7 Plugin Cache WordPress Terbaik (Gratis & Berbayar)

5/5 - (2 votes)

Bagi Anda yang mengelola sebuah website pastinya ingin agar website tersebut dapat dimuat dengan cepat. Jika Anda membuat website tersebut menggunakan WordPress, Anda bisa mempercepat loading website menggunakan bantuan dari plugin cache WordPress.

Tidak main-main, plugin cache yang Anda gunakan tersebut bahkan dapat mempercepat proses pemuatan WordPress Anda sekitar 75%. Kenaikan kecepatan tersebut tentunya sangat signifikan jika dibandingkan dengan sebelum menggunakan plugin cache.

Rekomendasi Plugin Cache WordPress

Plugin cache tentunya wajib Anda ketahui jika hendak menjalankan website dari WordPress. Karena dengan menggunakan plugin cache, maka website Anda akan semakin optimal dan cepat dalam pengaksesan.

Namun perlu Anda ketahui, plugin cache untuk mengoptimalkan halaman WordPress Anda ternyata tidak hanya satu. Plugin-plugin milik WordPress tersebut memiliki berbagai fitur yang sangat berguna dan berbeda pada setiap pluginnya.

Anda bisa memilih plugin tersebut sesuai dengan kebutuhan website milik Anda. Sesuaikan fitur-fitur pada plugin cache dengan website yang Anda harapkan. Berikut ini beberapa rekomendasi plugin cache yang bisa Anda coba untuk WordPress Anda.

LiteSpeed Cache

Plugin LiteSpeed Cache for WordPress yang biasanya disingkat dengan LSCWP adalah plugin akselerasi situs wordpress yang menampilkan cache tingkat server eksklusif dengan fitur optimasi yang baik.

LSCWP juga mendukung WordPress Multisite dan juga kompatibel dengan berbagai plugin yang populer, seperti WooCommerce, bbPress, dan Yoast SEO.

Plugin buatan LiteSpeed Technologies ini memiliki installasi aktif sebanyak 3+ juta website. Performanya bisa lebih maksimal jika server yang digunakan menggunakan litespeed maupun openlitespeed. Bahkan ada fitur cdn gratis dari quic.cloud.

WP Rocket

Review WP Rocket - Plugin Cache untuk Optimasi Speed Website

Berbeda dengan plugin cache wordpress sebelumnya, WP Rocket merupakan plugin cache yang premium atau berbayar. Karena merupakan plugin cache premium, untuk dapat menggunakan WP Rocket tentunya Anda harus mengeluarkan biaya karena plugin cache ini berbayar.

Tapi tenang saja, Anda bisa menggunakan jasa install wp rocket dengan harga murah di Ardev, klik tombol dibawah ini untuk mendapatkannya.

Meski berbayar, plugin cache ini memiliki berbagai fitur unggulan seperti Minify File yang dapat memperkecil ukuran file HTML, CSS, hingga JS sehingga website lebih mudah diakses. Selain itu, plugin cache ini juga dapat membantu integritas CDN dengan pengaturan CDN pada plugin.

Selain itu, keunggulan lainnya yang dimiliki oleh plugin cache ini yaitu fitur Lazy Load. Fitur ini akan membantu pemuatan gambar yang terdapat pada website Anda sehingga dapat langsung dilihat oleh pengunjung.

W3 Total Cache

Telah diinstal sebanyak satu juta kali oleh pengguna aktif, W3 Total Cache menjadi salah satu plugin cache terbaik untuk halaman WordPress. Disukai oleh para pengguna tentunya karena plugin cache yang satu ini memiliki fitur-fitur unggulan yang sangat berguna.

Selain memiliki keunggulan yang sangat berguna untuk mengoptimalkan halaman web WordPress Anda, alasan lain yang menjadikan plugin cache ini banyak digunakan yaitu karena tersedia secara gratis.

Seperti plugin cache biasanya, W3 Total Cache tentunya memiliki fungsi untuk mengoptimalkan halaman WordPress Anda. Dengan menggunakan plugin yang satu ini, caching akan dilakukan pada tiap-tiap aspek halaman web, serta Anda dapat menikmati integrasi CDN.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh plugin cache ini yaitu dapat mendukung Accelerated Mobile Pages (AMP) dan Secure Socket Layer (SSL). Karena itu, plugin ini dapat menghemat bandwidth dengan Minify File sekitar 80%.

WP Fastest Cache

WP Fastest Cache merupakan plugin cache untuk WordPress yang terkenal sebagai plugin termudah. Bukan tanpa alasan, plugin yang satu ini mudah karena memiliki pengaturan konfigurasi untuk caching yang lebih sedikit.

