5 Layanan CDN Gratis Terbaik Untuk Optimasi Speed Website

Layanan CDN Gratis – Sebuah website yang Anda buat tentunya memiliki harapan tinggi agar bisa diakses di semua jangkauan. Konten yang ada di dalam website seperti video, foto, artikel akan dikelola oleh sebuah server atau kepala jaringan pusat bernama CDN. Anda masih bingung dengan CDN?

Baiklah, simak ulasan CDN dan produk layanan CDN gratis terbaiknya!

Definisi CDN

CDN ialah singkatan dari Content Delivery Network yang diartikan sebagai server pusat dengan tugas utamanya mendistribusikan semua konten dari berbagai website yang dibuat dengan muatan kecepatan yang lebih efektif.

Sebagai gambaran, Anda membuat website dengan nama berlkosmetikstore.com menggunakan Theme Cepatlakoo yang dalamnya berisikan konten foto, katalog harga, layanan, video dan sebagainya di Yogya. Website Anda akan dapat dilihat di area luar pulau Jawa dengan tampilan yang sama berkat adanya layanan CDN. CDN yang ada di Yogya tentunya berat sekali jika harus menyalurkan jaringan yang jaraknya ribuan kilometer tersebut, tetapi muat halaman website Anda di Sulawesi akan sama kecepatannya karena di sana ada CDN yang akan mengelola website dan konten Anda.

Nah, sekarang sudah ada gambaran ya tentang apa itu CDN?

Secara garis besarnya, layanan CDN membantu website Anda dimuat dengan waktu yang sama dari daerah asal dengan daerah lainnya untuk kurun waktu seharian.

Kegunaan CDN

Kegunaan secara umum telah disebutkan di atas, tetapi secara khusus masih ada kegunaan lainnya:

  1. Menjaga keamanan website

Website akan berusaha menerima perihal yang bagus dari pengunjung yang datang, jika ada sesuatu yang bagu tentunya ada pula yang kurang bagus atau kita sebut dengan bad traffic. Nah, guna CDN lainnya adalah mengeliminasi bad traffic tersebut agar konten web Anda terhindar dari keeroran atau virus. Layanan CDN akan menghalangi sebuah bagian buruk yang datang ke web Anda.

  1. Mengoptimalkan keadaan konten

Ketika web Anda mendapatkan banyak kunjungan, tentunya memilih untuk menambah server lainnya agar web terus eksis dan on. Jika web hanya mengandalkan satu server saja yang tugasnya menjaga dan memaksimalkan konten maka saat web Anda mengalami error otomatis web menjadi ngedown dan berimbas pada rating turun. Guna CDN lainnya adalah mengantisipasi keadaan demikian agar konten tetap on dan bisa diakses tanpa menurunkan rating web Anda. Fitur yang ada di CDN inilah akan membantu web Anda bekerja walaupun sedang trobel.

Cara Kerja CDN

Cara Kerja CDN

CDN akan mengenalkan konten Anda pada sebuah pop, yaitu fitur penyimpanan seperti cache. Dengan adanya pop maka web Anda akan cepat dikenal dalam muatan waktu halaman yang lebih singkat.

Misalnya, Anda mengunggah sebuah konten katalog produk penjualan dalam sebuah cache, nantinya akan dimasukkan ke dalam pop untuk dimuat ke jangkauan jauh. Semakin lama Anda menyimpan konten di pop atau cache nya maka kecepatan muatan semakin tinggi.

Namun bukan berarti tidak ada waktu batasan simpanannya, Anda wajib melakukan refresh atau update konten. Keistimewaan CDN akan Anda rasakan ketika konten lawas Anda ubah tetapi CDN akan tetap merekam konten lawas web Anda.

Layanan CDN Gratis Terbaik

ImageKit

ImageKit

Jika Anda memiliki blog atau dengan jumlah konten terbanyaknya adalah gambar atau foto tentu membuat waktu muatnya menjadi semakin lama. Bukan sebuah solusi jika Anda menambah bandwith karena hasilnya tetap lama. Untuk mempercepatnya, Anda bisa menggunakan CDN imagekit yang memang khusus bekerja sesuai namanya, untuk memaksimalkan olahan gambar atau foto menjadi lebih cepat.

Server imagekit yang satu ini akan memangkas bandwith hingga 70% dari kuota semula tanpa imagekit, tetapi waktu muatan halamannya tetap cepat seperti saat kontennya sedikit. Inilah beberapa fitur imagekit yang membantu:

  • Optimization
  • Network Optimization
  • Security
  • Named Transform
  • Advanced
  • URL Endpoints
  • Media Library

Blog dosen online ini juga menggunakan layanan CDN gratis dari ImageKit dan beberapa web saya lainnya, ada juga perusahaan besar Indonesia yang menggunakannya yaitu Traveloka. Kuota Bandwidth gratis yang diberikan yaitu sebesar 20GB per bulan, misal bulan ini terpakai 10GB, maka bulan depannya akan reset otomatis menjadi 0 lagi, sehingga masih bisa digunakan terus menerus.

Cloudinary

Cloudinary

Layanan CDN gratis yang satu ini juga hampir sama dengan CDN imagekit namun dengan fitur pendukung yang bisa mengedit, memangkas gambar dari ukuran besar ke kecil. Server ini berguna untuk menyimpan gambar dan bandwidth hingga 25 giga gratis lho!

Wow sekali ya?

Anda bisa menyandingkan CDN yang satu ini ke website agar waktu muat halamannya tidak loading lama (lola). Jangan lupa untuk membuat folder khusus terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa copykan url yang dibuat simpanan dengan foto yang diletakkan, jangan sampai tertukar.

CDN yang satu ini lebih mudah daripada CDN lainnya, bagi seorang pemula saja layanan ini tidak akan membuat pusing.

CloudFlare

CloudFlare

Untuk CDN cloudflare yang satu ini memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Mampu menyembunyikan alamat IP Anda yang asli sehingga merusak data tidak akan bisa menemukan server.
  • Bisa membuat cache yang berguna untuk meringankan beban waktu muatan agar tidak semakin berat.
  • Membantu web Anda terus menampilkan konten saat server down.
  • Menjaga keamanan dari hantaman DDoS yang bekerja dengan mengubah sandi keamanan situs website.
  • Tersedia layanan blokir untuk memblokir sebuah website dari dalam atau luar agar tidak bisa masuk ke web Anda.

Untuk CDN yang satu ini terbilang cukup lengkap dengan semua keperluan hosting user mulai dari menyaring sebuah konten berbahaya, menambah kecepatan muat halaman.

Bunny CDN

Bunny CDN

Layanan CDN Gratis selanjutnya yaitu BunnyCDN. Server CDN murah ini berpusat di Negara Slovenia sejak tahun 2015 dengan layanan yang super lengkap dan terbaik. CDN bunny tersebar di seluruh dunia, dengan adanya fitur seperti bunny proteksi, Video Delivery, Custom CDN Hostnames, Dashboard dan Report, Optimizer dan Integrasi membuat sebuah antisipasi server dengan kualitas unggulan.

CDN berbayar ini tentunya tidak menurunkan performa dan minat para pengguna web karena user percaya dengan kinerja CDN bunny sebagai server web yang total. Tapi, saat ini ada CDN gratis bunny lho dan bisa dicoba dahulu selama 14 hari. Untuk layanan selanjutnya akan dikenakan tarif sesuai dengan letak negara Anda. Untuk negara bagian Asia dan Eropa mematok harga 0,03 dolar untuk kuota 1 giga,  harga di benua Amerika mulai 0,045 dolar per 1 giga. Anda bisa juga memilih kuota bandwith minimal 500 TB hingga 2 PB+.

Quic.Cloud

Quic.Cloud

Layanan CDN Gratis yang terakhir Adalah Quick.Cloud, layanan yang bekerja total di seluruh bagian negara. Server yang satu ini tidak hanya memantau kecepatan muat halaman web saja tetapi juga mengamankan web dari serangan hacker. Alasan lainnya yaitu:

  • Bisa disetting dengan plugin lainnya.
  • Menjaga keamanan.
  • Konten yang tersimpan seperti java, CSS.
  • Web Anda bisa diakses secara mendunia dengan bantuan CDN ini.
  • Sinkronisasi data dilakukan secara otomatis.

Anda bisa mendapatkan Quic.Cloud gratis hingga 10 GB jika hosting kamu berlangganan pada litespeed webserver.

Pemakaian CDN untuk membantu kecepatan muat halaman web Anda tidak cukup untuk tren saja tetapi usahakan untuk bisnis sehingga semua user yang mengunjungi web Anda tidak akan sia-sia kecuali web atau blog Anda tujuanya untuk hiburan semata. Yuk cobain salah satu layanan CDN gratis di atas untuk mengoptimalkan web Anda.

Terakhir di Update 28 Juli 2021

Bagikan artikel ini

One comment

Leave a Reply

error: Content is protected !!