9 Control Panel VPS Gratis Terbaik dan Populer

5/5 - (6 votes)

Kalau Anda ingin menciptakan suatu situs baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi, maka jangan sampai lupa mempersiapkan suatu server hosting lebih dulu. Adapun control panel VPS gratis ini sangatlah berguna untuk mengelola menyimpan semua data serta file penting dari situs yang ingin dibuat.

Saat ini, jenis server hosting yang memiliki banyak peminat adalah Virtual Private Server atau VPS dan Cloud Hosting, jika ingin mencobanya Anda juga bisa menggunakan VPS gratis terlebih dahulu. VPS ini mempunyai suatu control panel yang berguna sebagai server administrator. Bagi Anda yang penasaran dengan control panel tersebut, silahkan simak pembahasannya sebagai berikut.

Apa Itu Control Panel VPS?

Sebelum Anda mengetahui apa saja panel VPS gratis yang ada, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian seta fitur dari control panel itu sendiri. Adapun control panel adalah suatu aplikasi yang berguna untuk membantu dalam pengelolaan bermacam fungsi server VPS.

Control panel tersebut hadir berbentuk aplikasi yang berbasis web based. Dengan memakai control panel, maka kalian tak perlu mempunyai skill dalam hal pemrograman komputer. Hal ini lantaran system control panel disajikan lewat UI UX yang terbilang user friendly.

Dengan demikian control panel VPS begitu mudah dipahami oleh orang awam dengan program komputer sekalipun. Siapa saja sama sekali tak perlu mempelajari bermacam perintah dari command line linux yang ditulis secara manual agar bisa menjalankan VPS.

Tak hanya memilih control panel terbaik, tentu saja Anda juga perlu memahami apa saja tips memilih panel VPS yang terbaik supaya lebih optimal. Untuk saat ini, VPS sudah hadir dalam versi Windows dan Linux. Adapun VPS Linux dan Windows mempunyai keunggulan dan kelemahannya tersendiri.

Fitur dan Fungsi

Penyedia VPS Gratis Terbaik dan Server Stabil

Control panel mempunyai sejumlah fitur andalan yang akan membantu kalian dalam hal menjalankan fungsi VPS lebih maksimal. Misalnya saja fitur dari control panel yang bisa Anda gunakan untuk mengelola Domain Name Server atau DNS dengan lebih mudah sekaligus cepat.

Lewat control panel VPS, DNS bisa diatur secara otomatis dan tidak ribet lantaran Anda tak memerlukan kemampuan tertentu dalam hal menuliskan perintah dasar sistem Linux. Selain itu lewat control panel, Anda bisa mengatur akun, mengganti kata sandi sampai membatasi pemakaian kuota.

Fungsi dari panel VPS gratis lainnya adalah para penggunanya bisa mengelola bermacam jenis database menjadi satu dan relatif lebih mudah. Para pengguna bisa memilih bermacam jenis web server untuk digunakan misalnya Apache, Nginx atau LiteSpeed.

Pemakaian masing-masing pada web server tersebut bisa berpengaruh terhadap kecepatan situs. Sehingga Anda harus memilih secara lebih matang lewat control panel. Selain itu pengelolaan email dari dan menuju website bisa lebih mudah dilakukan lewat control panel. Supaya speed website lebih optimal lagi Anda bisa menggunakan plugin cache wordpress, bisa menggunakan yang gratis maupun berbayar.

Hal ini lantaran control panel mempunyai fitur untuk bisa membaca, menghapus, menulis sampai memblokir email. Tak sampai situ saja, dengan menggunakan control panel, para pengguna pun bisa mudah menambahkan bahkan menghapus sekalipun akun SSH yang ada di VPS. 

Sebagai informasi, masing-masing control panel tak mungkin mempunyai semua fitur seperti yang sudah dipaparkan di atas. Oleh sebab itulah Anda harus menentukan pilihan terhadap control panel VPS dengan fitur dan fungsi yang sesuai berdasarkan kebutuhan dan tujuan.

Rekomendasi Control Panel VPS Gratis

Berikut adalah beberapa rekomendasi panel VPS gratis paling bagus yang bisa memudahkan untuk mengelola server Anda jadi lebih maksimal. Pilihlah control panel terbaik dan paling sesuai berdasarkan kebutuhan dan tujuan yang hendak dicapai.

