Review VPS UpCloud : Cloud Server Terbaik dan Performa Stabil

5/5 - (4 votes)

Review VPS UpCloud dapat dikatakan sebagai penyedia layanan cloud server ramah untuk UKM yang bergerak dalam bisnis digital. Selain ekonomis, perusahaan ini menawarkan platform cloud yang cepat dan andal dengan 100% uptime SLA dari dua belas lokasi di seluruh dunia.

Perlu Anda perhatikan, cloud server yang ditawarkan oleh perusahaan berkantor pusat di Helsinki, Finlandia ini merupakan VPS Unmanaged. Jadi, konfigurasi harus Anda lakukan sendiri agar dapat digunakan pada aplikasi atau website bisnis Anda.

Cara Daftar UpCloud

Untuk mendaftar di upcloud Anda harus mempunyai credit card terlebih dahulu, karena merupakan salah satu syarat utama pada formulir pendaftaran. Anda bisa menggunakan dari Jenius atau Bank Jago.

Berikut ini cara daftar di UpCloud :

  1. Masuk ke link pendaftaran https://upcloud.com/signup/
    Cara Daftar UpCloud
  2. Masukkan email untuk mendaftar kemudian klik Start Now
  3. Masukkan 6 digit kode verifikasi yang terkirim ke email Anda
  4. Isi semua formulir sampai selesai.

Anda bisa mendapatkan Saldo $25 GRATIS dengan memasukkan kode promo XB9XK6 pada saat mendaftar, selain itu Anda juga mendapatkan diskon jasa install vps dari Ardev. Saldonya akan expired selama 30 hari, supaya jadi permanen Anda harus deposit minimal $10. Jadi total yang Anda dapatkan yaitu $35.

Cara Deploy Server VPS di UpCloud

Berikut panduan membuat vps di upcloud :

  1. Klik tombol Deploy Server pada dashboard pertama saat login
    Cara Deploy VPS di UpCloud
  2. Pilih Lokasi Server, jika target pengunjung Anda di Indonesia pilih server yang terdekat yaitu Singapore
    Lokasi Server
  3. Pilih Paket Harga Server, saran saya sebaiknya pilih Simple plans saja dari pada Flexible plan, karena harganya lebih mahal. Pilih sesuai kebutuhan Anda, jika digunakan pada website yang biasanya digunakan untuk ngiklan dan ada membership atau online shop yang menggunakan theme toko online agak berat sebaiknya pilih langsung yang $10 supaya performa lebih stabil
    Paket Harga
  4. Storage, pada bagian ini bisa Anda abaikan karena sudah menyesuaikan dari paket harga yang sudah Anda pilih
    Storage Server
  5. Backup Otomatis, jika Anda ingin melakukan backup server secara otomatis langsung dari upcloud bisa diaktifkan fitur ini. Kalau saya sendiri tidak menggunakan fitur ini karena saya backup dari web wordpressnya langsung.
    Layanan Backup Otomatis
  6. Pilih Operating System (OS), ini tergantung panel apa yang ingin Anda install, jika Anda ingin menggunakan panel RunCloud maka pilih Ubuntu 20.04
    Lokasi Server
  7. Login Method, Anda bisa memilih metode login ke server menggunakan SSH atau one time password yang dikirim ke email atau sms. Disini saya menggunakan one time password yang dikirim ke email karena caranya lebih mudah.
    Metode Login Server
  8. Hostname, Anda bebas mengisi hostname server Anda
  9. Server name, Anda juga bebas mengisi nama server yang akan tampil di dashboard upcloud
    Hostname Server
  10. Klik Deploy

Jika terdapat bagian yang tidak ada ditutorial diatas maka abaikan saja dan biarkan default.

Detail login VPS UpCloud bisa Anda lihat melalui email seperti dibawah ini.

Deploy Server VPS UpCLoud Berhasil

Setelah membahas cara daftar dan deploy server di upcloud, sekarang kita lanjut review vps upcloud. Berikut review UpCloud yang penting dan harus Anda ketahui :

Review VPS UpCloud Lengkap

Anda tentu bertanya-tanya, layanan apa yang diunggulkan dari salah satu jenis cloud server ini. Hal ini penting diketahui agar web atau aplikasi bisnis Anda memiliki performa yang baik dan stabil. Berikut layanan yang ditawarkan dari VPS UpCloud:

Pilihan Datacenter

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan cloud server VPS UpCloud adalah kemampuan untuk secara bebas memilih beberapa zona dan lokasi geografis. Dengan layanan ini, Anda bisa mengatur target jangkauan web secara geografis dan audiens.

