14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000 yang Cepat Laku

5/5 - (1 vote)

Ide usaha makanan ringan serba 1000 bisa menjadi bisnis terbaik di era pandemi seperti sekarang ini. Selain modalnya kecil, keuntungan yang didapat dari usaha ini terbilang cukup besar. Pemasarannya juga sangat mudah karena semua kalangannya menyukainya, dengan ini Anda bisa jualan makanan online yang bisa laku setiap hari.

Daftar Usaha Makanan Ringan Harga Murah

Ingin membuka usaha tapi tidak memiliki modal yang banyak? Jangan khawatir! Hanya dengan uang Rp50 ribuan saja Anda sudah bisa membuka usaha makanan ringan dengan modal kecil dengan omset ratusan ribu per hari. Anda sudah tidak perlu riset produk lagi karena sudah saya rangkum. Penasaran apa saja? Berikut rekomendasinya untuk Anda.

Rempeyek

Rempeyek

Rempeyek merupakan salah satu camilan yang disukai semua kalangan, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa. Awalnya, makanan ini hanya bisa ditemukan di desa. Namun, kini Anda bisa menjajal peluang usaha rempeyek di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan lainnya.

Rempeyek sendiri sebenarnya mirip seperti kerupuk. Hanya saja, cita rasanya gurih. Keripik ini sangat cocok dijadikan sebagai makanan pendamping atau camilan tersendiri. Anda bisa membuat rempeyek dengan bahan sederhana, yaitu tepung beras, tepung terigu, kacang tanah, dan bumbu penyedap.

Di pasaran, rempeyek biasa dijual seharga Rp1.000 sampai Rp2.000. Kaya akan protein, tak heran jika rempeyek bisa menjaga kesehatan pencernaan Anda. Jadi, selain murah, rempeyek juga bisa dijadikan ide usaha 1000-an yang sehat.

Telur Gulung

Telur Gulung

Contoh usaha makanan ringan unik selanjutnya yaitu telur gulung. Siapa yang tidak pernah menyantap telur gulung 1000-an. Contoh usaha makanan ringan serba 1000 ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai lokasi, khususnya depan sekolahan atau perkantoran. Bagaimana tidak ramai, telur gulung yang harganya sering disepelekan ternyata kaya akan nutrisi.

Jajanan ini mengandung selenium dan vitamin B12, sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan meminimalisir resiko penyakit berbahaya. Selain itu, ada juga kandungan kalsium untuk mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi.

Karena sudah banyak pesaingnya, Anda perlu membuat telur gulung yang lebih inovatif. Anda bisa menambahkan saus khusus atau bumbu tertentu agar rasanya lebih kaya. Bahkan, jika memungkinkan, Anda bisa membuat kemasan yang unik.

Kerupuk Mie

Kerupuk Mie

Mie instan memang sudah lama menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Memanfaatkan fakta tersebut, Anda bisa berkreasi dengan membuat aneka olahan mie. Salah satunya adalah kerupuk mie.

Jajanan dengan harga murah ini memiliki cita rasa yang unik karena menggabungkan asin micin indomie dengan gurihnya tepung terigu setelah digoreng. Untuk membuka usaha ini, Anda bisa mencari lokasi yang strategis, seperti dekat sekolahan atau kampus.

Cimol

Cimol

Siapa yang tak kenal cimol? Jajanan lezat ini biasa ditemukan di daerah yang ramai. Meskipun sudah banyak usaha makanan ringan rumahan yang menjual cimol, Anda bisa berinovasi dengan membuat cimol yang berbeda dari yang lain.

Cimol merupakan makanan khas Bandung yang tepung kanji. Bentuk bulat dan tekstur kenyalnya akan membuat siapa saja ketagihan jika sudah menyantap makanan ini.

Untuk memulai usaha makanan ringan serba 1000 ini, Anda hanya perlu menyiapkan modal sekitar Rp50.000 untuk 50 porsi. Laba bersih yang bisa Anda dapatkan dari satu porsi berisi 4 biji adalah Rp570 jika harga aslinya Rp1.000.

Keripik Pisang

Keripik Pisang

Ide usaha selanjutnya adalah keripik pisang. Sesuai namanya, jajanan ini terbuat dari pisang yang diiris tipis, kemudian digoreng menggunakan tepung yang sudah dibumbui. Pada versi originalnya, camilan ini memiliki rasa yang asin.

Namun, Anda bisa berinovasi dengan menambahkan aneka rasa lainnya. Anda bisa memberikan rasa manis, pedas, hingga asam dengan bubuk coklat, stroberi, jeruk nipis, dan lain sebagainya.

