5+ Hosting Terbaik di Indonesia 2021

Tahukah anda bahwa semua web hosting memang menawarkan keunggulannya masing-masing, namun pada pembahasan kali ini akan dipaparkan untuk anda top 5 hosting terbaik di Indonesia. Nah, penasaran apa saja? Yuk simak pembahasan Dosen Online berikut ini.

Niagahoster

Niagahoster

Niagahoster merupakan web hosting terbaik di Indonesia yang cepat dan aman, yang sangat cocok dijadikan sebagai mitra terpercaya untuk anda sebagai pebisnis yang ingin sekali memperluas jaringan. Tentunya fitur utama yang ditawarkan oleh web hosting yang satu ini dari mulai BitNinja security, SSL gratis, domain gratis, bandwidth unlimited, hingga ruang unlimited.

Secara global kecepatan rata-rata Niagahoster ini yaitu 174 md dan rata-rata 32 md ketika diakses dari negara-negara yang ada di Asia maupun Oseania. Memang kecepatan Niagahoster cukup baik ketika diakses dari lokasi yang terbilang jauh, seperti 355 md di Sao Paolo dan 216 md di Amerika Serikat. Niagahoster juga memiliki keistimewaan dari segi live chat yang cukup responsif, bahkan pilihan untuk metode pembayarannya pun terbilang lengkap.

Web hosting ini sudah dilengkapi BitNinja Security yang tentunya akan membuat website anda semakin kebal terhadap berbagai serangan siber yang memang tak diundang. Selain itu, Niagahoster juga memiliki cPanel yang cukup lengkap, yang mana pengguna bisa mengonfirmasi hosting web sesuai kebutuhan. Terlebih lagi laman webnya juga simpel, dengan begitu sangat cocok untuk yang masih pemula.

Niagahoster juga menyediakan SEO Tools unik yang tidak dimiliki oleh web hosting mana pun. Tentunya hal ini sangat cocok untuk anda yang ingin sekali menaikkan peringkat website pada laman pencarian Google dengan cara mengoptimalkan kata kunci tertentu.

Dan yang paling penting adalah Niagahoster juga memiliki waktu pemuatan laman yang begitu cepat, yaitu 0,699 detik saja. Pastinya hal ini sangat menguntungkan para pebisnis yang saat ini sedang mengembangkan bisnisnya melalui situs web. Terlebih lagi dengan adanya dukungan live chat yang cekatan, tentunya akan sangat kecil kemungkinan web hosting ini akan mengecewakan anda.

Untuk mendaftar ke Niagahoster gunakan kode kupon PANDUANTOKO agar kamu mendapatkan tambahan diskon.

Hostinger ID

Hostinger

Hosting terbaik berikutnya adalah Hostinger. Hostinger sendiri menawarkan fitur utama dari mulai Panel, SSL gratis, Domain gratis, bandwidth unlimited, hingga SSD 20GB. Secara global kecepatan rata-rata yang ditawarkan oleh penyedia layanan web hostinger adalah 177,8 md.

Saat ini Hostinger memiliki 6 pusat data yang ada di seluruh dunia, yang tersebar di Brasil, UE, Singapura, Belanda, Indonesia, AS, dan di negara asal mereka yaitu Lithuania. Tentunya Hostinger memiliki tim bantuan yang begitu cakap, bahkan menawarkan metode pembayaran yang cukup populer di kalangan pengguna yang ada di Indonesia. Nah, dalam hal teknis Hostinger menawarkan dasbor yang begitu ramah pengguna, termasuk untuk mereka yang masih terlalu awam di dunia hosting.

Dengan memilih paket Hostinger Premium, maka situs web anda bisa terhindar dari masalah downtime ketika beberapa puluh orang pengunjung ingin mengakses situs web yang anda miliki secara bersamaan. Beberapa paket web hosting yang ditawarkan dari mulai web hosting single, web hosting bisnis, dan web hosting premium.

Tentunya ada beberapa alasan mengapa Hostinger merupakan hosting yang sangat tepat untuk anda, salah satunya adalah Hostinger sangatlah cepat. Untuk anda yang ingin menargetkan pasar Eropa, memang web hosting yang satu ini merupakan salah satu hosting tercepat. 54 md dari London, tentunya hal ini merupakan kecepatan yang begitu mengesankan.

