5 Cara Mendapatkan Email List yang Potensial Untuk Bisnis

4.6/5 - (5 votes)

Jika Anda memiliki sebuah bisnis, maka Anda akan sangat membutuhkan email list para calon pelanggan Anda sebagai strategi email marketing. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mendapatkan email list yang potensial untuk bisnis Anda tersebut.

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa email list adalah kumpulan email dari berbagai pengguna yang berfungsi untuk berbagi informasi. Karena fungsinya tersebut, para pelaku bisnis sering memanfaatkannya untuk kegiatan promosi.

Dengan menggunakan kumpulan email atau kerap dikenal sebagai milis itu, para pelaku bisnis dapat melakukan promosi kepada sekelompok pengguna internet sekaligus. Tentu saja promosi dengan cara seperti itu lebih efektif bukan?

Cara Mendapatkan Email List yang Potensial

Karena tujuannya untuk mempromosikan bisnis, maka Anda harus dapat memastikan bahwa email serta data-data diri yang Anda kumpulkan itu merupakan target market potensial. Hal tersebut perlu Anda perhatikan agar promosi bisnis Anda berjalan dengan lancar.

Untuk mendapatkan hasil subscribe email list seperti yang Anda inginkan, tentu saja Anda harus melakukan berbagai cara. Agar lebih jelas, berikut beberapa cara dari dosen online yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan email list berpotensi:

Beri Penawaran Menarik

Cara mendapatkan email list pertama yang efektif yang bisa Anda lakukan untuk merekrut calon pelanggan agar mau memberikan alamat email serta data diri mereka adalah dengan memberikan penawaran-penawaran yang menarik.

Anda bisa memberikan berbagai penawaran yang berkaitan dengan web serta bisnis milik Anda dengan konten promosi yang menarik. Beberapa contoh penawaran yang bisa Anda gunakan misalnya diskon, informasi eksklusif, atau apapun yang sekiranya membuat calon pelanggan tertarik.

Call to Action (CTA)

Jika ingin pengunjung web Anda melakukan subscribe pada email list maupun tindakan lainnya, maka Anda bisa memasang CTA pada web milik Anda. CTA tersebut biasanya berbentuk tombol, teks, ataupun banner yang meminta pengunjung untuk melakukan berbagai tindakan.

Namun sebelum itu, Anda harus dapat memastikan bahwa CTA pada web milik Anda tidak mengganggu kenyamanan pengunjung. Karena jika sampai mengganggu, maka pengunjung akan enggan untuk kembali pada web Anda.

Menggunakan Popup

Cara mendapatkan email list potensial salah satunya yaitu dengan membuat pop up pada website. Anda pasti kerap mendapatkan popup saat membuka sebuah web. Popup tersebut akan muncul secara otomatis pada layar ponsel Anda. Ternyata melalui fitur popup tersebut, Anda bisa mendapatkan subscriber email list.

Anda bisa menawarkan pengunjung untuk subscribe email list milik Anda melalui popup. Namun, Anda harus memastikan bahwa popup tersebut muncul di waktu dan tempat yang tempat. Jangan sampai popup tersebut mengganggu pengunjung website Anda.

Melalui Form Subscribe

Jika Anda ingin tindakan yang lebih sederhana dan tidak bertele-tele, maka Anda bisa menggunakan form subscribe sebagai cara mendapatkan email list yang potensial untuk mendapatkan subscribe email list.

Karena data yang Anda butuhkan untuk email list tidak terlalu banyak, maka cukup buat form dengan sederhana.

Dalam form tersebut, Anda hanya perlu membubuhkan pertanyaan-pertanyaan penting seperti nama dan alamat email. Anda harus memastikan form tersebut tidak terlalu panjang agar pengunjung tidak enggan saat mengisi form tersebut.

Menggunakan Landing Page

Jika Anda menggunakan CTA atau popup, maka cara yang perlu Anda lakukan tidak habis sampai di situ. Agar pengunjung web Anda melakukan tindakan yang lebih lanjut, maka Anda perlu menyiapkan landing page.

Landing page tersebut tujuannya yaitu untuk menampung pengunjung yang sebelumnya telah melakukan klik pada tombol CTA atau popup. Dalam landing page, para pengunjung akan melihat penawaran bisnis Anda secara lebih detail.

