9 Jenis Iklan Online dan Manfaat Penggunaannya

5/5 - (1 vote)

Anda pasti tidak asing dengan yang namanya iklan online atau yang kadang ada juga yang menyebutnya dengan digital marketing. Namun, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa jenis iklan online yang patut untuk Anda ketahui. Dari berbagai macam tersebut, Anda mesti pahami perbedaan antara satu iklan dengan jenis iklan lainnya.

Macam-macam Jenis Iklan Online

Setidaknya ada 9 macam iklan online yang umum Anda temui di berbagai platform. Perlu Anda ketahui, masing-masing iklan tersebut mempunyai ciri khas tersendiri. Berikut ini adalah pembahasan mendetailnya.

Iklan Asli

Sebutan satu ini erat kaitannya dengan tipe iklan online yang cukup simpel. Iklan jenis ini menggunakan strategi yang menghindari iklan spanduk atau konten bersponsor dalam upaya untuk mendapatkan kepercayaan pengguna dengan menawarkan solusi permasalahan.

Ada banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat iklan ini, tetapi yang paling mudah adalah dengan membuat blog. Pada blog Anda tersebut, bicarakan topik yang terkait dengan sektor Anda, tetapi jangan hanya beriklan. Sertakan sesuatu yang berguna dan menarik bagi pengguna Anda.

Dari sana, menggunakan SEO, pemasaran email, dan pemeliharaan prospek, Anda dapat berhasil menawarkan konten yang tepat sesuai dengan tahap saluran penjualan calon klien. Hal terbaik tentang iklan asli adalah tidak mengganggu sehingga lebih sangat dihargai oleh masyarakat umum.

Pemasaran Mesin Pencari (Search Engine Marketing)

Dengan jenis kampanye ini, tujuannya adalah untuk mencapai peningkatan kesadaran merek dalam waktu yang sangat singkat. Yang diperlukan hanyalah iklan dengan judul, deskripsi, dan ajakan bertindak (pastikan sangat bergantung pada penggunaan kata kunci).

Bergantung pada kualitas situs web dan BPK yang ditetapkan. Iklan akan ditampilkan saat pengguna mengetikkan kata kunci yang Anda pilih sebelumnya ke dalam mesin telusur. Dalam hal ini, tawaran (biasanya) berdasarkan BPK yang ditetapkan.

Iklan Display

Jenis iklan online yang ketiga yaitu Iklan Display. Di antara format iklan online yang lebih mengedepankan visual adalah iklan bergambar. Iklan ini biasa disebut ‘iklan bergambar’ karena umumnya berisi gambar atau video. Biasanya juga, dipublikasikan di tempat yang ditentukan dalam situs web manapun, seperti blog.

Mereka dapat dibeli secara langsung atau melalui platform seperti Google Adwords atau Google Ads. Biaya diperkirakan berdasarkan BPK atau BPS

Periklanan Seluler

Meskipun ada berbagai jenis iklan seluler, semua kampanye iklan harus disesuaikan dengan platform seluler. Atau, setidaknya mengikuti tipologi responsif yang memungkinkan halaman diformat ke dalam ukuran layar tertentu.

Saat ini, setiap orang memiliki ponsel atau tablet yang selalu mereka gunakan. Faktanya, Google telah mengatakan bahwa sejak 2016, lalu lintas seluler telah melampaui komputer desktop. Jadi, jika Anda masih belum berinvestasi di platform seluler, inilah saatnya untuk mengambil risiko.

Anda tidak hanya akan mendapatkan jangkauan yang lebih baik dan interaksi pengguna yang lebih baik, tapi Anda juga akan meningkatkan SEO website Anda. Kuncinya, melalui algoritma Mobile First Google dalam iklan yang Anda tampilkan di situs web Anda sendiri.

Iklan Medsos

Media sosial adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari manusia zaman sekarang. Maka, membuat iklan online di platform ini diperlukan untuk menghasilkan kesadaran merek dan mendapatkan klien baru yang potensial. Anda juga perlu ide konten yang kreatif supaya banyak orang yang tertarik dengan iklan Anda.

Berkat potensi segmentasi luas yang ditawarkan oleh jejaring sosial, mereka juga dapat menjadi tempat sempurna untuk meluncurkan produk atau layanan baru.

Terlepas dari apakah tujuan Anda adalah melakukan konversi atau menerapkan strategi branding, iklan via medsos adalah pilihan yang prospektif.

