13 Penyedia VPS Gratis Terbaik dan Server Stabil

5/5 - (2 votes)

Membangun sebuah bisnis berbasis website memang membutuhkan keterampilan yang baik dan tersistem. Dengan adanya VPS gratis, bisnis melalui website menjadi semakin mudah untuk dikontrol, dikembangkan dan lebih stabil dari pada shared hosting, cocok digunakan untuk web toko online.

VPS atau Virtual Private Server merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan seorang administrator untuk mengelola hardware server fisik agar menjadi beberapa bagian.

Penyedia VPS gratis merupakan hal yang paling banyak dicari untuk mendukung website-website masa kini demi membangun jaringan yang lebih luas. Terdapat berbagai layanan yang menyediakan trial / uji coba gratis mulai dari 7 hari hingga 1 tahun.

Apa Bedanya VPS dengan Hosting?

Jika dengan hosting, Anda akan diberikan pengaturan server yang diatur sama. Sedangkan di VPS, hosting diberikan akses root ke server sehingga pengguna yang terhubung bisa juga melakukan instal pada operasi sistem yang dituju untuk mengoptimalkan performa.

Kapasitas VPS juga lebih mudah dalam melakukan akomodasi website dan berbeda dengan hosting yang memiliki akomodasi terbatas.

Kenapa Harus VPS?

VPS cocok digunakan untuk Anda yang tengah membangun sistem dengan basis website atau programming melalui internet. Selain itu, ada alasan lain yakni:

  1. Karena dengan menggunakan VPS, Anda bisa dengan mudah memilih manakah VPS yang paling tepat untuk bisnis anda. Dengan masa uji coba, Anda secara bebas mencoba berbagai fitur dan konfigurasi yang ada. Dukungan VPS ini juga akan membantu dalam meningkatkan layanan website anda.
  2. Dengan VPS gratis, Anda bisa custom control panel hosting sesuai kebutuhan sehingga program berjalan dengan efektif.
  3. Dengan banyaknya VPS yang tersedia, Anda bisa menyesuaikan dengan besaran biaya.

Fungsi VPS

Fungsi VPS

Setelah mengetahui bagaimana pengaruh VPS terhadap perkembangan website, Anda juga perlu tau apa saja fungsi VPS itu. Berikut ulasannya.

Sarana Eksekusi Website

Maksud dari eksekusi website adalah sebuah layanan untuk bisa melakukan hosting pada web. Anda dapat menggunakan VPS untuk mendapatkan resource yang lebih baik.

Dari sekian banyak pengguna VPS, developer merupakan jumlah terbanyak karena banyaknya klien dengan permintaan olah website.

Sebagai Penyimpanan File

Dengan adanya VPS sebagai hosting, maka fungsi VPS juga merangkap sebagai sarana penyimpanan file yang bisa diakses melalui jaringan internet.

Besarnya kapasitas penyimpanan VPS juga ditentukan dari seberapa baik kualitas VPS yang dipilih yang juga bisa diindikasi dengan seberapa mahal VPS yang dipakai.

Mesin Desktop

VPS juga disebut sebagai mesin yang menjalankan bisnis. Melalui VPS, Anda bisa menanamkan bot dalam server yang nantinya ia akan berjalan secara otomatis sesuai perintah yang diminta dalam kurun waktu tertentu.

Layanan VPN

VPN atau Virtual Private Network adalah sambungan koneksi pribadi yang hanya bisa digunakan oleh pengguna yang terdaftar dan memiliki username sekaligus sandi untuk melakukan sambungan. Vpn membutuhkan perantara untuk membuatnya tersambung dengan perangkat lain. Server yang dimaksud bisa berupa VPS yang terinstal vpn didalamnya.

Hosting Aplikasi

Banyak developer yang ingin melakukan pengembangan dan pengetesan pada aplikasi yang dikembangkan. Penggunaan VPS ini digunakan sebagai hosting aplikasi. VPS juga dapat dimanfaatkan untuk custom mission critical software dengan biaya yang terjangkau.

Mesin Coba

Dalam membangun website, tentu Anda perlu mengetahui seberapa baik website yang telah dibangun. VPS akan membantu dalam mencoba kualitas website apakah sudah sebaik kebutuhan atau belum. Dengan pengetesan melalui VPS, kekurangan yang ada dalam website akan diketahui dan bisa diperbarui.

Backup

Tentu Anda tidak ingin kehilangan data-data penting yang ada dalam server bukan?. VPS sebagai backup data akan membantu Anda dalam mencegah kehilangan data. Ketika ada hilang data atau kebobolan server, Anda bisa mengakses data kembali dengan melakukan restore sewaktu-waktu pada VPS.

Dengan berbagai manfaat VPS tersebut, banyak server yang berlomba-lomba menawarkan VPS terbaik untuk developer.

Adanya penyedia VPS ini akan memberikan kemudahan utamanya bagi para pebisnis online pemula. Dan dibawah ini merupakan beberapa penyedia VPS secara gratis yang direkomendasikan.

14 Penyedia VPS Gratis 2022

Layanan VPS Gratis

Di tahun 2022 ini, dikarenakan efek pandemi dan PHK (Putus Hubungan Kerja), banyak pebisnis baru yang muncul dengan berbagai produk dan jasa yang menarik. Adanya VPS tentu akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis mereka.

