4 Cara Riset Produk Terlaris di Marketplace Lengkap

5/5 - (1 vote)

Menurut Bank Indonesia, transaksi marketplace mengalami peningkatan menjadi Rp377 triliun selama pandemi Covid-19. Artinya, pencapaian ini meningkat 48,4% dibandingkan tahun lalu. Tentu saja cara riset produk pada marketplace juga mengalami peningkatan.

Mobilitas yang dibatasi selama pandemi membuat banyak orang memilih belanja berbagai keperluan di marketplace. Selain tidak harus keluar rumah, hal ini juga praktis untuk dilakukan.

Cara Riset Produk di Marketplace

Marketplace menjadi salah satu jembatan bisnis yang membuat ekonomi di Indonesia menjadi lebih berkembang dan maju. Adanya marketplace bukan saja menguntungkan bagi pelaku UMKM, melainkan juga para pelanggan.

Segala kebutuhan dapat Anda temukan di marketplace, seperti makanan, pakaian, aksesoris kendaraan, dan masih banyak lagi. Transaksi yang dilakukan juga mudah. Maka, wajar saja jika marketplace di Indonesia semakin diminati oleh banyak orang.

Berikut cara riset produk paling laku di marketplace apabila ingin merintis usaha atau sekadar mencari barang yang dibutuhkan:

Memanfaatkan Google Trends

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan fitur yang terdapat pada Google, yakni Google Trends. Banyak pelaku bisnis memanfaatkan fitur ini untuk mencari tahu produk yang sedang diminati banyak orang.

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui minat pasar saat ini. Cukup masukkan keyword di Google Trends, grafik dari produk atau keyword tersebut akan terbaca. Apabila grafik naik, produk tersebut diminati banyak orang. Begitu pula sebaliknya.

Grafik Google Trends

Masukkan keyword sesuai dengan produk yang dicari. Tampilan grafis secara otomatis akan membaca produk tersebut. Melalui Google Trends, Anda dapat memperkirakan produk yang lagi trend dalam rentang waktu tertentu, seperti 9 bulan, 12 bulan, 5 tahun, dan seterusnya.

Subwilayah Google Trends

Selain itu dibawahnya juga ada grafik map yang menunjukkan minat menurut subwilayah yang artinya daerah yang paling sering mencari di google dengan keyword yang Anda masukkan sebelumnya.

Riset di Google

Selain melalui Google Trends, Anda juga dapat memanfaatkan halaman Google untuk mengetahui produk yang paling banyak diminati orang. Ketikkan keyword produk yang ingin dicari, kemudian Google akan segera membacanya dan menampilkan produk sesuai keyword.

Riset produk di google

Keyword yang Anda cari akan menampilkan website yang sudah pasti dapat dipercaya, misalnya pada screenshot diatas terdapat website dari alodokter dan hellosehat yang merupakan salah satu website kesehatan terbesar di Indonesia. Anda bisa melihat rekomendasi produk yang diberikan pada website tersebut.

Selain memunculkan produk di halaman pertama Google, Anda juga dapat membaca produk masing-masing marketplace. Biasanya, beberapa marketplace akan memunculkan produk terkait dari keyword tersebut.

Cara ini sangat mempermudahkan Anda apabila ingin mencari produk yang diminati banyak orang tanpa harus melakukan riset data yang rumit.

Riset Langsung Ke Marketplace

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan meriset langsung di marketplace. Terdapat dua pilihan yang bisa Anda lakukan. Pertama, dengan mengetikkan produk yang dicari pada kolom pencarian di marketplace.

Riset produk di marketplace berdasarkan ulasan

Kedua, perhatikan ulasan dari customer apabila ingin mengetahui kepuasan serta produk yang diharapkan. Ulasan dari customer sangat penting apabila Anda sedang riset produk untuk dijual. Dengan demikian, Anda akan mengetahui keinginan customer tersebut.

Sebaliknya jika ingin melihat produk yang terlaris terjual urutkan dan pilih filter Terlaris.

Riset produk di marketplace terlaris

Gunakan Tool Berbayar

Apabila Anda rela mengeluarkan sedikit biaya, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan tool berbayar. Terdapat banyak tool riset berbayar yang bisa Anda gunakan. Cukup membayar sekian rupiah, Anda sudah bisa berlangganan tool tersebut.

Selain mendapatkan data riset secara detail, Anda juga mendapatkan berbagai informasi, misalnya jumlah data penjualan dalam kurun waktu tertentu. Jadi, tool ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang sedang ingin merintis bisnis jual-beli produk.

Anda dapat meriset produk di marketplace dengan mudah menggunakan cara ini. Bukan hanya mencari data statistik produk saja, melalui marketplace, Anda juga bisa mencari supplier terpercaya dengan harga produk yang pas dan bisa menguntungkan.