RunCloud

RunCloud

Pilihan control panel pertama yaitu RunCloud yang merupakan panel webmaster modern. Control panel ini dirancang guna membantu Anda dalam mengelola situs atau aplikasi web base dengan lebih mudah. Adapun RunCloud.io tersebut adalah sistem yang berbasis cloud untuk manajemen server.

Sehingga hal ini dapat mempermudah penggunanya dalam melakukan manajemen untuk server terlebih Server VPS. Adapun control panel VPS cocok untuk para pebisnis online yang memerlukan situs powerfull dan tak mau merasa pusing dalam mengelola servernya.

Selain itu konfigurasi web server pada RunCloud lebih dinamis dan memudahkan pengguna yang ingin memakai web server Apache2 atau Nginx maupun OpenLiteSpeed. Para pengguna tak perlu repot mencari manual tentang bagaimana menginstall PHP ataupun web server jika menggunakan panel VPS gratis satu ini.

RunCloud juga sudah terintegrasi dengan berbagai penyedia VPS seperti UpCloud, Digital Ocean, Vultr, Linode dan AWS Lightsail.

Cyberpanel

Cyberpanel

Pilihan panel VPS gratis selanjutnya ada CyberPanel yang bisa dikategorikan sebagai salah satu control panel terbaik pada saat ini. Bukan tanpa sebab, pasalnya Cyberpanel hadir dalam versi gratis namun mempunyai fitur yang begitu lengkap serta canggih.

Sehingga CyberPanel cocok untuk Anda yang perlu menghemat biaya website namun tetap ingin menikmati layanan control panel secara lebih professional. Terdapat banyak fitur mumpuni di dalamnya yang bisa menjadi andalan Anda saat menggunakan Cyberpanel.

Fitur tersebut misalnya saja OpenLiteSpeed yang akan membantu dalam hal optimasi web server untuk mendapat akses lebih cepat. Control panel CyberPanel datang juga dengan server FTP aman dengan kualitas serta fleksibilitas tinggi dibandingkan dengan panel lainnya.

CWP (CentOS Web Panel)

Control Web Panel

Rekomendasi control panel VPS selanjutnya ada CWP atau CentOS Web Panel. Adapun ciri khas dari CWP yaitu control panel satu ini diciptakan secara khusus untuk para pengguna operating system bernama Linux CentOS Core. 

CWP sendiri tersedia dalam versi berbayar atau gratis sekalipun. Terdapat kelebihan dari CWP yakni menyediakan fitur yang begitu lengkap sekaligus professional untuk para penggunanya. Adapun fitur-fitur tersebut hadir secara gratis untuk para pengguna.

Akan tetapi agar bisa menikmati fitur lebih premium maka Anda harus menyediakan biaya setidaknya $ 1.5 per satu bulannya. Tetapi tentu saja ada versi gratis dari CWP walaupun fitur yang ditawarkan tergolong terbatas.

Ada juga kelemahan lain dari salah satu control panel CWP. Kelemahan tersebut adalah spesifikasi yang begitu berat. Situs Anda bisa saja menjadi lemot jika hanya mempunyai spesifikasi minim. 

Setidaknya dibutuhkan VPS RAM sebesar 4GB dengan HDD/SSD 40Gb. Dengan demikian Anda bisa menjalankan CWP secara normal dan tanpa kendala lelet.

Webuzo

Webuzo

Rekomendasi panel VPS gratis dan terbaik selanjutnya ada Webuzo. Adapun Webuzo free licence merupakan salah satu di antara banyaknya jenis control panel VPS dengan berbagai pilihan fitur database yang begitu lengkap.

Bukan hanya itu, control panel satu ini tersedia dalam versi berbayar maupun gratis sekalipun. Agar bisa menikmati versi premium dari Webuzo tentu saja para pengguna harus membayar lalu baru dapat memanfaatkan semua fitur yang tersedia.

Untuk biaya versi premium dari Webuzo pun tidak terlalu mahal, Anda cukup merogoh kocek sejumlah $2,5 dalam setiap bulannya.

aaPanel

aaPanel

Selanjutnya ada aaPanel yang termasuk salah satu jenis control panel VPS versi gratis secara penuh. Meskipun gratis Anda tak perlu khawatir terkait kelengkapan fitur. Pasalnya walaupun tersedia tanpa biaya alias gratis, aaPanel tetap memberikan fitur terbaik dan paling lengkap.

Bukan itu saja, aaPanel merupakan control panel yang powerful dan bisa mengelola website server dengan basis web base GUI. Control panel aaPanel menyediakan suatu fungsi yakni memudahkan lewat one click function seperti layaknya melakukan pemasangan LNMP/LAMP dalam hal membangun sebuah sistem.

