12 Ide Jualan Makanan Online yang Laku Setiap Hari

5/5 - (1 vote)

Di era pandemi seperti sekarang ini, mencari ide bisnis memang cukup sulit untuk dilakukan. Namun, Anda bisa mencoba ide jualan makanan online yang laku setiap hari ini. Meskipun terlihat sederhana, siapa sangka jualan makanan bisa menghasilkan keuntungan yang sangat melimpah.

Sebelum membuat bisnis makanan, tentu saja Anda harus riset produk dan memperhatikan selera pasar terlebih dahulu. Selain itu, pastikan makanan yang Anda jual memiliki cita rasa yang khas dan tidak pudar dilekang zaman.

Ide Jualan Makanan Online yang Laku Setiap Hari

Tak ada salahnya untuk mencoba peruntungan bisnis di bidang F&B. Supaya untung banyak, Anda harus memikirkan jenis makanan apa yang bisa laku setiap hari walaupun dipasarkan secara online. Bila tidak memiliki gambaran sama sekali, berikut referensi ide bisnis makanan online yang terlaris.

Martabak Manis

Martabak Manis

Apakah Anda pernah mendengar jika berkunjung ke rumah calon mertua harus membawa martabak? Kalimat ini sebenarnya hanya kiasan saja yang menggambarkan betapa cintanya masyarakat Indonesia akan martabak.

Makanan manis memang bisa menjadi camilan favorit di kala waktu senggang. Camilan ini seakan tidak pernah kehilangan pasar karena selalu berinovasi dengan rasa-rasa baru yang pas di lidah orang Indonesia.

Anda bisa membuat aneka rasa, mulai dari original, coklat keju, nutella, matcha, cookies and cream, tiramisu, hingga red velvet. Semakin kreatif dan inovatif rasa martabak Anda, maka akan semakin ramai pula pembelinya.

Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan cita rasanya. Lakukan promosi mulai dari lingkungan sekitar Anda, kemudian baru pasarkan di sosial media. Jika viral, martabak manis Anda bisa menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan, loh.

Bakso

Bakso

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti gemar mengonsumsi bakso. Makanan berbentuk bulat ini bisa ditemukan dengan mudah dimana-mana. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau.

Karena sudah banyak pesaing, Anda harus berinovasi dan membuat bakso dengan cita rasa lezat. Selain itu, Anda bisa membuat resep kaldu yang enak untuk memenangkan hati pelanggan.

Pemasaran bakso juga bisa dilakukan dengan dua cara, yakni secara online dan offline. Jangan khawatir, kini sudah banyak aplikasi pesan antar, seperti GoFood, GrabFood, maupun ShopeeFood yang siap mengantar pesanan pelanggan dengan cepat.

Dalam memasarkan bakso secara online, Anda harus memperhatikan kemasannya. Usahakan untuk memilih kemasan yang tahan panas agar kuah bakso bisa bertahan cukup lama. Keamanan kemasan juga perlu diperhatikan supaya kuahnya tidak tumpah.

Bila Anda takut berjualan bakso jadi secara online, Anda bisa menjual bakso yang masih beku alias frozen food. Dengan begitu, bakso akan lebih tahan lama dan bisa dikirim melalui jasa ekspedisi. Jangan khawatir, modal yang diperlukan untuk membuat bisnis ini relatif kecil, kok.

Gorengan

Gorengan

Ide jualan makanan online yang laku setiap hari selanjutnya adalah gorengan. Camilan ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Biasanya, gorengan dimakan bersama lauk lainnya dan nasi agar selera makan bertambah banyak.

Beberapa jenis gorengan yang bisa Anda jual adalah tempe mendoan, tahu goreng, cireng, hingga risol. Selain enak dan cocok di pasar Indonesia, modal usaha gorengan juga sangat sedikit. Hanya sekitar Rp100 ribuan saja, Anda sudah bisa membuat aneka jenis gorengan.

Pemasaran gorengan bisa dilakukan dengan dua cara, yakni offline dan online. Untuk cara yang pertama, Anda perlu membeli gerobak dan menyewa tempat yang strategis.

Sementara, cara yang kedua terbilang lebih praktis karena hanya mengandalkan gadget dan paket internet. Namun, Anda disarankan untuk menggabungkan kedua cara pemasaran agar keuntungannya lebih maksimal.