Tips Memilih Supplier Terpercaya dan Amanah

Bagi seorang yang awam dalam berbisnis, mengambil produk dari supplier dipandang paling mudah dilakukan. Bukan hanya dapat dijual lagi, banyak juga supplier yang mengizinkan Anda untuk memberi label dengan brand sendiri. Sehingga, produk yang ditawarkan akan terlihat murni produk sendiri.

Dalam memilih supplier, sebaiknya lakukan riset produk yang terpercaya, amanah, dan harga grosir dibawah produk lainnya. Contoh salah satu supplier yang amanah yaitu dari PBKTL Club, selain amanah Anda juga diajarkan cara promosi setiap produknya.

Meskipun demikian, kualitas produk juga perlu Anda pertimbangkan. Sebab, bukan hanya supplier yang dipandang baik atau buruk, melainkan brand Anda juga bisa terkena imbasnya.

Berikut tips mencari supplier yang terpercaya dan amanah:

Perhatikan Kontak dan Alamat Yang Jelas

Banyak orang menawarkan produk dengan harga yang beragam guna dapat bersaing dengan yang lain. Sebaiknya, perhatikan kembali Bio dari toko online tersebut, khususnya pada bagian alamat dan kontak.

Jika Anda ragu toko online tersebut penipu atau bukan, Anda bisa mencermati dari kolom komentar. Misalnya, toko online di instagram, umumnya toko online tersebut membatasi komentar dan menawarkan harga yang tidak wajar dibandingkan pesaing lainnya.

Akan lebih meyakinkan apabila toko online tersebut memiliki website. Anda dapat mengeceknya dengan mudah dan pilih produk yang ingin dijual kembali.

Ulasan dan Feedback

Apabila Anda sudah mendapatkan toko online yang diinginkan, perhatikan kembali ulasan customer dan feedback dari penjual. Disarankan untuk melihat ulasan pada bagian ulasan yang tidak memuaskan terlebih dahulu.

Melihat kekurangan untuk cara riset produk dan mencari supplier dinilai efektif.

Sebab, anda akan mengetahui kelemahan supplier tersebut dan dapat mempetimbangkan kembali. Pilih beberapa supplier, sehingga Anda dapat mempertimbangkan supplier satu dengan yang lainnya.

Stok Barang

Pilih supplier yang memiliki stok barang yang banyak, khususnya pada marketplace. Pastikan supplier mencantumkan barang hingga ribuan. Selain itu, Anda harus menanyakan stok terlebih dahulu, seperti ukuran, motif dan lain sebagainya.

Misalkan produk yang ingin Anda jual adalah kaos katun combed. Perhatikan kembali ketebalan kaos tersebut dengan melihat deskripsi produk. Umumnya, katun combed terdapat angka 20s, 24s, dan 30s.

Sebaiknya  baca secara teliti dan rinci produk yang ingin Anda beli sebelum dijual kembali. Sebab, kepuasan pelanggan akan membawa kepercayaan serta mendatangkan pelanggan lain.

Perhatikan Kondisi Produk dari Testimoni

Seperti yang sempat disinggung di atas, pilih supplier dengan produk yang baik. Bagaimana cara mengetahuinya? Anda bisa mengetahuinya dengan melihat ulasan tidak puas dari customer.

Sebaiknya, pilih supplier yang tidak hanya memenuhi kuota pesanan melainkan juga memperhatikan kualitas produk. Terdapat sebagian supplier mengirim barang yang tidak sesuai keinginan pelanggan. Apabila terdapat ulasan buruk, sebaiknya tunda untuk memilih supplier tersebut.

Akan tetapi, apabila Anda ingin merasakan kualitas produk langsung, silahkan memesan beberapa produk dari toko online tersebut sebagai uji coba. Selanjutnya, Anda bisa memutuskan untuk memilih supplier tersebut atau tidak.

Perhatikan Peraturan Supplier

Setiap supplier memiliki aturan yang berbeda-beda. Misalkan saja aturan dalam return atau refund. Kenali peraturan tersebut pada supplier apabila ingin produk yang Anda jual terjamin. Tanyakan kepada supplier tentang mengajukan return atau refund.

Sebab, beberapa supplier kadang mengirim barang yang cacat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya SDM dalam pengecekan barang ketika permintaan membludak. Sebagai pembeli, sebaiknya perhatikan hal ini agar produk tetap aman dan terjamin.

Apabila Anda sudah nyaman dengan peraturan dari supplier tersebut, Anda dapat melanjutkan kerjasama menjadi pelanggan tetap.

Waktu Mengakses Marketplace

Keaktifan supplier dalam mengakses marketplace juga perlu dipertimbangkan. Supplier yang aktif di marketplace sudah dipastikan cepat dalam menanggapi pelanggan. Anda juga dapat bertanya-tanya lebih banyak apabila supplier tersebut aktif.

