Modal 500 Ribu Buat Usaha Apa? Ini 10 Rekomendasinya yang Menguntungkan

5/5 - (1 vote)

Memulai usaha tidak harus dengan modal jutaan. Hanya dengan lima ratus ribu rupiah saja, Anda bisa merintis usaha yang menjanjikan, bahkan bisa kerja online dibayar tiap hari. Bingung modal 500 ribu buat usaha apa? Simak 10 rekomendasi usaha dengan modal setengah juta berikut ini.

Modal 500 Ribu Bisa Buat Usaha Apa?

Semakin banyak modal usahanya memang baik. Tapi itu juga bisa menjadi bumerang, terutama jika Anda kurang berpengalaman dalam bidang bisnis. Lebih baik mulai dari modal yang tak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil. Misalnya, dengan menjalankan bisnis bermodal 500 ribu berikut ini.

Mendaftar Dropshipper/Reseller 

Ide usaha paling mudah untuk pemula yaitu dengan mendaftar dropshipper/ reseller sebuah bisnis yang telah mapan. Misalnya, mendaftar reseller produk pakaian, kosmetik, atau makanan ringan. Cara ini lebih mudah karena Anda tidak perlu memikirkan ide produk dan proses produksinya.

Reseller adalah orang yang menjual produk orang lain dengan harga lebih mahal sebagai keuntungan pribadi. Bedanya dengan dropshipper adalah, reseller harus stok produk terlebih dahulu, sementara dropshipper tidak perlu stok.

Jadi, jika dropshipper mendapatkan pelanggan yang akan membeli, maka si pemilik produk yang akan mengirimkan produknya pada pembeli tersebut. Cara bisnis seperti ini tentu sangat praktis. Karena Anda hanya perlu fokus mencari pelanggan sebanyak-banyaknya.

Usaha Jasa Undangan Digital

Cara Memulai Bisnis Undangan Digital Modal Ratusan Ribu

Membuka bisnis undangan digital termasuk ide usaha bermodal kecil yang menghasilkan keuntungan lebih cepat. Apalagi, saat ini tren undangan digital semakin populer dan banyak orang yang membutuhkannya untuk berbagai acara. Mulai dari pernikahan, acara gathering, reuni, dll.

Sebagai awalan, coba buat desain undangan digital terlebih dahulu melalui aplikasi di ponsel. Tingkatkan kualitas dan buat portofolio hasil pekerjaan Anda tersebut ke media sosial. Selanjutnya, promosikan usaha Anda secara offline dan online sampai mendapatkan banyak pelanggan.

Berjualan Frozen Food

Modal 500 ribu buat usaha apa? Anda bisa memanfaatkannya dengan berjualan aneka frozen food yang kini semakin populer. Mulai dari produk makanan untuk lauk sehari-hari, seperti bakso, sosis, nugget, hingga camilan beku, seperti pisang cokelat, dimsum, kebab, dll.

Cara membuka usaha frozen food juga cukup mudah. Jika modal Anda sebesar 500 ribu, beli kulkas mini yang harganya 300 ribuan untuk menyimpan frozen food. Sisanya beli aneka produk frozen food yang menjadi favorit banyak orang, lalu promosikan ke teman dan tetangga terdekat.

Berjualan Sembako

Usaha modal 500 ribuan yang tidak pernah sepi pelanggan adalah berjualan sembako. Karena setiap keluarga pasti membutuhkan sembako untuk kebutuhan makan sehari-hari. Mulai dari beras, telur, daging, sayur, minyak goreng, gula, garam, ikan, serta bawang merah dan bawang putih.

Coba stok salah satu produk tersebut, lalu jual ke tetangga dan saudara terdekat dengan harga yang terjangkau. Lalu ajak mereka menjadi pelanggan tetap usaha Anda. Sebagai layanan ekstra, tawarkan layanan pesan antar agar pelanggan tidak perlu repot membawa belanjaannya sendiri.

Jika pelanggan semakin banyak dan keuntungan Anda juga bertambah, stok produk sembako lebih variatif lagi. Sehingga pelanggan bisa berbelanja berbagai kebutuhan sembako secara lengkap ke toko Anda.

Berjualan Aneka Gorengan 

Berjualan aneka gorengan juga bisa menjawab pertanyaan modal 500 ribu buat usaha apa. Jenis makanan ringan yang satu ini masih menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Makanan ini pun terasa nikmat di segala suasana, baik ketika pagi, siang, sore, atau malam hari.