Semakin variatif rasa yang bisa Anda buat, maka semakin laris pula jualan Anda. Selain rasa dasar, Anda bisa lebih berani dengan menyajikan rasa Ovaltine, Oreo, dan Matcha. Anda juga bisa menjualnya di marketplace seperti shopee untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Martabak Mini

Martabak Mini

Ingin memulai usaha kecil-kecilan di usia muda? Anda bisa mencoba peruntungan dengan menjual martabak mini. Ada dua varian martabak mini yang bisa Anda jual, yakni martabak manis dan martabak telur.

Martabak manis merupakan jenis martabak berbahan dasar terigu yang sudah diolesi mentega, kemudian dibaluri keju, susu, coklat, dan lainnya. Sementara itu, martabak telur berisi daging cincang dan telur, sehingga rasanya lebih gurih.

Sesuai namanya, ukuran martabak mini cenderung sangat kecil bila dibandingkan dengan martabak pada umumnya. Makannya, tak heran jika rasanya sangat murah. Biasanya, martabak mini dibanderol mulai harga Rp1.000 sampai Rp5.000. Semakin banyak topping di dalam atau diatasnya, maka akan semakin mahal pula harganya.

Stik Bawang

Stik Bawang

Ketika mencari ide bisnis makanan ringan serba 1000, tak lengkap rasanya jika tidak memasukan stik bawang dalam daftar. Camilan krispi satu ini bisa menarik perhatian pelanggan meskipun hanya terbuat dari bahan sederhana yang mudah meriah.

Sesuai namanya, bahan utama dari jajanan ini adalah bawang dan tepung terigu. Cara membuatnya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Anda bisa memproduksi ratusan stik bawang hanya dengan modal Rp20 ribu.

Bila pemasarannya tepat, keuntungannya juga cukup menjanjikan. Dalam satu hari, Anda bisa meraup laba bersih sekitar Rp100.000 sampai Rp200.000. Semakin strategis lokasi penjualan Anda, akan semakin banyak pula orang yang membeli jajanan murah meriah ini.

Cireng

Cireng

Masyarakat Indonesia memang sangat terkenal gemar mengonsumsi gorengan yang berminyak. Salah satu jenis gorengan yang populer di masyarakat adalah cireng. Jajanan khas Bandung ini bisa dibuat dengan mudah menggunakan bahan sederhana yang murah.

Meskipun merupakan kuliner khas kota Bandung, jajanan ini sudah menarik perhatian masyarakat seluruh Indonesia. Ciri khusus dari makanan ini adalah teksturnya yang kenyal dan rasanya yang asin gurih.

Anda bisa menyiapkan bahan dasar berupa aci untuk membuatnya. Lalu, tambahkan beberapa bumbu dan masukan ke tepung terigu. Goreng cireng sekitar 1 sampai 2 menit agar tingkat kematangannya pas.

Karena sudah banyak penjual gorengan yang menyediakan cireng, Anda harus kreatif dan lebih inovatif. Sebagai saran, Anda bisa menambahkan varian lain, seperti cireng rasa durian, cireng balado, cireng jagung bakar, dan lain sebagainya.

Donat

Donat

Usaha makanan ringan serba 1000 selanjutnya adalah donat. Makanan yang satu ini sebenarnya tidak berasal dari Indonesia. Namun, namanya mulai populer sejak ada JCo dan Dunkin Donuts.

Tak disangka, ternyata makanan yang terbilang cukup elit ini bisa dijual dengan harga miring. Anda bisa membuat donat 1000-an dengan memanfaatkan bahan dasar tepung terigu. Perhatikan kualitas tepung terigu agar kelezatannya tetap terjamin.

Seiring berjalannya waktu, donat juga tidak lagi berbentuk bulat. Kini, Anda bisa membuat aneka bentuk donat mini yang unik, mulai dari huruf, angka, hingga karakter kartun. Selain itu, rasanya juga lebih variatif, seperti semangka, matcha, pisang, kacang, dan lain sebagainya. Jangan lupa promosikan juga melalui media sosial dengan desain menarik, Anda bisa menggunakan levidio untuk membuat feed medsos yang keren.

Satu buah donat bisa Anda jual seharga Rp2.000 sampai Rp5.000, tergantung jenis topping yang digunakan. Kemudian, Anda akan mendapat keuntungan sekitar Rp500 – Rp700. Anda juga bisa berbisnis usaha makanan ringan serba 5000 dari donat ini.