Tujuan utama dari control panel tersebut yakni membantu para pengguna dalam melakukan efisiensi di tahap deploy dan penggunanya juga lebih fokus pada penyelesaian project dengan baik.

Virtualmin

Virtualmin

Pilihan panel VPS gratis terakhir adalah Virtualmin yang mempunyai banyak kelebihan. Salah satu contoh kelebihan dari Virtualmin yaitu mendukung bermacam sistem operasi yang populer untuk VPS seperti BSD, Linux dan BSD.

Selain itu Virtualmin juga tersedia dalam versi gratis secara penuh dan bisa dipakai untuk mengelola bermacam jenis server seperti mobile, website, command line Linux, dan remote HTTP API. Tak mengherankan jika control panel satu ini laris dipakai sampai mencapai ribuan pengguna.

VestaCP

Rekomendasi control panel VPS yang terbaik untuk Anda adalah VestaCP dengan web server Apache dan Nginx. Adapun VestaCP merupakan control panel yang sudah mempunyai banyak pengguna. Hal ini lantaran VestaCP tersedia gratis dan begitu ringan untuk dipakai.

Ukurannya yang ringan dan gratis ini lantaran VestaCP mempunyai kapasitas RAM serta memori yang begitu besar. Bukan hanya itu VestaCP juga terdapat operating system yang mendukungnya yakni Linux.

Webmin

Pilihan panel VPS gratis terbaik untuk para pengguna seperti Anda yang ketujuh adalah Webmin. Pada dasarnya Webmin mempunyai layanan dan fitur yang begitu mirip dengan control panel lainnya yakni Virtualmin.

Salah satu keunggulan yang begitu populer dari Webmin adalah soal fleksibilitasnya. Sebab control panel tersebut bisa pengguna pakai dalam sistem operasi berbasis Linux. Bukan hanya itu, control panel Webmin rupanya bisa juga dipakai lewat sistem operasi Windows.

Webmin akan memudahkan Anda dalam hal melakukan konfigurasi sebuah sistem operasi yang berbasis UNIX. Adapun control panel seperti Webmin begitu cocok dalam hal membantu Anda saat mengelola server terlebih jika belum mempunyai banyak pengalaman memakai kode perintah di dalam Linux.

Pasalnya mengelola server Linux terkenal dengan kesulitannya terutama untuk orang yang tak mempunyai banyak pengalaman dengan keberadaan alat baris perintah. Webmin memiliki banyak fitur salah satunya yakni antarmuka intuitif dan mudah dipakai untuk mengelola server pengguna.

ISPConfig

Control panel yang bagus untuk pakai selanjutnya adalah ISPConfig. Keberadaan ISPConfig pertama kali diperkenalkan sekaligus dikembangkan oleh pihak SPConfig UG. Kelebihan dari jenis control panel tersebut adalah tersedia gratis secara penuh.

Selain itu control panel VPS ISPConfig juga sudah mempunyai lisensi BSD. Adapun kelebihan lainnya yakni ISPConfig sudah mendukung pemakaian IPv6. Dengan demikian ISPConfig cocok dipakai untuk para pemilik situs yang termasuk Tech Geek.

Proyek ISPConfig sudah berlangsung pada musim gugur tahun 2005 silam oleh sebuah perusahaan asal Jerman yang bernama Projekfarm GmbH. Control panel ini memungkinkan para pengguna untuk mengelola situs, alamat email serta catatan DNS lewat antarmuka yang berbasis website.

Kesimpulan

Memakai control panel VPS bisa membantu para pengguna dalam memakai semua fungsi serta fitur dari VPS. Tetapi tentu saja masing-masing control panel mempunyai keunggulan, fitur, kelebihan, kekurangan dan harga yang berbeda. 

Oleh karena itu dibutuhkan pemahaman lebih mumpuni mengenai pengertian control panel serta fitur apa saja yang ada supaya bisa memilih dengan baik dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Bagikan artikel ini

2 Comments

  1. mau tanya, apakah runcloud sekarang sudah tidak bisa gratis? soalnya ada notifikasi begini

    “Your subscription has expired.
    You will now no longer be able to manage your servers and web applications. Upgrade to your plan of choice to continue using RunCloud.

    If your subscription has been inactive for more than 30 days, your account will be deleted.

    interruption svg
    Note: If you do not upgrade within the next 7 days, your account will be locked.”

    itu bagaimana ya? apakah aman jika dibiarkan?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!