Selain itu, perusahaan penyedia layanan cloud server ini sudah menyediakan layanan pusat data di lokasi berikut:

  • Amsterdam
  • Chicago
  • Frankfurt
  • Helsinki
  • London
  • Madrid
  • Kota New York
  • San Jose
  • Singapura
  • Sydney
  • Warsawa

Di 11 pusat data di atas dilengkapi dengan enterprise-grade hardware  yang menawarkan komputasi kinerja tinggi dan penyimpanan MaxIOPS yang cepat. Tak hanya itu, pusat data di tiap lokasi juga saling terhubung.

Harga Server UpCloud

Paket ini menawarkan Anda opsi konfigurasi yang ditetapkan dengan biaya bulanan tetap. Setiap paket mencakup sejumlah sumber daya yang termasuk dalam harga paket. Simple Plans mencakup besaran inti CPU yang dialokasikan, jumlah RAM, penyimpanan MaxIOPS, dan kuota bulanan transfer jaringan keluar.

Dilansir dari UpCloud.com, harga yang ditawarkan dari paket ini dari yang terendah yakni dengan harga $5, CPU COres 1 Core, RAM 1 GB, Storage 25 GB MaxIOPS, Transfer 1 TB dan Identifier 1x CPU-1GB.

Sedangkan harga tertinggi dibandrol dengan $640,  CPU COres 20 Core, RAM 180 GB, Storage 2048 GB MaxIOPS, Transfer 24 TB dan Identifier 20x CPU-128 GB.

RAMCPUStorageBandwidthHarga
1 GB125 GB 1 TB$5
2 GB 150 GB 2 TB$10
4 GB 280 GB 4 TB $20
8 GB 4160 GB 5 TB $40
16 GB 6320 GB 6 TB $80
32 GB 8640 GB 7 TB $160
48 GB 12960 GB 9 TB $240
64 GB 161280 GB 10 TB $320
96 GB 201920 GB 12 TB $480
128 GB 202048 GB 24 TB $640
Tabel Harga UpCloud

Jika Anda memilih Simple Plans, cloud server diberi harga bulanan dengan penagihan per-jam. Dengan demikian, Anda dapat menjalankan server cloud dengan biaya bulanan yang dapat diprediksi.

Review VPS UpCloud pada paket ini  ditagih per jam dan dibatasi pada 672 jam (24 jam x 28 hari) per bulan. Hal ini dilakukan untuk memastikan biaya bulanan yang sama setiap bulan terlepas dari jumlah hari di setiap bulannya.

Simple Plans menggabungkan semua yang diperlukan untuk menjalankan banyak jenis aplikasi web tanpa kewajiban untuk layanan tambahan. Harga bulanan termasuk CPU, memori sistem, dan penyimpanan MaxIOPS seperti yang tercantum pada tabel harga, serta 1 alamat IPv4 publik.

Paket Flexible Plan

Paket Flexible Plan memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi server cloud dengan jumlah inti CPU, jumlah memori sistem, dan penyimpanan sesuai kebutuhan. Setiap kapasitas server dapat dikonfigurasi secara mandiri dari yang lain yang memungkinkan berbagai pengaturan server cloud.

Dengan memilih Flexible Plan, Anda dapat menyesuaikan CPU dan kapasitas memori sistem pada server Anda. Paket fleksibel memungkinkan rentang konfigurasi sumber daya berikut:

  • CPU 1 – 20 core dalam peningkatan 1 core
  • Memori 1 – 128 GB dalam peningkatan 1 GB
  • Penyimpanan 10 GB – 4 TB dalam peningkatan 1 GB, hingga 8 perangkat penyimpanan

Flexible Plan ditagih per jam sesuai dengan sumber daya yang Anda gunakan tanpa bundling. Perkiraan biaya bulanan ditampilkan di Panel Kontrol UpCloud di pengaturan server di bawah menu Resize Menu.

Flexible Plan juga memberi Anda kontrol tambahan atas biaya penggunaannya. Server cloud yang menggunakan paket ini hanya ditagih untuk penyimpanan, pencadangan, dan sumber daya jaringannya seperti alamat IP dan jaringan pribadi SDN saat dimatikan.

Hasil Benchmark UpCloud

Disini saya benchmark menggunakan bench.sh untuk melihat detail spesifikasi CPU, kecepatan SSD dan kecepatan download & upload server pada paket harga $5 (CPU 1 core, RAM 1 GB).

Hasilnya seperti pada gambar dibawah ini :

Benchmark VPS UpCloud

Dari hasil diatas menggunakan CPU 1 core 2894 MHz, dengan rata-rata I/O speed 420.7 MB/s, kecepatan yang secara rata-rata di atas kecepatan SSD VPS lain, bahkan untuk VPS yang lebih mahal.

