11 Ide Konten TikTok Untuk Bisnis yang Mudah Dilakukan

5/5 - (3 votes)

Platform TikTok sekarang tidak hanya terbatas sebagai hiburan dan membagikan kreasi video saja. Platform ini bisa dimanfaatkan sebagai platform promosi bisnis. Dengan menggunakan ide konten TikTok yang tepat, platform ini akan memaksimalkan penjualan. Selain itu Anda juga bisa membaca ide konten youtube pada artikel sebelumnya.

Namun, apa saja konten TikTok yang menarik? Sehingga sesuai sebagai konten bisnis Anda. Berikut ada beberapa ide yang bisa menjadi inspirasi Anda. Terutama, Anda yang ingin memanfaatkan platform TikTok sebagai media promosi.

11 Ide Konten TikTok Untuk Promosi Bisnis

Bentuk konten untuk promosi bisnis pastinya akan berbeda dengan bentuk konten untuk hiburan biasa. Anda harus bisa memasukkan produk yang ingin Anda jual dan mempromosikannya secara natural pada konten. Untuk konten video, Anda juga bisa menggunakan template levidio yang videonya cakep dan keren.

Berikut ada beberapa ide yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten bisnis di platform TikTok untuk mempromosikan bisnis Anda.

Konten Promosi Secara Langsung

Konten Promosi Secara Langsung

Ide konten tiktok yang pertama adalah konten promosi secara langsung. Jenis konten seperti ini memang sengaja memasukkan produk dan menunjukkannya. Tidak hanya untuk mempromosikan produk yang akan dijual. Jenis konten ini juga bisa digunakan untuk mempromosikan akun bisnis itu sendiri.

Dengan meminta para pengguna platform TikTok untuk melakukan follow, like, Maupin subscribe. Jenis konten satu ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Karena, para pengguna TikTok mungkin merasa bosan melihat konten promosi terus-menerus.

Konten Tentang Profil Perusahaan

Selain mempromosikan produk yang dijual atau dikeluarkan oleh toko atau perusahaan Anda. Anda juga perlu melakukan branding atau promosi mengenai perusahaan atau toko yang ada jalankan sendiri. Platform TikTok merupakan tempat yang tepat untuk melakukannya.

Anda bisa membuat video profil singkat dengan penceritaan yang menarik. Ingat, Anda harus membuat konsep bagai bercerita. Jika hanya sekedar memberikan kontak dan info perusahaan atau toko. Pasti konten akan terasa membosankan bagi pengguna.

Konten Challenge dengan Hashtag

Ide konten TikTok selanjutnya yang cocok untuk bisnis adalah membuat hashtag challenge. Jenis konten seperti ini sangat ideal untuk bisnis. Karena, Anda bisa melibatkan pelanggan untuk menyebarkan informasi mengenai produk Anda.

Jika challenge yang dibuat menarik bagi orang banyak yang dilakukan secara massif. Maka, ini akan sangat menguntungkan bagi Anda. Karena Anda bisa melakukan promosi yang luas tanpa perlu repot-repot lagi. Selain ini, Anda juga bisa ambil salah satu ide dari hashtag bisnis yang ada di tiktok.

Konten Membuat Tutorial Produk

Konten Membuat Tutorial Produk

Ide konten untuk TikTok yang bisa digunakan untuk promosi bisnis selanjutnya adalah konten tutorial. Fungsi tutorial ini tidak hanya memiliki fungsi promosi saja, namun bisa menjadi konten yang informatif. Sehingga, para pembeli produk Anda tahu bagaimana cara menggunakan produk.

Isi konten dengan jenis tutorial ini tidak harus terbatas menjelaskan cara pemakaian saja. Anda juga harus berkreasi dengan isi konten. Jadi bisa memperlihatkan keunggulan-keunggulan produk yang lain.

Misalnya, yang Anda jual adalah produk kosmetik. Maka, jangan hanya menampilkan tutorial cara menggunakan kosmetik tersebut saja. Perlihatkan juga kreasi-kreasi make up tertentu yang menarik para pengguna TikTok.

Konten Edukasi yang Berkaitan dengan Produk

Platform TikTok ternyata bukan hanya sekedar platform untuk bersenang-senang saja. Ada banyak kontan yang bertujuan untuk edukasi yang diupload di dalam TikTok. Contoh konten TikTok satu ini bisa dimanfaatkan sebagai konten promosi.

Anda bisa membuat konten dengan tujuan edukasi yang masalahnya berkaitan dengan produk Anda. Anda perlu memperlihatkan bahwa produk yang Anda jual merupakan solusi dari masalah yang Anda bahas.

Buatlah isi konten dengan semenarik mungkin dengan narasi seperti bercerita. Dengan begitu, para penonton tidak akan cepat bosan melihat konten yang Anda buat.