Selain sangat cepat, Hostinger pun memuat lebih cepat tehadap manajer. Tentunya mengaktifkan manager cache akan memungkinkan waktu pemuatan menjadi lebih cepat, bahkan kecepatannya pun akan terus meningkat.

Berikut cara mengaktifkannya :

  • Masuk ke cPanel
  • Lalu tekan “Manage” pada website yang ingin dihidupkan.
  • Kemudian gulir ke bawah ke bagian “Advanced”. Di situ anda bisa melihat “Cache Manager” yang terdaftar sebagai salah satu pilihan.
  • Klik “Cache Manager”.
  • Jika anda sudah berada di dalamnya, maka yang harus dilakukan adalah dengan memilih “Cache”.
  • Anda kemudian akan melihat “Automatic Cache” yang berubah menjadi hijau. Nah, hal ini telah menunjukkan jika itu aktif, lalu klik “Purge All”, anda pun sudah siap.

SiteGround

Siteground

SiteGround memang sangat cocok untuk semua orang, baik untuk bisnis, e-commerce, afiliasi super, blogger, hingga website global. Fitur utama yang dimiliki oleh SiteGround seperti SuperCacher, SSL gratis, SSD 20GB, backup harian, hingga bandwidth unlimited.

Mungkin ada sebagian dari anda yang sudah mengetahui jika web hosting ini memiliki server fisik berlokasi di Italia, Inggris, Belanda, AS, dan Singapura. Secara global, kecepatan rata-rata SiteGround adalah 160.1 md. Sedangkan di negara-negara Asia hingga Oseania, kecepatan rata-rata yang dimilikinya adalah 28 md. Tentunya SiteGround bisa memuat website yang anda miliki empat kali lebih cepat, lho! Hal ini dikarenakan di semua servernya  SiteGround menggunakan SSD. Selain itu, mereka juga menggunakan Cloudfare agar dapat membantu untuk memperlancar pengiriman konten oleh para penggunanya.

Sejak April 2020, web hosting terbaik ini mempertahankan uptime mereka hingga 100%. Bahkan salah satu cara yang digunakan oleh SiteGround yaitu membuat Artificial Intelligence atau AI agar dapat mengamankan website yang anda miliki dari serangan bot.

Nah, satu fitur unik yang memang ditawarkan oleh SiteGround, bahkan tidak ditemukan pada web hoster yang lain yaitu SuperCacher. Yang jelas fitur ini bisa meningkatkan kecepatan pemuatan website hingga 40%, sekaligus akan meningkatkan jumlah klik yang bisa dikelola. Nah, salah satu alasan mengapa SiteGround adalah web hosting yang sempurna karena SiteGround ini di dukung oleh WordPress. Perlu anda ketahui bahwa SiteGround merupakan salah satu web hosting paling direkomendasikan yang dikelola dengan WordPress.

Tentunya penghargaan tersebut tidak mudah didapat karena mereka harus bisa melewati tes keamanan, ribuan dukungan, dan kecepatan dalam memperoleh pengakuan tersebut. Dengan pengakuan ini, maka didapatlah sejumlah keistimewaan yang memang tidak dimiliki oleh hosting yang lain, seperti:

  • WP-CLI aktif, yang akan memungkinkan anda mengelola website WordPress dengan command prompt.
  • 1-Click staging, kemampuan dalam memperbarui seluruh website hanya dengan 1-klik, sehingga sangat bermanfaat untuk anda.
  • Git aktif. Tentunya anda bisa menggunakan platform git yang anda pilih, sehingga akan memungkinkan anda bekerja dengan pengkode berbeda.
  • Pembaharuan otomatis. Secara otomatis SiteGround akan memperbarui perangkat lunak yang memang digunakan agar tetap memperoleh informasi terbaru maupun terbaik dalam pengiriman data, dengan begitu anda tidak perlu lagi khawatir mengenai masalah keamanan dan kecepatan.

Rumahweb

Rumahweb

Rumahweb tentunya menawarkan biaya web hosting terbaik murah dan yang cukup terjangkau dengan layanan fitur yang ditawarkan seperti ruang unlimited, SSL gratis, bandwidth unlimited, weebly sitebuilder, dan domain gratis. Tentunya Rumahweb ini merupakan penyedia layanan dari web hosting lokal yang memiliki server fisik yang lokasinya berada di Indonesia.