Otak-otak

Otak Otak

Selanjutnya, Anda bisa mencoba usaha makanan kecil, seperti otak-otak. Makanan ini umumnya terbuat dari daging ikan tenggiri cincang yang dipanggang dalam kurun waktu tertentu. Menggunakan bahan pembungkus daun pisang, tak heran jika otak-otak tidak berbau amis dan menawarkan rasa yang gurih.

Biasanya, otak-otak disajikan dengan saus khusus atau kuah yang rasanya asam. Bila menyukai pedas, Anda bisa menambahkan sambal atau menyantapnya bersama cabai.

Tak disangka, otak-otak yang cara pembuatannya mudah ternyata bisa dijadikan sebagai ide jualan seribuan yang menguntungkan. Jangan salah, keuntungan yang didapat dari penjualan otak-otak bisa mencapai jutaan rupiah, loh.

Cakwe

Cakwe

Usaha makanan ringan selanjutnya adalah cakwe. Makanan ringan ini kerap ditemukan sebagai pelengkap bubur atau lauk lainnya. Cakwe sendiri memiliki bentuk yang panjang dan berwarna coklat.

Rasanya yang gurih dijamin akan membuat Anda ketagihan. Biasanya, cakwe disajikan bersama saus khusus agar cita rasanya bertambah. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cakwe juga tidak banyak.

Anda hanya perlu tepung terigu, baking soda, gula pasir, garam, dan ragi untuk membuatnya. Usahakan untuk membuat cakwe yang mengembang agar orang-orang tertarik untuk membelinya.

Sosis

Sosis

Siapa yang tidak kenal sosis? Makanan dengan bentuk umum panjang ini sangat disukai semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia sekalipun. Sosis mampu memberikan cita rasa yang beragam, tergantung topping yang Anda taburkan.

Bila ingin menciptakan rasa asin, Anda bisa membubuhinya dengan garam. Sementara, rasa pedas bisa didapat bila Anda menambahkan bubuk cabai. Begitu pula dengan rasa-rasa lainnya.

Tak disangka, ternyata berjualan sosis seribuan masih laku di zaman sekarang ini. Meskipun begitu, Anda perlu mengeluarkan ide-ide kreatif dan berimajinasi agar usaha makanan ringan kekinian ini Anda bisa menarik perhatian masyarakat.

Sebagai contoh, Anda bisa mengukir sosis menjadi berbagai bentuk, mulai dari angka, bunga, hewan, hingga yang sulit seperti bangunan. Selain itu, perhatikan tingkat kematangan dan topping yang digunakan agar cita rasanya sesuai di lidah orang Indonesia.

Tahu Bulat

Tahu Bulat

Penjual tahu bulat pasti sudah sering bolak-balik rumah Anda. Mengapa Anda tidak mengikuti jejaknya dan memproduksi tahu bulat sendiri? Selain lebih sehat, Anda juga bisa menciptakan lapangan usaha.

Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan tahu bulat sangat mudah didapatkan dan harganya murah. Selain itu, proses pembuatannya juga sangat cepat.

Penting bagi Anda untuk mengatur tingkat kematangan tahu bulat. Selain itu, pilih resep terbaik agar hasil tahu bulat gurih dan renyah saat dikunyah. Meskipun harga jualnya hanya Rp500 – Rp1.000, keuntungan yang didapat dari berjualan tahu bulat per hari bisa mencapai Rp50.000 sampai Rp200.000, tergantung skala produksinya.

Leker

Leker

Ide yang terakhir adalah berjualan kue leker. Camilan khas Surabaya ini sekarang sudah bisa ditemukan dengan mudah dimana-mana, apalagi Jakarta. Harganya biasanya hanya sekitar Rp1.000 untuk 1 pcs nya.

Untuk membuat usaha leker, Anda hanya perlu membeli gerobak sederhana. Kemudian, beli bahan-bahannya seperti gula, susu, tepung terigu, telur, dan air. Agar tidak kalah saing dengan pedagang leker lainnya, Anda perlu menciptakan varian rasa baru, seperti matcha, keju, coklat, oreo, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Selain itu, masih banyak lagi ide peluang usaha makanan ringan yang bisa Anda coba. Sebaiknya, mulai dari usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa membangun usaha menjadi lebih besar dan meraup keuntungan perlahan-lahan.

Selama Anda tekun, fokus, dan serius dalam menjalaninya, dijamin usaha Anda akan meningkat dengan pesat. Jangan pantang menyerah bila menemui kegagalan. Ingat, usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!