Tidak jauh berbeda dengan plugin cache lain, plugin cache ini dilengkapi oleh berbagai fitur yang sangat berguna seperti Minify File, fitur untuk menonaktifkan emoji, serta fitur yang dapat membuat pengimplementasian cache browser lebih efektif.

Karena tersedia dalam versi gratis dan berbayar, WP Fastest Cache versi berbayar menawarkan lebih banyak fitur unggulan seperti caching seluler, pembersihan basis data, optimasi gambar, dan lain sebagainya.

WP Super Cache

WordPress.com ternyata memiliki salah satu plugin cache terkenal dan gratis yang telah diinstall oleh lebih dari satu juta pengguna aktif. Plugin cache terkenal tersebut yaitu WP Super Cache. Plugin cache wordpress ini menawarkan tiga cara penyajian HTML statis untuk pengunjung website Anda.

Cara yang pertama yaitu cara sederhana sehingga menjadi cara yang paling direkomendasikan untuk Anda pakai. Dengan menggunakan cara ini, Anda tidak perlu melakukan pengeditan pada file PHP dan tidak perlu konfigurasi file .htaccess. saat melakukan caching.

Cara selanjutnya yaitu expert yang menawarkan caching file cepat dan hasilnya yaitu super-cache HTML file. Jika menggunakan cara ini, Anda harus melakukan konfigurasi file .htaccess.

Sedangkan cara ketiga yaitu WP Super Caching yang akan menghasilkan website untuk pengguna atau visitor website. Dalam website ini akan terdapat kolom komentar dan lain-lainnya. Sayangnya, caching ini lebih lambat jika dibandingkan dengan metode lainnya.

WP Optimize

Plugin cache wordpress bernama WP Optimize ini dapat mengoptimalkan pemuatan website Anda dengan melalui tiga cara. Cara yang pertama yaitu dengan membersihkan database yang tidak lagi diperlukan. Dengan dibersihkannya data-data tersebut, maka website Anda akan lebih cepat.

Cara yang selanjutnya yaitu dengan mengkompresi gambar berukuran besar menjadi file yang lebih kecil. Cara tersebut tentunya sangat berguna karena dapat mengurangi resource server sehingga ukuran halaman web Anda lebih kecil.

Selain itu, plugin ini juga menyajikan berbagai fitur penting dengan konfigurasi pengaturan yang cukup minimal. Plugin cache yang satu ini bisa Anda pilih karena tersedia dalam versi gratis dan premium.

Cache Enabler

Jika Anda membutuhkan plugin cache WordPress yang ringan dan mampu melakukan caching dengan maksimal, maka Anda bisa memilih Cache Enabler. Plugin cache yang satu ini akan membantu Anda dalam membuat file HTML statis untuk website Anda.

Selain itu, plugin ini juga akan melayani para pengguna dan pengunjung website berdasarkan dengan permintaan. Plugin cache ini dianggap ringan karena memiliki berbagai fitur penting untuk caching tapi tetap dengan konfigurasi pengaturan yang minimal.

Fitur-fitur yang terdapat dalam plugin cache ini dapat Anda jelajahi dengan mudah berkat bantuan fitur dokumentasi ekstensif. Dokumentasi tersebut hadir dalam bentuk tangkapan layar dan video yang akan membantu Anda menelusuri aspek-aspek pada sistem caching.

Dengan fitur-fitur unggulan tersebut, Anda bisa menikmati plugin cache ini tanpa khawatir akan perhitungan biaya. Karena, plugin cache untuk WordPress ini tersedia secara gratis sehingga bisa Anda gunakan dengan bebas.

Kesimpulan

Pilihan plugin cache wordpress versi gratis dan premium pada beberapa plugin cache tentunya terdapat perbedaan. Jika Anda mau mengeluarkan biaya untuk mengoptimalkan website Anda, maka Anda bisa memilih plugin cache premium karena pastinya fitur yang mereka miliki lebih lengkap dan cara settingnya pun lebih mudah.

Namun jika tidak, Anda juga bisa menggunakan plugin cache gratis yang telah direkomendasikan di atas. Karena saat ini, plugin cache gratis juga sudah memiliki berbagai fitur unggulan yang sangat berguna dan tidak kalan dari plugin cache premium.

Dengan menggunakan plugin cache pada WordPress Anda, maka website yang Anda miliki akan lebih mudah diakses. Selain itu, plugin cache juga akan mampu meningkatkan peringkat website Anda pada mesin pencari Google.

Peningkatan peringkat website tersebut pastinya menguntungkan Anda karena kemungkinan besar website yang Anda kelola akan cepat terkenal dan memiliki banyak pengunjung.

Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan plugin cache. Gunakan plugin cache yang telah terpercaya dan terbukti dapat mengoptimalkan kinerja website Anda. Anda bisa mengikuti rekomendasi plugin cache WordPress dari dosen online di atas agar tidak kebingungan.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!