10 Ide Konten Promosi Zaman Sekarang, Dijamin Laris!

5/5 - (3 votes)

Ide konten promosi dapat Anda temukan dari mana saja. Semua hal terkait konten promosi dapat berguna untuk penjualan produk yang sedang Anda pasarkan. Sosial media menjadi tempat yang tepat untuk pemasaran produk di era digital seperti saat ini, ditambah juga promosi di layanan email marketing.

Apa itu konten promosi? Konten promosi atau content marketing merupakan sebuah cara pemasaran dengan media berupa konten. Konten tersebut berisi tentang produk yang ingin dipasarkan dalam bentuk promosi. Lalu bagaimana dengan ide dari konten promosi?

Ide Konten Promosi Paling Populer

Banyak sekali ide yang bertebaran dalam menyusun content marketing atau konten promosi. Anda dapat mengambil referensi sebagai berikut untuk Anda gunakan dalam pemasaran produk Anda. Anda harus menyesuaikan dengan produk Anda agar tidak salah dalam menyusun strategi.

Dengan Teknik SEO

Ide konten promosi yang pertama yaitu SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah cara agar Anda muncul dalam halaman utama mesin pencarian seperti Google. Artikel blog, berita media massa, artikel ilmiah, video youtube atau konten lain menggunakan teknik SEO agar konten mereka dapat dilirik orang lain.

Teknik SEO sangat mendalam, pada dasarnya Anda dapat menggunakan kata kunci yang paling banyak dicari pada artikel produk Anda. Hal ini akan membuat artikel Anda berada dalam rekomendasi paling atas dari mesin pencari dan kata kunci yang ada.

Membuat Artikel

Untuk memaksimalkan SEO, Anda dapat membuat artikel entah itu di blog, website produk, atau di media massa. Artikel juga dapat membantu calon konsumen untuk mendapatkan informasi lengkap terkait produk Anda.

Dengan adanya website pribadi atau blog, Anda juga dapat memberikan informasi lain seperti event, artikel terkait produk, atau informasi perusahaan yang penting untuk konsumen ketahui. Anda memegang kendali penuh atas apa yang ingin Anda sampaikan.

Product Launching

Apa contoh dari content marketing? Ide konten promosi yang ketiga adalah dengan mengadakan product launching atau peluncuran produk. Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Instagram Live, Tiktok Live, Youtube untuk melakukan hal ini.

Peluncuran produk dapat mengenalkan secara detail apa yang Anda tawarkan kepada calon konsumen dengan cara membuat copywriting yang keren. Produk Anda akan mendapat berbagai respon dari calon konsumen yang akan menjadi bahan evaluasi bagi Anda.

Selain melalui Live streaming, Anda juga dapat membuat video pendek terkait produk. Buatlah calon konsumen Anda penasaran akan produk Anda. Dengan begitu, produk Anda akan dinanti-nanti dan menjadi bahan pembicaraan yang baik.

Konten yang Unik dan Susah ditiru

Membuat konten yang unik akan menjadikan produk Anda lebih membuat penasaran. Hal ini juga tidak boleh terlepas dari identitas produk itu sendiri. Karakteristik produk yang menonjol dan unik juga menjadi faktor utama kenapa orang-orang harus membeli produk Anda. Untuk membuat konten ini Anda juga bisa menggunakan template levidio.

Hashtag Challenge

Salah satu keunggulan sosial media adalah banyaknya pengguna dari berbagai kalangan dan usia, yang selalu ingin terhubung dengan dunia maya. Penggunaan hashtag atau tagar topik memberi pengaruh kuat untuk menemukan orang dengan kesukaan yang sama.

Anda dapat membuat sebuah hashtag challenge di Tiktok, Instagram, atau medsos lain yang mendukung. Buatlah challenge yang unik dan “berhadiah” jika banyak orang yang mengikutinya. Hal ini akan menarik atensi dari banyak orang untuk ikut berpartisipasi.

Selalu Membuat Konten yang Up-to-Date

Konten yang sudah Anda posting di berbagai media jangan sampai usang atau tidak ada perkembangan terbaru. Anda dapat memposting kembali atau memberikan update informasi terbaru terkait informasi produk. Dengan begitu calon pelanggan tetap mendapat informasi terkini.

