9 Plugin Security WordPress Gratis Terbaik

5/5 - (2 votes)

Jika Anda sedang mengelola website, penting bagi Anda memberikan sistem keamanan yang layak bagi website tersebut. Selain mempercepat loading website, sistem keamanannya juga harus lebih di optimalkan lagi. Bagi Anda yang menggunakan WordPress untuk membuat website, Anda bisa menggunakan plugin security WordPress untuk optimasinya.

Rekomendasi Plugin Security WordPress

Sebenarnya, WordPress sudah memiliki sistem keamanan sendiri. Sistem keamanan default tersebut juga sudah dapat dikatakan cukup mumpuni. Namun ternyata, untuk menjaga keamanan website lebih optimal Anda membutuhkan bantuan sistem keamanan lain.

Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan plugin security khusus untuk WordPress. Dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh sistem plugin tersebut, Anda akan dapat melindungi website Anda dari berbagai ancaman. Jadi, berikut beberapa rekomendasi plugin security terbaik untuk WordPress.

Selain itu Anda juga harus rajin melakukan backup wordpress supaya jika ada kendala yang tidak diinginkan bisa melakukan restore website yang sebelumnya normal.

Wordfence Security

Sebagai salah satu plugin security wordpress terbaik, Wordfence Security telah diunduh oleh lebih dari dua juta pengguna aktif. Dengan angka yang cukup besar tersebut, Wordfence Security menjadi plugin security yang memiliki jumlah pengguna terbanyak.

Plugin security yang satu ini ternyata tersedia dalam dua pilihan yaitu versi gratis dan versi pro atau premium. Versi gratis dari aplikasi ini menawarkan berbagai fitur unggulan seperti firewall, scanning plugin, file, tema, sistem monitor secara berkala, hingga dapat memblokir berbagai ancaman.

Untuk versi pro atau premium, tentunya Anda harus membayar terlebih dahulu untuk merasakan manfaatnya. Meski begitu, versi pro dari aplikasi ini akan memberikan diskon bagi para pendaftar multiple site.

iThemes Security

jika Anda mencari plugin security wordpress yang aman dan terpercaya, Anda bisa memilih iThemes Security. Merupakan salah satu plugin security terbaik, saat ini iThemes Security telah berhasil memberikan keamanan yang layak bagi lebih dari 900 ribu akun WordPress.

Terbukti mampu mendeteksi plugin-plugin berbahaya, softwere yang sudah lama, hingga kata sandi atau password yang tidak kuat menjadi beberapa alasan yang menyebabkan aplikasi ini menjadi plugin security paling banyak digunakan.

Dengan berbagai keunggulan yang bisa Anda nikmati tersebut, iThemes Security hadir dalam dua versi yaitu versi gratis dan versi premium atau berbayar.

Defender

Dirilis pada tahun 2017, plugin security wordpress yang dibuat oleh WPMU DEV ini menjadi salah satu sistem keamanan resmi milik WordPress. Anda bisa menemukan plugin security yang telah digunakan oleh lebih dari 8 ribu pengguna aktif ini pada website WordPress.

Bukan tanpa alasan, plugin security satu ini banyak disukai dan digunakan karena menawarkan berbagai fitur unggulan yang menarik. Beberapa fitur yang dimiliki oleh Defender antara lain yaitu Google two step verification, IP blacklist, login screen making, unlimited file scan, dan lainnya.

Kabar baik bagi Anda sebagai calon pengguna, Defender merupakan plugin security milik WordPress yang disediakan secara gratis.

SecuPress Free

Salah satu plugin security milik WordPress yang tersedia secara gratis lainya yaitu SecuPress Free. Dapat memberikan pengamanan lebih bagi website Anda, plugin yang satu ini ternyata telah diinstal oleh lebih dari 10 ribu pengguna aktif.

Meski merupakan sistem keamanan gratis, SecuPress Free memiliki berbagai fitur yang sangat berguna di antaranya ada Anti Brute Force Login, firewall, malware scan, IP blokir, security alert, hingga geolocation untuk memblokir.