Secara global, kecepatan rata-rata Rumahweb adalah 196 md, dan untuk kecepatan pengaksesan untuk negara-negara yang ada di Asia hingga Oseania yaitu 55,2 md. Web hosting ini berlokasi di Jogjakarta dan sudah beroperasi sejak 2002 yang lalu. Saat memulai layanan dari web hosting ini, Rumahweb hanya memiliki 1 server saja. Namun kini mereka telah memiliki 30 server yang lokasinya tidak hanya di Indonesia, namun ada di Singapura, dan Amerika Serikat.

Ada beberapa pilihan paket yang ditawarkan oleh Rumahweb. Dan salah satu paket yang menawarkan harga cukup terjangkau adalah paket Grow. Dengan memilih paket yang satu ini, maka anda bisa memperoleh fasilitas ruang, email, SSL gratis, add-on domain tak terbatas, hingga bandwith.

Tentunya metode pembayaran yang ditawarkan memang cukup memudahkan pengguna. Tidak hanya metode pembayaran berkelas global, namun juga menerima pembayaran melalui transfer antar bank, virtual account, dan sebagainya.

Walaupun begitu, apakah Rumahweb cukup direkomendasikan? Pastinya. Hal ini dikarenakan Rumahweb memiliki tim bantuan yang akan selalu siap untuk menjawab berbagai pertanyaan dari klien mereka. Untuk anda yang sebelumnya merupakan pengguna web hosting yang lain, dan ingin beralih untuk menggunakan Rumahweb, maka mereka akan membebaskan biaya untuk migrasi hosting, dan akan mendapatkan gratis hosting.

Rumahweb juga menyediakan theme toko online gratis yang bisa kamu gunakan, seperti generatepress, oxygen, studiopress dan divi. Ada juga plugin premium gratis yaitu elementor pro dan wp-rocket.

Exabytes

Exabytes

Nah, sebagai perintis web hosting terbaik di Indonesia yang sangat populer, tentunya fitur utama yang ditawarkan oleh Exabytes ini adalah backup harian, SSL gratis, bandwidth 600GB, ruang 500MB, dan 100-hari uang kembali. secara global, kecepatan Exabytes ini adalah 183,3 md. Namun untuk kecepatan pengaksesan dari negara-negara yang ada di Asia hingga Oseania rata-rata adalah 36 md.

Awalnya perusahaan hosting ini berdiri di Malaysia sejak tahun 2001 yang lalu. Namun saat ini sudah memiliki pusat data yang tidak hanya berlokasi di Malaysia saja, tetapi juga di Indonesia, Singapura, dan AS. Nah salah satu paket yang ditawarkan oleh Exabytes ini adalah paket Ebiz Gold. Dengan memilih paket ini, maka anda bisa memperoleh biaya domain secara gratis, data transfer 500GB per bulan, kapasitas penyimpanan 500GB, kemampuan dalam menghosting 50 website, hingga back up harian yang gratis yang nantinya disimpan sampai 14 hari.

Sama seperti Rumahweb, bahwa Exabytes menyediakan juga berbagai metode pembayaran yang tentunya cukup mudah digunakan oleh pengguna yang ada di Indonesia. Beberapa program kerja sama yang ditawarkan oleh Exabytes misalnya program afiliasi, program partnership, program blogger plus, dan yang paling menarik adalah program EasyStore. Tentunya program yang satu ini dapat dimanfaatkan bagi mereka yang baru saja memulai untuk membuka toko online pertama kalinya.

Nah, mengapa anda harus memilih Exabytes? Yang jelas web hosting ini menawarkan paket yang lengkap, dari mulai WordPress yang dioptimalkan dalam e-commerce sampai VPS ke server khusus serta hosting cloud. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa membeli hingga mendaftarkan nama domain yang anda miliki, meng-host email, atau memulai akun reseller.

Bahkan Exabytes juga menawarkan fitur keamanan, opsi pemasaran online, dan layanan desain web. Anda bisa mendapatkan semua yang dibutuhkan hanya dari satu perusahaan saja untuk memulai blog, mengembangkan website e-commerce, dan berganti host. Yang jelas Exabytes sangat bisa diandalkan oleh siapa saja.

Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu anda ketahui mengenai Top 5 Hosting Terbaik di Indonesia, semoga bermanfaat.

Terakhir di Update 27 Juni 2021

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!