Speed download dan uploadnya up to 1 Gbps, pada benchmark ini menghasilkan 998.21 Mbps untuk download dan 955.87 Mbps untuk upload dengan latency 0.69 ms menggunakan Speedtest.net di lokasi Singapore. Untuk ke US sekitar 391 Mbps.

Speed WordPress

Cara Mempercepat Loading Website & Blog WordPress

Pada blog dosen online ini menggunakan server $20 di lokasi Singapore dengan hasil seperti screenshot diatas. Saya juga telah mengulas cara mempercepat loading website yang bisa Anda terapkan pada website Anda, karena website lemot belum tentu dari server, melainkan optimasi website itu sendiri.

Penyimpanan Besar

Review UpCloud selanjutnya yakni penyimpanan pada server dirancang di sekitar redundansi dengan ketersediaan tinggi. Di bagian intinya adalah pemisahan komputasi dan penyimpanan.

Backend penyimpanan berkemampuan redundansi yang menggunakan hosting secara independen dari node komputasi. Hal ini agar memungkinkan failover beroperasi jika terjadi kesalahan di bagian mana pun.

Server cloudnya diterapkan pada penyimpanan blok berkemampuan redundansi kinerja tinggi. Hal ini merupakan teknologi penyimpanan standar di server cloud yang serupa dengan hard drive di komputer fisik.

MaxIOPS adalah teknologi penyimpanan internal pada cloud server ini yang memungkinkan kinerja baca lebih dari 100k IOPS pada ukuran blok 4k. Hal ini sebagai  penyimpanan default untuk semua server Cloud.

Jaringan Baik dan Stabil

Konektivitas menjadi bagian penting dari komputasi cloud dan VPS UpCloud memiliki fokus yang kuat pada jaringan yang andal. Cloud server ini menawarkan 3 jenis jaringan yang berbeda untuk Anda sebagai pengguna.

Cloud server ini menggunakan akses internet publik melalui IPv4 dan IPv6, jaringan pribadi SDN yang dapat disesuaikan oleh Anda selaku pengguna. Selain itu, server ini menggunakan jaringan utilitas pribadi yang telah dikonfigurasi sebelumnya dan fitur jaringan lainnya.

Sedangkan pada jaringan publik, Anda akan diberikan server cloud dengan konektivitas yang memungkinkan akses ke Internet terbuka. Setiap server cloud dikonfigurasi dengan 1 alamat IPv4 dan 1 alamat IPv6 secara default.

Akses jaringan publik bersifat opsional dan dapat Anda nonaktifkan seluruhnya berdasarkan server cloud. Anda cukup melepaskan  sistem jaringannya. Sedangkan dari segi kecepatan jaringan publik, server ini menyediakan kecepatan tautan 1 Gbit/dtk.

Selama uji coba gratis, Anda akan dibatasi pada 1 alamat IPv4 publik dan 1 IPv6 dan kecepatan jaringan dibatasi pada 100 Mbit/detik. Paket sederhana cloud server menyertakan 1 alamat IPv4 publik dalam harga bulanannya. Setiap alamat tambahan memiliki harga  $2,42 per bulan.

Terdapat Layanan IaaS

Anda dapat menikmati layanan Infrastructure as a Service (IaaS) saat menggunakan cloud server dari perusahaan ini. Penggunaan IaaS pada aplikasi atau web dapat meningkatkan performa penggunaannya menjadi stabil.

IaaS itu sendiri adalah layanan on-demand online yang menawarkan komponen dasar server cloud dengan komputasi, penyimpanan, dan sumber daya jaringan menggunakan model bayar sesuai penggunaan.

Dalam IaaS, Anda dapat menerapkan dan menskalakan server cloud sesuai kebutuhan web dan aplikasi. Dengan demikian, Anda dapat mengubah cloud server dengan mudah dan menghapusnya jika tak lagi dibutuhkan.

Penggunaan UpCloud Control Panel dan UpCloud API

Bagi Anda pengguna yang melihat artikel review VPS UpCloud memiliki opsi untuk  menyebarkan dan mengelola server cloud melalui layanan UpCloud Control Panel yang mudah digunakan dan UpCloud API berfitur lengkap.

Selain itu, perusahaan ini juga menawarkan alat server otomatis bernama Terraform dan the UpCloud Command-Line Interface dan banyak bahasa pemrograman populer.

Setelah digunakan, Anda memiliki akses penuh ke sistem operasi server cloud dengan pilihan SSH untuk Linux, Remote Desktop untuk Windows, VNC, dan konsol web untuk terhubung ke server cloud.

Layanan cloud server ini menawarkan ketersediaan kapasitas sistem komputer sesuai permintaan Anda. Hal ini termasuk penyimpanan data dan kapasitas komputasi tanpa perlu mengelola hardware server secara langsung.