Dengan membuat konten yang terkini, Anda juga dapat mengukur apakah produk Anda saat ini masih relevan dengan calon konsumen Anda. Apakah konten perlu diubah atau mengikuti tren-tren di sosmed yang terus berkembang seiring waktu.

Amati Tiru Modifikasi

Di zaman serba canggih ini, hampir sulit menemukan konten original dari pembuat konten. Cara yang dapat Anda gunakan adalah teknik ATM atau Amati Tiru Modifikasi. Penggunaan teknik ATM dapat mempertahankan keberlangsungan produk Anda.

Anda dapat mencari ide konten promosi serupa dengan produk Anda. Amatilah setiap detail yang mereka gunakan dalam hal itu, Anda dapat menggunakan cara yang sama dengan melakukan modifikasi yang menyesuaikan produk Anda. Hal ini juga akan menghindari Anda dari tuntutan plagiasi.

Konten Ramah Smartphone

Jumlah pengguna smartphone tiap tahun terus meningkat. Semua hal saat ini dapat Anda akses dengan mudah melalui smartphone, tidak terkecuali menonton konten-konten termasuk konten promosi. Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk promosi.

Buatlah konten promosi yang ramah smartphone, dengan begitu banyak orang yang dapat Anda jangkau. Anda dapat membuat video-video pendek yang saat ini sedang tren.konten ramah smartphone akan membuat orang lebih sering mengunjungi laman Anda.

Kenapa Konten Promosi itu Penting?

Cara Melakukan Segmentasi Pasar

Selain ide konten promosi diatas, konten promosi juga sangatlah penting karena berhubungan dengan tujuan dari content marketing itu sendiri, apa tujuan dari content marketing? Konten promosi memiliki tujuan untuk menarik pelanggan melalui konten-konten produk yang Anda buat dan mengenalkan produk lebih jauh.

Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Kesadaran masyarakat terhadap produk Anda sangatlah penting. Bagaimana mungkin ada orang yang menggunakan produk Anda jika tidak ada satu orang pun yang tahu. Nilai dari produk akan meningkat jika banyak orang yang mengetahui.

Pelanggan baru akan bermunculan seiring Anda menciptakan kesadaran terhadap produk Anda. Konten promosi memegang peranan penting dalam menciptakan kesadaran ini. Dari satu orang akan membawa orang lain yang secara tidak langsung menguntungkan Anda.

Meningkatkan Optimasi SEO

Dengan mengaplikasikan berbagai macam ide konten promosi, secara tidak langsung juga akan meningkatkan SEO terhadap website atau blog yang Anda miliki. Ketika banyak orang yang menggunakan kata kunci produk Anda dalam mesin pencarian, maka traffic website juga meningkat.

Namun, Anda juga harus mengoptimalkan website Anda agar tidak usang dan telat update. Akan menjadi sia-sia jika sudah banyak orang yang tertarik dan mencari produk Anda di mesin pencari namun yang mereka temukan adalah website usang tidak terurus.

Investasi Jangka Panjang

Konten merupakan hal yang berbeda dengan iklan. Iklan hanya muncul sesaat dan akan usang, namun konten akan bertahan sampai kapanpun jika masih relevan dengan kondisi produk Anda. Konten memiliki umur yang lebih lama daripada iklan.

Hal ini menjadikan konten sebagai investasi produk Anda di masa mendatang. Pembuatan konten yang baik dan tak lekang waktu menjadi hal utama untuk menciptakan ini. Ditambah kebutuhan konsumen yang selalu menginginkan produk Anda menjadi faktor lain.

Menaikkan Jumlah Konversi Pelanggan

Pembuatan konten promosi tidak hanya berpusat pada kesadaran masyarakat, namun juga bermanfaat dalam bidang konversi bisnis yang Anda jalankan. Riset segmentasi pasar dan mengetahui apa yang kompetitor Anda lakukan juga menjadi hal yang harus diperhatikan bisnis Anda.


Beberapa contoh ide konten promosi di atas dapat Anda coba dan Anda evaluasi dengan menyesuaikan produk Anda. Konten yang tepat akan membawakan calon konsumen yang tepat untuk membeli produk Anda.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!