Ayam Geprek

Ayam Geprek

Hidangan berikutnya sebenarnya belum terlalu lama hadir di Indonesia. Menu ini ternyata bisa dijadikan sebagai ide jualan makanan online yang laku setiap hari paling menguntungkan.

Sudah banyak restoran atau rumah makan yang menjadikan olahan ayam yang sangat nikmat ini sebagai menu utamanya. Makannya, Anda harus membuat resep ayam geprek yang berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri.

Ayam geprek sendiri sangat identik dengan rasa pedas yang terdiri dari beberapa tingkatan level. Selain itu, coba berkreasi dengan nama menu itu sendiri. Misalnya, Anda menamai salah satu menunya Ayam Geprek Pedes Gila.

Keunikan nama biasanya membawa kesan tersendiri bagi para pelanggan. Agar lebih puas, Anda juga bisa memadukan ayam geprek dengan mozarella, saus tiram, sambal matah, dan lain sebagainya. Rasa pedas yang nikmat dijamin sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.

Siomay

Siomay

Siomay merupakan salah satu jenis dimsum yang bisa Anda jual secara online. Anda bisa berkreasi dengan membuat aneka rasa, mulai dari rasa ayam, sapi, babi, hingga siomay sayur.

Dalam menjual siomay secara online, Anda harus memperhatikan sejumlah aspek, salah satunya tingkat keawetannya. Biasanya, siomay yang dijual secara online tidak dalam bentuk jadi, melainkan masih beku.

Anda harus menggunakan formulasi khusus agar siomay bisa bertahan cukup lama di luar lemari pendingin. Untuk menarik perhatian pembeli, Anda bisa menyajikannya bersama pelengkap, seperti saus khusus atau mayonaise.

Roti Bakar

Roti Bakar

Ide jualan makanan online yang laku setiap hari selanjutnya adalah roti bakar. Camilan ini bisa menjadi ide bisnis yang bagus, apalagi jika Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Agar laris dan mampu bersaing di pasar, Anda harus berinovasi terkait rasa roti bakar.

Anda bisa membuat varian rasa matcha, coklat, keju, oreo, bubble gum, dan lain sebagainya. Bukan sekadar unik, Anda juga perlu memastikan kualitas rasanya agar tidak mengecewakan ekspektasi pelanggan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat roti bakar terbilang cukup mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Pastikan roti masih baru dibeli dan memiliki tanggal kadaluarsa yang lama.

Pemasaran roti bakar bisa dilakukan secara online lewat dua platform, yakni sosial media dan pengantar makanan online. Untuk pemasaran melalui sosial media, Anda perlu membuat feeds yang menarik serta mendaftarkannya ke ads, endorse, atau paid promote.

Nasi Goreng

Nasi Goreng

Bingung jualan makanan online yang laku setiap hari apa? Sudah pasti ada menu nasi goreng. Hampir di setiap sudut jalan Anda akan menemukan pedagang nasi goreng. Uniknya lagi, semua pedagang ini pasti memiliki pelanggan tersendiri, meskipun sudah banyak pesaingnya.

Menjadi makanan favorit di Indonesia, tak heran jika bisnis nasi goreng tidak pernah sepi pengunjung. Keuntungan untuk Anda adalah saat ini menu nasi goreng kaki lima belum banyak masuk ke platform pengantaran makanan online.

Biasanya, nasi goreng yang ada hanyalah menu restoran dengan harga Rp20 ribu ke atas. Akan lebih menarik perhatian publik jika Anda mampu menjual nasi goreng di bawah harga Rp15 ribu. Namun, tetap perhatikan cita rasa dan keuntungannya.

Bila masih ragu memulai usaha online, Anda bisa membeli gerobak untuk pemasaran offline. Setelah mendapat cukup banyak pelanggan, Anda bisa langsung mendaftar platform pengantaran makanan online agar bisa meraup keuntungan dari dua sisi.

Seblak

Seblak

Jualan makanan online yang laku setiap hari berikutnya adalah seblak. Siapa yang tak kenal makanan lezat khas Bandung ini. Cita rasanya yang pedas membuat seblak begitu digemari masyarakat Indonesia.