Anda bisa berjualan aneka gorengan favorit di lingkungan Anda. Misalnya, berjualan pisang goreng, bakwan, singkong goreng, tahu isi, dll. Usahakan untuk menjualnya secara variatif agar pelanggan punya banyak pilihan.

Anda juga bisa berinovasi dari segi tambahan topping tertentu, pilihan saus yang beragam, hingga layanan pesan antar. Supaya keuntungannya lebih besar, coba terima pesanan gorengan untuk berbagai acara. Misalnya untuk hajatan, arisan, pengajian, dll.

Membuka Jasa Laundry

Jasa Laundry

Semakin banyaknya orang yang bekerja di luar rumah memunculkan peluang usaha jasa laundry yang bisa Anda coba. Karena banyak orang yang kini tidak sempat mencuci dan menyetrika pakaiannya sendiri di rumah.

Anda tak harus membeli mesin cuci yang mahal terlebih dahulu untuk memulainya. Tawarkan jasa laundry manual dengan mencuci pakai tangan. Lalu keringkan di bawah sinar matahari dan akhiri dengan menyetrikanya agar rapi.

Selain menyasar tetangga, coba tawarkan jasa Anda ke hotel atau rumah penginapan terdekat yang membutuhkan jasa laundry. Nantinya, Anda bisa membeli mesin cuci dari keuntungan yang terkumpul. Sehingga pekerjaan Anda ke depannya menjadi lebih praktis.

Membuka Warung Kopi

Contoh usaha kecil-kecilan di rumah dengan modal 500 ribuan selanjutnya yaitu warung kopi. Tak perlu menyewa ruko dengan biaya sewa yang mahal. Manfaatkan rumah Anda atau coba buka warung kopi lesehan pinggir jalan setiap malam.

Sehingga modal usaha 500 ribu tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membeli bubuk kopi, gula, dan aneka minuman instan. Jika Anda berencana membuka warung kopi, perluas pergaulan dan ajak teman-teman Anda ngopi ke warung Anda.

Usaha PPOB

Modal 500 Ribu Buat Usaha Apa? Ide usaha modal kecil berikutnya adalah berjualan PPOB (Payment Point Online Banking). Saat ini banyak aplikasi PPOB yang menawarkan harga termurah dengan banyak bonus setiap kali Anda melakukan transaksi.

Jenis layanan ini meliputi pembelian pulsa, paket data, token listrik, hingga pembayaran air, BPJS, dan pajak kendaraan bermotor. Bahkan, Anda juga bisa melayani isi ulang dompet digital populer seperti Ovo, Gopay, Dana, Shopeepay, atau LinkAja.

Pastikan Anda melayani pembelian PPOB terlengkap dan harga terjangkau. Sehingga pelanggan tertarik melakukan repeat order dan merekomendasikan usaha Anda ke teman-teman yang lain.

Berjualan Makanan Khas Daerah

Martabak Mini

Bagi Anda yang tinggal di pedesaan dan bertanya-tanya, modal 500 ribu buat usaha apa, coba buka usaha makanan khas setempat. Ide usaha ini berpeluang menghasilkan keuntungan yang menjanjikan, terutama jika tempat tinggal Anda merupakan daerah wisata.

Pastikan Anda memproduksi makanan dengan resep khas daerah, namun tambahkan inovasi baru agar lebih fresh dan unik. Jangan lupa juga kemas produk Anda dengan packaging kekinian yang menarik perhatian konsumen.

Setelah itu, tawarkan produk makanan khas tersebut ke toko oleh-oleh setempat dan promosikan juga secara offline dan online. Untuk mengembangkan usaha lebih besar lagi, Anda bisa membuka program reseller. Sehingga jumlah penjualan bisnis Anda pun semakin meningkat.

Berjualan Makanan Ringan Anak-Anak

Terakhir, jawaban untuk pertanyaan modal 500 ribu buat usaha apa selanjutnya adalah dengan membuka usaha makanan ringan. Dengan modal tersebut, Anda bisa membuka usaha frozen food siap saji dan berbagai snack atau minuman instan di depan rumah. Ide usaha makanan ringan serba 1000-2000an ini juga sudah dipastikan cepat laku.

Biasanya anak-anak kecil suka membelinya sepulang sekolah atau mengaji. Jika rumah Anda berdekatan dengan sekolah atau tempat mengaji pasti bisa menggaet banyak pelanggan.

Modal 500 ribu buat usaha apa? Tentu banyak sekali. Anda bisa memulai usaha online dengan menjadi dropshipper atau reseller produk tertntu. Atau bangun usaha rumahan yang menguntungkan, seperti produksi makanan khas daerah, dll.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!