Berikut adalah daftar VPS terbaik yang bisa digunakan secara gratis dengan masa percobaan berkualitas.

UpCloud

UpCloud menyediakan  trial gratis hingga 1 bulan. Caranya cukup mudah, pada saat mendaftar gunakan kode promo XB9XK6 supaya dapat saldo $25 gratis yang bisa Anda pakai kurang lebih untuk 1 bulan. Supaya saldonya tidak expired, Anda bisa deposit minimal $10, sehingga total yang Anda dapatkan yaitu $35.

Digital Ocean

Digital Ocean dibuat dengan desain yang memudahkan developer untuk memiliki cara kerja website dengan sederhana dan sangat mudah untuk mengatur koneksi antar sistem kerja. Digital Ocean cocok untuk digunakan pemula karena fiturnya yang mudah dipahami.

AWS Amazon

AWS Amazon cukup terkenal sebagai VPS gratisan dengan masa uji coba yang begitu lama yakni 1 tahun. Dengan AWS Amazon, Anda bisa melakukan pengunduhan sistem Linux secara gratis. Besaran penyimpanan yang diberikan dimasa uji coba adalah 30 GB dengan tanpa batasan bandwith. Sebagai langkah awal untuk mencoba trial dari AWS Amazon, Anda akan diminta untuk daftar dan melakukan pembayaran administrasi sekitar Rp15 ribu.

Microsoft Azure

Sebagai best free VPS, Microsoft Azure memberikan saldo hingga 200 dolar dengan durasi 1 bulan untuk percobaan VPS gratis.

Dengan saldo yang diberikan, Anda bisa membeli VPS ataupun software yang ada di Microsoft Azure. VPS ini juga ramah untuk kaum pelajar seperti mahasiswa dengan memberikan layanan gratis.

Dewaweb.com

Dewabeb.com memberikan waktu trial yang lebih lama yakni 30 hari. Batas penggunaan dengan 1 CPU dengan RAM maksimal 1 GB dan SSD mencapai 30 GB. Di masa uji coba, anda bisa mencoba berbagai fitur canggih yang disediakan Dewaweb.com.

Google Cloud

Saldo yang disediakan oleh Google Cloud lebih besar dibanding Azure, yakni 300 dolar. Dari segi kualitas, performa yang diberikan Google cloud cukup stabil di semua negara dengan jaringan yang lancar. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas, karena Google Cloud memiliki fitur yang lengkap.

Kamatera

Kamatera menawarkan uji coba gratis selama 30 hari. Dengan performa yang hebat dan pengaturan yang cepat. Kamatera juga memungkinkan untuk menyesuaikan penggunaan CPU sesuai kebutuhan. Bahkan untuk harga yang berbayar, VPS di Kamatera tetaplah terjangkau.

Alibaba Cloud

Layaknya Google Cloud, saldo yang diberikan Alibaba Cloud juga sebesar 300 dolar. Di Alibaba cloud, Anda bisa mengunduh VPS dengan kualitas yang baik dan sangat memudahkan pekerjaan.

Selama masa percobaan, sebaiknya Anda gunakan untuk mencoba berbagai fitur terbaik di Alibaba Cloud.

Masterweb.com

Dengan free VPS trial 5 hari, Anda bisa menggunakan penyimpanan hingga 5 GB dan RAM 512 MB. Selain itu, VPS gratis di Masterweb.com juga bisa digunakan untuk 3 OS termasuk free centos VPS.

Cloud Sigma

Cloud Sigma adalah VPS free trial yang memberikan masa hingga 1 tahun. Sebelum mencoba ke tahap gratis, Anda harus daftar lebih dulu dengan kartu debit dengan mengisi kolom data yang disediakan.

Fasilitas gratis yang diberikan Cloud Sigma tentu sangat membantu utamanya bagi Anda yang belum pernah mencoba VPS sama sekali.

Bitnami Cloud

Jika Anda memilih Bitnami Cloud, Anda tidak akan mendapatkan masa percobaan gratis sebagaimana VPS lainnya.

Namun Bitnami Cloud memberikan waktu untuk Anda bisa mencoba fitur di Bitnami Cloud melalui demo yang diberikan di awal. Dengan demo ini, Anda bisa memahami apa saja hal yang ditawarkan oleh Bitnami Cloud dan bagaimana cara penggunaannya.

Oracle Cloud

Oracle Cloud memberikan masa gratis 30 hari dengan saldo 300 dolar. Dengan Oracle Cloud, kegiatan berbasis internet Anda akan sangat terbantu dengan performa yang stabil.

IBM Cloud

IBM juga memberikan penawaran bagi Anda yang ingin mencoba VPS secara gratis. Walaupun memiliki batas spesifikasi dalam masa uji coba, namun fitur gratis di IBM Cloud sudah sangat cukup membantu untuk Anda yang pemula dan dengan tujuan traffic yang sedang.

IBM Cloud sendiri termasuk populer dikalangan VPS gratis karena IBM Cloud memberikan masa gratis yang tanpa batas dengan tanpa perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui kartu kredit.

Ayo kembangkan website Anda sesegera mungkin dan dapatkan berbagai manfaat kemudahan melalui VPS. Dengan begitu, website akan lebih berkembang dan banyak dikenal masyarakat. Dari 14 penyedia VPS gratis diatas, manakah yang ingin Anda coba?

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!