Supplier yang terpercaya adalah mereka yang selalu aktif mengecek toko miliknya di marketplace. Bagi seorang supplier, kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat penting. Sebab, respon positif dari pelanggan dapat meningkatkan penjualan.

Namun jika ini salah satu masalah Anda yang lagi kelola banyak akun marketplace, Anda bisa menggunakan aplikasi Suporta yang bisa kelola chat, management order dan kelola banyak akun di banyak mp sekaligus.

Pastikan Service Baik

Selain beberapa hal di atas, perhatikan service yang diberikan oleh supplier tersebut. Pelayanan yang tidak kalah penting adalah pengiriman barang. Pelanggan akan sangat senang ketika menerima barang tepat waktu dalam kondisi yang baik.

Di luar dari masalah pada ekspedisi, pengemasan, dan pengiriman ke ekspedisi adalah hal yang sangat diperhatikan pelanggan. Setelah pelanggan transfer, Anda bisa langsung memproses barang tersebut, maka barang akan sampai di pelanggan lebih cepat.

Selain dari proses pengiriman, terdapat beberapa supplier yang memberikan diskon pada pelanggan dalam jumlah pembelian tertentu. Bukan diskon saja, terkadang supplier juga memberikan sebuah merchandise kepada pelanggannya.

Berbagai service supplier ini bisa menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Service yang memuaskan dari pelanggan, justru akan menjeratnya dan ingin berlangganan di toko Anda.

Mengenal Jenis penipuan Jual Beli Online

Transaksi jual beli online semakin meningkat dan diminati oleh banyak orang. Seiring dengan meningkatnya minat pasar online, banyak orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan transaksi ini untuk melakukan penipuan.

Berikut cara mengenal penipuan jual beli online:

Deskripsi Produk yang Tidak Tepat

Dalam cara riset produk di marketplace, Anda juga perlu waspada dengan adanya penipuan. Meskipun di marketplace tergolong terkontrol, tidak sedikit orang juga mengalami penipuan. Bagaimana bisa penipuan dilakukan di marketplace?

Orang yang melakukan penipuan cenderung menggunakan gambar produk dari internet, baik Google, sosial media, atau marketplace lainnya. Cara mendeteksinya adalah dengan melihat deskripsi produk dengan barang yang ditawarkan. Oleh karena itu, dalam transaksi online sebaiknya jeli mengenal produk yang akan dibeli.

Sikap Agresif Penjual

Modus penipuan lain di marketplace yang bisa dikenali adalah sikap agresif dari penipu tersebut. Biasanya, penipu berkedok agar pembeli segera melakukan transfer bank setelah melakukan berbagai negosiasi.

Sikap agresif penjual semacam ini bisa Anda waspadai karena kemungkinan orang tersebut adalah penipu. Sayangnya, ketika Anda sudah melakukan transaksi dan barang sudah diterima, barang sudah dikonfirmasi ‘sudah diterima’.

Apabila Anda lebih teliti ketika barang yang datang adalah barang rusak, sebenarnya masih dilaporkan dan uang Anda bisa dikembalikan. Sedangkan, ketika barang sudah dikonfirmasi diterima, barang tersebut sudah menjadi hak dan tanggung jawab Anda.

Terlebih, jika Anda tidak memiliki bukti video untuk melaporkan penipuan tersebut. Alangkah baiknya untuk memvideokan barang paket yang baru saja diterima dan tidak terburu-buru konfirmasi barang diterima. Hal ini bertujuan untuk mencegah penipuan.

Harga Produk Tidak Wajar

Produk Bajakan

Pentingnya cara riset produk bukan hanya untuk melihat jenis produk terlaris saja, melainkan Anda dapat melihat persaingan harga di kelasnya. Apabila terdapat gambar produk menarik dengan harga miring yang menggiurkan, justru patut untuk dicurigai.

Jika Anda sudah mengenal harga pasaran produk tersebut, Anda bisa terhindar dari penipuan. Meskipun demikian, Anda tetap harus waspada dengan kemungkinan yang terjadi. Produk yang dijual dengan harga miring bisa dua kemungkinan, yakni barang KW, bajakan atau penipuan.

Jangan sampai Anda terjebak dan barang yang datang tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Sebaiknya, baca deskripsi secara lengkap dan menelaah produk yang akan dibeli dengan rinci.

Untuk memulai bisnis atau hanya sekedar menjadi konsumen, riset produk dibutuhkan untuk mengetahui nilai pasar dari produk tersebut. Jika digunakan untuk berbisnis, riset tersebut bisa sangat menguntungkan. Sedangkan, untuk pribadi, Anda bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diharapkan.

Semoga artikel cara riset produk terlaris di marketplace dari dosen online ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!