Fitur Resizing

Layanan resizing dapat mengkonfigurasi ulang server could Anda bahkan setelah penerapan di UpCloud Control Panel, pengaturan server, dan menu ukuran.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menambah atau mengurangi kapasitas cloud server hanya dengan mematikannya dengan tujuan untuk membuat perubahan sesuai kebutuhan tanpa perlu penempatan ulang.

Meningkatkan sumber daya VPS UpCloud juga disebut scaling up. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengalokasikan lebih banyak inti CPU, memori sistem, dan penyimpanan saat diperlukan lebih banyak kapasitas.

Scaling up tidak secara otomatis meningkatkan ukuran perangkat penyimpanan yang perlu dilakukan secara terpisah. Server cloud harus dalam keadaan berhenti selama pengubahan ukuran.

Server cloud paket Simple Plan dan Flexible Plan dapat diperkecil dengan memilih paket dengan sumber daya lebih sedikit. Memperkecilnya tidak mengurangi ukuran perangkat penyimpanan secara otomatis. Anda perlu mengubahnya secara manual.

Selain dapat mengubah ukuran server cloud, Anda dapat dengan bebas mengubah antara paket Simple Plan dan Flexible Plan di panel kontrol server ini di bawah menu ubah ukuran.

Layanan Metadata

Layanan Metadata memungkinkan Anda untuk menanyakan server cloud yang sudah digunakan terkait informasi tentang server itu sendiri.

Layanan metadata dapat Anda pilih saat penerapan atau diaktifkan pada server cloud mana pun yang ada di Panel Kontrol UpCloud Anda atau melalui API UpCloud.

Server cloud yang Anda gunakan tanpa layanan Metadata dapat mengaktifkannya kapan saja tanpa perlu memulai ulang server. Ini dapat Anda lakukan melalui Panel Kontrol UpCloud di pengaturan opsional server atau dengan menggunakan API UpCloud.

UpCloud Managed Databases

Menu ini adalah layanan database yang menawarkan opsi tanpa beban untuk menjalankan database open-source yang ada di cloud. Hal dapat Anda terapkan melalui Panel Kontrol UpCloud.

Pengelolaan database terdiri dari pake-pake. Setiap paket mencakup sejumlah inti CPU, memori sistem, penyimpanan, dan cadangan. Paket ini memiliki harga sesuai dengan jumlah node dan kapasitas yang dialokasikan untuk setiap node.

Perlu Anda perhatikan bahwa sistem manajemen database dan sistem operasi host menggunakan sebagian kecil dari kapasitas penyimpanan yang dialokasikan, biasanya 1 – 2 GB.

VPS UpCloud Menggunakan sistem MySQL dalam pengelolaan database. Database Anda yang dikelola menggunakan MySQL Community Edition didukung oleh komunitas yang besar dan aktif.

Kelebihan VPS UpCloud

Bagi Anda pengguna VPS UpCloud tentu telah memahami kelebihan yang ada pada  cloud server ini. Banyak penawaran layanan dan fitur yang patut Anda perhatikan. Berikut beberapa kelebihan yang bisa dirangkum:

Penyimpanan MaxIOPS yang unik dan cepat

Jika menggunakan cloud server ini, maka Anda akan merasakan sistem penyimpanan blok Max IOPS  yang dapat diskalakan memberikan kinerja dan keandalan 2x lebih cepat dibandingkan dengan server cloud SSD standar industri lainnya.

Uptime 100% SLA

UpCloud juga menjamin 100% SLA untuk uptime dengan pengembalian 50x untuk setiap downtime lebih dari 5 menit. Artinya jika terdapat downtime selama lebih dari 5 menit, maka upcloud akan mengembalikan uang kita sebanyak 50x. Keren kan?

Keamanan Terjamin

Salah satu yang paling perlu Anda perhatikan saat memilih cloud server untuk web atau aplikasi bisnis  adalah faktor keamanan. VPS UpCloud diklaim telah menghilangkan resiko menggunakan N+1 redundansi di seluruh infrastrukturnya.

Murah

Meski ini bukan hal yang berarti bagi sebagian orang, namun bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan hal ini patut dipertimbangkan. Harga sewa cloud server ini memiliki performa yang baik dan stabil bagi aplikasi maupun web bisnis Anda.

Demikianlah Review UpCloud dari dosen online sebagai salah satu cloud server yang menawarkan banyak kelebihan dalam segi fitur maupun layanan. Pilihlah kapasitas cloud server sesuai kebutuhan Anda agar bagi performa web atau aplikasi dapat berjalan dengan baik dan stabil.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!