Selain itu, keunggulan lainnya yaitu dapat memblokir bot jahat, perlindungan dengan security keys, deteksi plugin berbahaya, hingga laporan keamanan dalam bentuk PDF. Jika Anda masih merasa kurang, Anda bisa beralih dengan menggunakan SecuPress Pro yang memiliki fitur lebih lengkap.

Shield Security

Berbeda dari plugin security wordpress lainnya, karena selain menawarkan sistem keamanan, Shield Security juga dapat memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Bagaimana tidak, Anda yang menggunakan plugin security ini tidak akan mendapatkan terlalu banyak notifikasi.

Shield Security akan mengatasi berbagai masalah keamanan pada website Anda secara langsung tanpa memberikan notifikasi apapun terlebih dahulu. Anda akan mendapat pemberitahuan dari plugin security ini hanya di waktu-waktu tertentu yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

Fitur yang dimiliki oleh versi gratis dari plugin security ini sudah cukup lengkap antara lain ada IP blacklist otomatis, blokir spam pada komentar, firewall, two factor authentication, reCAPTCHA, sampai update otomatis.

Google Authentication

Google Authentication merupakan salah satu plugin security wordpress yang akan mengamankan website Anda di halaman masuk ke website Anda. Sistem keamanan tersebut sangat bermanfaat karena website Anda akan terhindar dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang mencoba memasuki website.

Jika menggunakan plugin security yang satu ini, Anda akan dapat memasang two factor authentication pada smartphone milik Anda. Dengan begitu, tidak akan ada yang bisa memasuki website dengan sembarangan.

Jika ada yang hendak login website milik Anda, maka sistem keamanan akan meminta konfirmasi menggunakan berbagai cara mulai dari kode QR, kode unik, atau pertanyaan keamanan.

WP Bruiser

Salah satu sistem keamanan WordPress yang bisa Anda nikmati secara gratis yaitu WP Bruiser. Plugin security ini dapat mengamankan website Anda dari spam bot signup dan juga dari brute force attack.

Dengan fitur yang diberikan oleh plugin security tersebut, website Anda akan terhindar dari komentar spam dan berbagai login yang tidak diinginkan. Selain itu, Anda juga dapat memblokir IP address secara otomatis dengan sistem ini.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena plugin security yang satu ini tidak akan mempengaruhi waktu loading halaman web.

VaultPress

Jika Anda mau mengeluarkan sedikit biaya untuk website Anda, maka Anda bisa mencoba VaultPress sebagai plugin security website. Tidak perlu ragu, plugin security yang satu ini merupakan salah satu sistem keamanan terbaik milik WordPress.

Jika Anda menggunakan sistem ini, maka Anda akan dapat melakukan backup secara manual maupun real time dengan menggunakan kalender. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan laporan jumlah pengunjung, serta konsultasi keamanan langsung dari WordPress.

Bantuan konsultasi keamanan dari support tersebut merupakan fitur yang tidak mungkin Anda dapatkan dari plugin security gratis. Namun meski berbayar, VaultPress bisa dikatakan lebih murah jika dibandingkan dengan plugin security lainnya karena hanya mematok harga U$ 39.

Loginizer

Hampir sama dengan Google Authentication, Loginizer juga merupakan salah satu plugin security wordpress yang melindungi website Anda dari halaman login. Jika Anda menggunakan plugin security ini, jumlah login pada website Anda akan dibatasi.

Sistem keamanan tersebut akan dapat menjaga website Anda dari hacker yang mencoba untuk membobol website Anda. Plugin security ini akan meminimalisasi percobaan kombinasi password oleh pihak lain saat login.

Kesimpulan

Dengan menggunakan plugin security, maka website WordPress Anda dapat dipastikan lebih aman daripada jika hanya menggunakan sistem keamanan default. Selain dapat mencegah website dari terkena hack, plugin security juga dapat mencegah website dari malware dan virus.

Karena itu, bagi Anda yang saat ini sedang mengelola atau hendak membuat website dari WordPress, maka Anda akan lebih bijak jika menggunakan plugin security. Tidak perlu bingung, Anda bisa mencoba plugin security WordPress yang telah direkomendasikan di atas.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!