Isi di dalam seblak bisa beragam, mulai dari kerupuk, makaroni, ceker ayam, sosis, mie, bihun, hingga bakso. Selain itu, tingkat kepedasannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebenarnya, sudah cukup banyak penjual seblak yang ada di Indonesia. Makannya, Anda harus berinovasi untuk menghadirkan cita rasa seblak yang enak dan beda dari yang lain.

Gunakan bumbu khusus dengan memadukan rempah-rempah agar cita rasanya lebih kaya. Selain masalah rasa, Anda juga perlu memperhatikan harga. Usahakan harganya pas di kantong segala kalangan, terutama anak sekolah dan kuliah. Anda juga bisa mempromosikannya di Tiktok menggunakan tiktok marketing supaya bisa lebih viral.

Bubur Ayam

Bubur Ayam

Anda pasti tahu jika bubur ayam begitu laris di pasaran, apalagi saat pagi hari. Pasalnya, makanan ini bisa dikonsumsi segala kalangan karena teksturnya yang empuk, sehingga mudah ditelan. Selain itu, bubur ayam juga mengandung banyak nutrisi yang mampu mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Anda bisa mencoba peruntungan dengan berjualan bubur ayam. Makanan ini sangat mudah dipasarkan karena digemari masyarakat Indonesia. Sebaiknya, gunakan layanan pesan antar agar bubur masih berada dalam keadaan panas.

Pecel Lele

Pecel Lele

Pecel lele merupakan salah satu makanan favorit masyarakat yang mudah ditemukan dimana-mana. Sehingga, pecel lele bisa dijadikan sebagai ide jualan makanan online yang laku setiap hari. Pecel lele sendiri mengandung banyak nutrisi, sehingga mampu mendatangkan manfaat bagi kesehatan selama konsumsinya masih dalam batas wajar.

Hidangan khas Indonesia ini biasa disajikan dengan sambal yang lezat dan mentimun. Layaknya pedagang pecel lele offline, Anda juga bisa menyediakan menu lainnya, seperti ayam kremes, sop, tahu, dan tempe.

Ide usaha pecel lele ini tidak membutuhkan modal yang banyak karena hanya perlu membeli lele, bahan-bahan sambal, dan lalapan. Meskipun modalnya kecil, omsetnya bisa mencapai belasan juta per bulan, loh.

Sate

Sate

Seiring berkembangnya zaman, sate tidak lagi berkaitan dengan daging yang monoton, seperti daging ayam dan daging babi. Anda bisa membuat sate yang lebih variatif agar pemasarannya mudah dilakukan. Biasanya, masyarakat memang menyukai hal baru yang unik dan beda dari yang lain.

Sebagai contoh, coba buat sate tahu atau tempe. Sate dimsum atau marshmallow bakar juga bisa menjadi ide yang bagus. Bahkan, Anda bisa membuat usaha sate jeroan dengan modal yang sangat minim kurang dari Rp100 ribu.

Ide jualan makanan online yang laku setiap hari ini bisa diterapkan karena sesuai dengan selera pasar dari segala kalangan usia. Namun, karena pesaingnya cukup banyak, Anda perlu melumasi bumbu khusus saat menggoreng atau membakar sate. Tujuannya adalah agar sate memiliki cita rasa yang khas.

Pempek Palembang

Pempek Palembang

Makanan yang terakhir berasal dari Palembang. Meskipun merupakan makanan khas daerah tertentu, tapi cita rasa pempek Palembang mampu membuat semua orang ketagihan. Hidangan ini biasa disajikan bersama cuka khusus dan mentimun.

Anda bisa membuat aneka jenis pempek, mulai dari lenjer, telur, hingga kapal selam. Usahakan untuk membuat pempek yang unik dan variatif agar pelanggan tertarik membelinya. Anda bahkan bisa menambahkan isinya dengan sayur, sosis, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Setelah melihat berbagai ide jualan makanan online yang laku setiap hari, apakah Anda tertarik untuk memulainya? Yang terpenting dari jualan online adalah kualitas cita rasa makanan dan konsistensi penjual. Maka dari itu pastikan Anda telah menguasai dalam bidang yang Anda jual tersebut sehingga bisa lebih berkualitas lagi.

Semakin giat pemasarannya, maka akan semakin banyak pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Anda juga bisa menggunakan template levidio untuk promosi makanan yang Anda ke media sosial.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!