Penargetan Ulang dan Pemasaran Ulang

Mengingatkan pelanggan tetap atau pengguna yang telah menunjukkan minat pada perusahaan Anda, adalah strategi yang solid untuk melakukan konversi.

Pemasaran ulang membuat spanduk Anda muncul di situs web manapun yang dikunjungi oleh orang-orang yang sebelumnya mengunjungi situs Anda.

Iklan ini baik untuk penjualan dan meningkatkan kesadaran merek, yang menekankan kehadiran perusahaan dalam proses pembelian konsumen. Iklan ini dapat dibeli melalui alat manajemen iklan mesin pencari seperti Google Adwords. Harga biasanya ditentukan oleh metrik BPK.

Pemasaran Email

Pemasaran email bukanlah sesuatu yang baru, tetapi telah muncul kembali dengan kemanjuran baru. Jenis kampanye ini menghasilkan konversi yang tinggi.

Berkat banyak alat otomatisasi yang tersedia, Anda bisa mendapatkan konversi yang sangat menguntungkan.

Digital Sign

Meskipun namanya mungkin tidak membunyikan lonceng, format ini semakin populer. Ini adalah evolusi teknologi periklanan luar ruang tradisional.

Ini digunakan pada papan reklame, MUPI, pajangan jendela, halte bus, atau stan lain yang memiliki layar. Efisiensi jenis iklan ini terletak pada kemampuannya untuk menarik perhatian klien potensial selama bagian paling biasa dari hari mereka.

Pemasaran Video

Jenis iklan online yang terakhir yaitu pemasaran video / video marketing. Konten video sangat menghibur bagi pengguna, yang menjadikan penggunaan video sebagai strategi periklanan sebagai ide yang fantastis. Ide lainnya adalah bermitra dengan YouTuber yang menampilkan dan mendiskusikan produk/layanan Anda (mirip dengan iklan asli).

Anda juga dapat membuat konten video asli untuk membantu Anda mendapatkan posisi yang lebih baik dan lebih organik di SEO. Dengan membagikan video ini, Anda dapat memperoleh lebih banyak lalu lintas web langsung dan meningkatkan peluang Anda untuk menjadi viral.

Manfaat Iklan Online

Internet adalah bagian penting dari peluncuran kampanye iklan karena semakin banyak orang menghabiskan semakin banyak waktu online. Semua merek ingin hadir di dunia digital, tetapi ada kelebihan yang perlu Anda pertimbangkan dalam periklanan online.

Efisiensi

Meskipun seperti halnya kampanye offline, tugas penting dalam merencanakan strategi dan membuat materi mungkin memakan waktu cukup lama, iklan online dapat diterapkan dengan sangat cepat. Hanya dalam beberapa menit, iklan dapat dipasang dan dipublikasikan di berbagai media online.

Fleksibilitas

Salah satu karakteristik dari iklan online adalah fleksibilitasnya. Gambar, video, dan teks dapat digunakan untuk menjangkau audiens target Anda kapan saja sepanjang hari.

Kemungkinan sebuah iklan sangat besar jika dipublikasikan di jaringan yang tepat pada waktu yang tepat. Ketika datang ke iklan asli, pilihannya hampir tidak terbatas. Semua ini dapat diimplementasikan dari mana saja di dunia, yang Anda butuhkan hanyalah komputer dan internet.

Cara Beriklan Online

Ketika saatnya tiba untuk merancang strategi periklanan perusahaan Anda, ingatlah bahwa perencanaan yang matang adalah suatu keharusan. Selain itu, Anda harus memutuskan format iklan mana yang akan Anda gunakan dan mana yang tidak akan Anda gunakan.

Bagian dari proses ini juga melibatkan penetapan persentase anggaran Anda untuk setiap format. Skenario yang ideal adalah melakukan analisis, mengintegrasikan berbagai cara periklanan untuk meningkatkan jangkauan dan meningkatkan hasil.

Poin penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah mengukur tindakan yang dilakukan setiap strategi. Misalnya, Anda mungkin tidak mendapatkan hasil yang Anda harapkan di satu platform periklanan, tetapi melebihi harapan di platform lain.

Dengan melakukan analisis data, Anda dapat membuat penyesuaian anggaran yang diperlukan untuk mengarahkan kembali investasi ke konversi yang lebih baik.

Anda memiliki pilihan untuk menempatkan diri Anda pada jenis iklan online dan strategi pemasaran produk yang cocok dengan Anda.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *