Ketahui Apa itu Copywriting, Jenis, dan Cara Membuatnya

5/5 - (2 votes)

Apa itu copywriting? Kenapa banyak perusahaan mencari orang dengan skill copywriting yang mumpuni? Akhir-akhir ini skill copywriting memang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Baik perusahaan yang bergerak di bidang kreatif maupun bidang lainnya. terutama yang menggunakan email marketing dan whatsapp gateway sebagai alat promosinya.

Hal ini tidak terlepas dari kehadiran seorang copywriter — sebutan orang yang melakukan copywriting, yang terbilang sangat esensial dalam keberlangsungan marketing sebuah perusahaan. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang berminat dengan copywriting. Anda juga penasaran dengan copywriting? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

Apa itu Copywriting?

Copywriting adalah suatu teknik penulisan dalam pemasaran yang bertujuan untuk membujuk seseorang yang membacanya melakukan suatu tindakan, seperti berlangganan newsletter, menghubungi sales, hingga membeli suatu produk maupun layanan jasa.

Penamaan teknik copywriting sendiri berasal dari kegunaannya yang ada dalam materi pemasaran, seperti advertorial, billboard, sales letter, dan media pemasaran lainnya. Namun, pada zaman yang serba digital seperti ini, copywriting telah menjadi hal yang sangat penting.

Sekarang ini, skill copywriting dapat diterapkan dalam segala bentuk tulisan pada video maupun podcast. Mulai dari media pemasaran teks, seperti artikel blog, teks landing page, email newsletter, post media sosial, headline dan meta description pada website hingga judul dan deskripsi video pada Youtube.

Apa Tujuan Copywriting?

Copywriting merupakan sebuah metode yang membujuk orang lain untuk melakukan tindakan yang menguntungkan bagi perusahaan. Jadi Anda dapat menyimpulkan bahwa tujuan dari adanya copywriting adalah untuk mendatangkan konversi, yaitu sebuah tindakan yang Anda inginkan untuk dilakukan oleh orang lain.

Lalu apa saja yang termasuk ke dalam konversi? Jika audiens hanya melihat-lihat produk Anda, maka belum dapat dikatakan sebagai konversi. Namun, jika audiens telah memasukkan produk Anda ke keranjang, maka hal tersebut telah bisa disebut sebagai konversi.

Selanjutnya, Anda sebagai copywriting dapat membujuk audiens tersebut untuk melakukan checkout dan akhirnya konversi tersebut berubah menjadi pendapatan, contohnya pada saat broadcast di whatsapp maupun layanan email marketing.

Jenis-Jenis Copywriting

Jenis Copywriting

Setelah kita mengetahui apa itu copywriting, Anda juga harus tau jenisnya juga. Copywriting sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis yang berbeda. Setiap jenis copywriting ini memiliki tujuan yang lebih detail dalam menargetkan audiens hingga dapat menghasilkan konversi yang Anda inginkan. Berikut ini jenis-jenis copywriting yang perlu Anda ketahui sebelum membuatnya.

Brand Copywriting

Brand copywriting bertujuan untuk mengenalkan identitas dan citra dari suatu brand. Sehingga, publik mengenali brand tersebut dan dapat memikirkan produk atau layanan dari brand itu saat sedang membutuhkannya hingga berakhir dengan membelinya.

Jenis copywriting ini juga berfungsi untuk membedakan satu brand dengan brand kompetitor ataupun brand lainnya. Contoh dari brand copywriting adalah slogan atau tagline dari suatu brand.

Selain itu, logo dan page about us yang ada pada website maupun media sosial brand juga dapat disebut sebagai brand copywriting yang berfungsi untuk membuat audiens mengenal dan mengingat brand tersebut.

Direct Response Copywriting

Sesuai dengan namanya, direct response copywriting berfungsi untuk mengarahkan audiens untuk langsung memberikan tanggapan setelah membaca tulisannya. Misalnya, konsumen langsung mengklik tombol CTA, mendaftar webinar, dan membagikan suatu konten.

Biasanya, jenis copywriting yang satu ini sering terdapat dalam situs homepage, landing page, maupun iklan dan postingan media sosial.

Marketing Copywriting

Jenis copywriting yang bernama marketing copywriting ini bertujuan untuk menawarkan suatu produk ataupun solusi kepada audiens, serta menyampaikan manfaat dari semua produk. Maka dari itu, jenis copywriting ini sering perusahaan gunakan dalam email marketing dan homepage perusahaan.

Adanya marketing copywriting ini bertujuan untuk memberikan keyakinan kepada audiens untuk membeli produk atau layanan dari suatu perusahaan. Sehingga, akan meningkat tingkat konversi.

SEO Copywriting

SEO copywriting adalah jenis copywriting yang berhubungan dengan mesin pencari, seperti google. Hal ini terlihat dari kepanjangan SEO, yaitu Search Engine Optimization.

Hal ini menggambarkan bahwa fokus dari SEO copywriting adalah dengan menarik perhatian audiens dengan memposisikan website perusahaan pada halaman nomor satu mesin pencari.

Untuk menjadi website pada halaman satu mesin pencari, tulisan copywriting perlu memenuhi semua kaidah persyaratan SEO serta memiliki keyword yang tepat agar saat audien mencarinya, maka konten SEO copywriting yang dibuat akan tampil.

Biasanya, SEO copywriting digunakan dalam deskripsi suatu produk atau layanan jasa seperti jasa toko online, kategori suatu produk, dan landing page.

Social Media Copywriting

Sekarang ini media sosial telah menjadi media pemasaran atau promosi yang paling cepat menjangkau generasi muda, seperti generasi z dan generasi millennial. Maka dari itu, penggunaan social media copywriting sangat penting. Apalagi jika Anda promosi menggunakan template levidio yang didalamnya ada banyak kategori dan tinggal edit menggunakan ppt.

Setiap media sosial memiliki target pasarnya sendiri sesuai dengan produk atau layanan yang ingin dipasarkan. Misalnya, produk berupa fashion dan skin care lebih cocok menggunakan visualisasi, seperti gambar dan video.

Sehingga, penggunaan media sosial seperti Instagram adalah pilihan yang tepat. Nah, setelah memilih media yang tepat, Anda perlu menambahkan caption yang sangat menarik yang relate dengan konten yang ada agar dapat meningkatkan engagement dengan audiens.

Untuk mengetahui sukses tidaknya sebuah caption atau social media copywriting yang ada dapat Anda lakukan dengan mengukur engagement dan penambahan pengikut atau follower yang terjadi secara organik.

Technical Copywriting

Technical copywriting merupakan jenis copywriting yang bertjuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman secara lebih mendalam dan detail mengenai cara kerja suatu produk maupun layanan.

Biasanya, Anda akan menemukan jenis technical copywriting ini dalam buku manual atau panduan, seperti pada produk skin care, kesehatan, dan teknologi.

Bagaimana Cara Membuat Copywriting?

Cara Membuat Copywriting

Setelah mengetahui apa itu copywriting dan setiap jenis-jenisnya, pasti Anda penasaran bukan apa tugas seorang copywriter? Dan bagaimana membuat copywriting yang menarik banyak audiens? Mudah sekali, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat copywriting yang menarik.

Pelajari Produk atau Layanan Anda dengan Baik

Kenali produk atau layanan yang perusahaan milikki. Dengan mengenali produk atau layanan secara baik akan memudahkan Anda untuk menawarkannya ke orang lain.

Cobalah dengan menjawab ketiga pertanyaan ini dan tuliskan secara dekripsi agar dapat menjadi bahan dasar untuk membuat copywriting.

  • Apa keunikan dari produk atau layanan?
  • Apakah manfaat yang akan pelanggan dapatkan dari produk atau layanan?
  • Apa saja fitur yang melebihi kompetitor pada produk atau layanan?

Pahami Kebutuhan Setiap Audiens

Dengan memahami kebutuhan setiap audiens, Anda jadi bisa memberikan solusi terbaik dan menawarkan produk atau layanan yang cocok dengan permasalahan atau kebutuhan yang audiens milikki.

Tentukan Headline yang Memikat Audiens

Adanya headline yang memikat audiens adalah cara yang tepat untuk menarik perhatian mereka. Karena, kebanyakan audiens hanya membaca headline-nya saja. Jadi, saat audiens menemukan headline yang menarik, maka mereka akan terus membacanya hingga selesai.

Buat Lead yang Mendukung dan Menarik

Setelah membuat headline yang memikat audiens, Anda perlu melanjutkannya dengan membuat lead yang mendukung dan menarik juga.

Mulailah dengan menuliskan fakta dari produk atau layanan, menunjukkan empati terhadap kebutuhan pelanggan ataupun membuat audiens penasaran. Dengan begitu, mereka akan tertarik untuk membeli produk atau layanan tersebut.

Tulis Copy yang Menarik dan Berkualitas

Copy adalah bagian yang penting dalam sebuah tulisan copywriting. Maka dari itu, bagian ini harus Anda buat dengan menarik dan berkualitas.

Untuk membuat bagian copy yang menarik dan berkualitas, Anda dapat menggunakan kata dan kalimat yang sederhana dan menuliskan manfaat penggunaan produk atau layanan kepada pelanggan.

Tambahkan Kalimat Persuasi

Jangan lupa untuk menambahkan kalimat persuasi pada tulisan copywriting Anda sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan untuk dilakukan oleh audiens, seperti membeli dan berlangganan produk atau layanan dari perusahaan.

Grup Belajar Copywriting di COPYPASTI

Copypasti

COPYPASTI merupakan ruang belajar copywriting. Anda akan mendapatkan 10 panduan yang setiap panduan terdapat puluhan materi yang bisa Anda pelajari.

Biaya join grup ini hanya Rp 95.000 saja, hubungi saya di facebook untuk mendaftar dengan cara klik tombol dibawah ini.

Bagaimana? Setelah mengetahui apa itu copywriting Anda lebih merasakan dampak luar biasanya dalam marketing bukan? Jika Anda tertarik dengan teknik menjual melalui kata-kata ini, maka Anda perlu belajar dengan giat ya!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!