan bermanfaat untuk fans Anda.

Sedikit tips yang bisa dilakukan untuk menambah jumlah followers Anda agar mendapatkan banyak  koin:

  • Temukan niche konten;
  • Buat video menarik dan bermanfaat, edit sebaik mungkin;
  • Upload secara konsisten dan terjadwal;
  • Upload di jam prime time;
  • Optimasi profil;
  • Ikuti challenge viral;
  • Kolaborasi dengan pengguna TikTok lain;
  • Upload konten ke semua media sosial seperti Instagram, Facebook dll.

Influencer TikTok

Kedua, cara mendapatkan uang di tiktok yang sangat digemari adalah menjadi seorang influencer. Seorang influencer TikTok biasanya dipercaya untuk mempromosikan brand tertentu.

Disini peran followers sangat penting, karena pemilik atau agensi dari brand tersebut melihat jumlah pengikut, jumlah like dan dan tayangan untuk mengukur engagement konten kreator.

Selain mempromosikan brand tertentu, influencer juga dapat menjadi Brand Ambassador, marketing afiliasi, sponsored content post bahkan membuka endorsement. Cara menjadi influencer TikTok harus konsisten melakukan beberapa hal, diantaranya yaitu:

  • Pahami Algoritma TikTok
  • Buat konten sebanyak mungkin
  • Upload video konten secara konsisten dan terjadwal
  • Temukan niche Anda sebagai influencer
  • Amati komentar netizen

Jual Beli Akun TikTok

Jual Beli Akun TikTok

Jika Anda ingin mendapatkan uang dari aplikasi ini salah satunya dengan cara melakukan jual beli akun TikTok. Sebelum melakukannya, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:.

  • Buatlah akun dengan minat tertentu;
  • Tingkatkan jumlah pengikut, like, tayangan, dan engagement;
  • Bangun komunitas dengan peminat topik yang sama
  • Setelah akun menjadi besar, jual kepada perusahaan atau brand dengan bidang yang sama

Konsep ini merupakan win-win solution bagi pemilik akun, followers dan perusahaan atau brand karena masih banyak perusahaan yang kesulitan menghandle akun dari nol. Maka perusahaan akan membeli akun yang sesuai dengan brand yang mereka jual.

Jika Anda mampu membuat akun sebanyak-banyaknya maka peluang jual beli ini dapat menjadi cara mendapatkan uang di tiktok alternatif yang menguntungkan.

TikTok Manager atau Jasa Pengelola Akun TikTok

Cara kerja dari TikTok manager adalah mengelola akun TikTok milik seseorang agar lebih berkembang pesat. Tugas dari jasa pengelola akun TikTok antara lain yaitu:

  • Meningkatkan followers, like, jumlah tayangan dan engagement;
  • Membuat dan mengembangkan ide kreatif;
  • Mengatur strategi konten marketing;
  • Mengelola tawaran brand dan perusahaan.

Selain menguasai dunia marketing, pengelola jasa akun TikTok juga perlu mempelajari dan memahami tentang viral marketing. Hal ini diperlukan mengingat bahwa adanya kemungkinan sebuah konten dapat viral hanya dengan satu malam.

Jasa mengelola akun ini menjadi salah satu peluang bisnis yang besar dan menguntungkan. Tentunya cara mendapatkan uang di tiktok dengan trik ini bisa lebih maksimal.

Manajemen TikTok Influencer

Manajemen TikTok Influencer berarti Anda sebagai perantara antara perusahaan dan influencer. Saat ini ada fitur Creator Marketplace yang sangat membantu para kreator untuk mendapatkan brand yang sesuai, akan tetapi biayanya masih cukup mahal.

Anda dapat mendirikan manajemen secara pribadi dan menetapkan harga yang terjangkau. Tugas dari manajemen TikTok adalah menjadi perantara, koordinator, dan manajemen dari kesepakatan kerja dengan suatu iklan.

Contohnya, mencarikan influencer iklan yang tepat, mengatur konsep iklan dan mengelola kerja sama. Cara ini sangat cocok bagi yang memiliki keahlian konten tiktok marketing dan video marketing.

Manajemen TikTok influencer masih sangat jarang ada di Indonesia, ini akan menjadi kesempatan emas untuk mencari keuntungan karena kesempatannya masih terbuka lebar.

TikTok Ads

Cara mendapatkan uang di tiktok yang terakhir yaitu menggunakan tiktok ads. Bagi pebisnis, adanya TikTok Ads perlu dipertimbangkan sebagai salah satu media promosi online untuk meningkatkan performa penjualan bisnis Anda. Pengguna TikTok yang semakin hari terus bertambah tentu menjadi angin segar bagi para pencari cuan di TikTok.

Pasalnya, hal ini berpotensi menguntungkan jika pebisnis memasang iklan penjualan di TikTok Ads. Cara membuat TikTok  ads:

  • Kunjungi situs TikTok ads, klik Create and Ads Button pada pojok kanan atas.
  • Pilih menu Campaign pada menu dashboard, lalu klik Create untuk membuat TikTok ads.
  • Tetapkan penempatan TikTok ads, detail dan target.
  • Tentukan jadwal, durasi dan anggaran

memanfaatkan TikTok ads sangat menguntungkan bagi Anda para pebisnis untuk berkampanye mengenai bisnis yang sedang dirintis.

Berapa Gaji TikTok dengan 1000 Followers?

Jika ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari aplikasi ini, minimal followers Anda mencapai angka 1000. Jika sudah mendapat pengikut sebanyak itu, Anda akan lebih mudah mendapatkan endorse, dimana biayanya berkisar Rp 100.000-Rp 300.000 dalam setiap postingan.

Meski begitu sebenarnya gaji TikTok dengan jumlah pengikut 1000 hanya berkisar Rp 28.000 per postingan. Namun hal ini bisa berpeluang menjadi lebih besar jika Anda terus konsisten memposting konten, dan aktif berinteraksi dengan followers.

Gaji yang didapatkan dari aplikasi ini memang beragam, tergantung dari banyaknya jumlah followers di akun tersebut. semakin banyak followers, besar kemungkinan jumlah gaji yang didapat dari endorse juga akan meningkat.

Misalnya saja, gaji TikTok dengan followers 10k akan mendapat gaji berkisar Rp 227.000 – Rp 340.000 per postingan. Tak hanya itu, akun dengan 10k followers juga dapat mendaftar ke Creator Found TikTok untuk dimonetisasi.


Ada banyak cara mendapatkan uang di TikTok yang bisa Anda coba.  Mulai dari hanya menonton video, menjadi influencer sampai memanfaatkan fitur TikTok Ads seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Semua dapat Anda coba lakukan sesuaikan keahlian yang dimiliki. Semakin hari pengguna TikTok semakin bertambah, ini dapat  menjadi peluang yang besar untuk mendapatkan uang dengan bermain TikTok.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!