Dari cara-cara di atas, Anda bisa memilih cara mana yang paling tepat, efektif, dan sesuai dengan bisnis serta web milik Anda. Karena, cara-cara tersebut akan lebih efektif jika Anda bisa menempatkannya dengan benar.

Jenis-Jenis Email List

Cara Mengecek Email Aktif Atau Tidak di Gmail dan Yahoo

Setelah membahas mengenai cara mendapatkan email list yang potensial untuk bisnis, Anda juga harus tau jenis email list itu apa saja. Anda pasti sudah mengetahui bahwa email list merupakan kumpulan email dan data milik pengguna internet yang dimiliki oleh seorang pelaku bisnis. Namun perlu Anda ketahui juga, email list ternyata memiliki berbagai jenis.

Meski sama-sama untuk menyebarkan informasi, tapi jika Anda lihat dari cara kerjanya, email list dibedakan menjadi tiga jenis. Berikut tiga jenis email list yang tentunya wajib untuk Anda ketahui:

Announcement Type List

Jika Anda membutuhkan email list untuk menyebarkan informasi tanpa membutuhkan feedback secara langsung, maka Anda bisa menggunakan tipe yang satu ini. Anggota dari email list ini tidak dapat memberikan balasan atau respon secara langsung pada informasi yang Anda sebarkan.

Response List

Berbeda dengan jenis selanjutnya, sesuai dengan namanya, email list yang satu ini Anda pakai saat membutuhkan respon. Namun, tipe yang satu ini tetap tidak bisa berkomunikasi dua arah dengan rinci karena pengguna hanya akan diberikan pilihan respon “setuju” dan “tidak setuju”.

Discussion Type List

Jika Anda membutuhkan respon yang lebih rinci dan komunikasi dua arah secara lebih intens, maka email list tipe ini lebih cocok. Anggota email list jenis ini tentunya bisa berdiskusi bersama Anda dengan membalas pesan-pesan yang Anda kirimkan.

Jenis-jenis email list tersebut bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan apa yang Anda inginkan. Anda bisa mempertimbangkannya terlebih dahulu tipe email list mana yang lebih cocok untuk Anda gunakan.

Keunggulan Email List

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, seseorang membuat email list tentu saja bukan tanpa alasan. Tentu saja, membuat email list tidak lepas dari kepentingan bisnis karena kegiatan tersebut merupakan salah satu strategi marketing.

Bukan sekadar sebagai media promosi dan menyebarkan informasi, berikut ini ada beberapa keunggulan dari email list yang penting untuk Anda ketahui:

Media yang Lebih Cepat dan Tepat Sasaran

Memang benar tujuan email list yang paling utama yaitu untuk menyebarkan informasi. Tidak sembarangan, Anda yang menggunakan email list dapat mengirim informasi dengan lebih cepat dan praktis karena langsung Anda tujukan untuk sekelompok pengguna.

Selain itu, informasi yang dikirimkan melalui email list juga tentunya lebih terarah dan tepat sasaran. Informasi menjadi tepat sasaran karena memang orang-orang yang melakukan subscribe pada email list Anda memang tertarik dengan bisnis milik Anda.

Forum Diskusi

Selain untuk mempromosikan sebuah bisnis, email list juga bisa Anda jadikan sebagai wadah atau ruang diskusi. Anda bisa memanfaatkan banyaknya jumlah subscriber sebagai teman berdiskusi mengenai suatu topik.

Dengan menggunakan email list, maka Anda akan mendapatkan feedback secara langsung yaitu berupa balasan email. Karena itu, email list sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai ruang berdiskusi.

Media Alternatif Murah

Selain lebih cepat dan tepat sasaran, email list juga menjadi salah satu media alternatif dengan biaya yang relatif murah. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk promosi atau menyebarkan informasi karena Anda hanya membutuhkan email. Lebih bagus lagi jika Anda juga menggunakan whatsapp gateway sebagai media promosi supaya lebih maksimal.

Jika Anda menggunakan email list tersebut untuk iklan, maka Anda bisa membandingkan biaya yang mungkin Anda keluarkan jika Anda menggunakan media lain untuk promosi. Jadi dengan menggunakan email list, Anda bisa lebih berhemat.

Jadi, agar promosi atau kepentingan bisnis Anda yang lainnya lebih lancar dan mudah, Anda bisa menggunakan email list. Untuk membuatnya, langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan mengikuti cara mendapatkan email list yang potensial di atas.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!