Konten Packing Produk

Konten Review Barang

Untuk para pelanggan yang membeli produk Anda, akan ada kepuasan sendiri jika bisa melihat produk yang dibeli sedang diproses. Karena itu proses packing dan pengiriman, bisa menjadi ide konten TikTok yang menarik untuk bisnis.

Selain bisa menambah ketertarikan para pelanggan, konten ini bisa menaikkan tingkat kepercayaan pelanggan pada toko atau perusahaan yang Anda jalankan. Apalagi, jika Anda memperlihatkan jika pesanan dibungkus dan dikirimkan dengan aman.

Konten Dibalik Pembuatan Produk

Ide konten TikTok satu ini fokus untuk memperlihatkan pada pelanggan bagaimana proses yang dilalui sebuah produk sampai akhirnya bisa sampai di tangan para pembeli. Konten ini juga sering disebut dengan konten behind the scene.

Jenis konten ini sudah mulai populer bahkan sangat diharapkan oleh para pelanggan. Karena pelanggan sekarang sudah sangat peduli dengan barang yang dibelinya. Jadi, banyak dari pelanggan yang ingin melihat bagaimana barang yang mereka beli melalui proses pembuatan.

Berilah sudut pandang pada konten, seakan para pelanggan diajak terlibat dari proses pembuatan hingga produk bisa siap digunakan. Ide ini juga bisa diterapkan di berbagai jenis produk. Mulai dari makanan, minuman, sampai barang-barang fashion.

Konten Katalog Produk

Anda juga bisa memanfaatkan platform TikTok Anda untuk membuat katalog produk. Selain promosi, ide konten video TikTok seperti ini berfungsi juga sebagai informasi bagi para pelanggan yang akan membeli.

Jadi, para calon pelanggan bisa mengetahui pilihan apa saja yang dimiliki dan variasi barang yang bisa dibeli. Sangat wajib bagi Anda untuk membuat video katalog ini dengan menarik. Jangan sampai seperti daftar barang seperti katalog yang dicetak.

Konten Rilis Produk

Jika toko atau perusahaan Anda akan memproduksi produk baru atau variasi produk baru. Maka platform TikTok adalah media tepat untuk menyusun promosinya. Anda bisa membuat video-video trailer atau spoiler yang singkat. Cukup video pendek-pendek sampai akhirnya di tanggal perilisan produk.

Ide konten TikTok satu ini bisa meningkatkan rasa keingintahuan para pelanggan pada produk yang akan ada rilis. Kombinasikan ide ini dengan konsep konten yang lainnya. Misalnya konsep hastag challenge dan konsep promosi. Hal ini agar memberikan efek yang maksimal pada hari perilisan produk baru Anda.

Konten Menunjukan Tempat Kerja

Selain menunjukan proses pengemasan, pengiriman, dan produksi produk. Hal selanjutnya yang bisa menjadi ide konten adalah menunjukan tempat kerja. Sama seperti sejenis konten sebelumnya, konten ini bisa meningkatkan kepercayaan para pelanggan pada Anda.

Apalagi, jika Anda menunjukan tempat kerja yang rapi dan bersih. Nilai plus bagi Anda yang bisa membuat tempat kerja Anda terlihat estetik dan tapi. Anda bisa menampilkan tempat-tempat produk yang sudah jadi disimpan.

Kemudian, buatlah urutan yang rapi sesuai dengan proses pengemasan. Dengan begitu, para pelanggan akan semakin tertarik untuk mengikuti video yang menelusuri tempat kerja yang Anda tunjukan.

Menggunakan Adstok

ADSTOK - 2138+ Template TikTok Marketing Kit Untuk Promosi Bisnis Anda

Ide konten tiktok yang terakhir ini Anda bisa menggunakan Adstok. Adstok merupakan template tiktok marketing kit untuk promosi di tiktok yang sedang viral tahun ini. Selain mendapatkan template, Anda juga mendapatkan ide konten yang sudah di jadwalkan dan tinggal Anda praktekkan.


Ternyata ada banyak sekali bentuk ide yang bisa dimanfaatkan sebagai konten TikTok untuk keperluan bisnis. Anda bisa memanfaatkan ide-ide di atas untuk membangun brand dan penjualan Anda. Supaya promosinya lebih maksimal, Anda bisa menggunakan layanan email marketing untuk followup calon customer yang ingin membeli produk.

Walaupun ada banyak sekali ide konten TikTok yang bisa digunakan. Namun, hasil dari semua itu tergantung dengan kreativitas Anda sendiri. Pastikan bahwa konten yang ada buat sesuai dengan konsep dan branding yang ingin Anda tunjukan dari produk Anda.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!