6 Theme Toko Online Terbaik di Indonesia

Bagi anda yang bergerak di bidang usaha baik produk fisik atau lainnya, hadirnya toko online akan sangat berguna untuk usaha anda kedepannya. Jika anda sudah memutuskan untuk membuat toko online di WordPress atau Woocommerce, anda tentu wajib mempertimbangkan manfaat dari theme toko online. Woocommerce dan WordPress merupakan sebuah plugin yang befungsi untuk mengembangkan berbagai macam toko online dan dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap sehingga fungsi toko online akan sangat berguna baik untuk perusahaan dan terutama untuk penggunannya.

Plugin sangat cocok digunakan untuk perusahaan yang menginginkan platform yang fleksibel, ingin mengontrol data yang ada di website dan ingin lebih leluasa dalama menambah atau mengganti fitur yang sesuai dengan merek perusahaan yang dikembangkan.

Selain itu penggunaan atau pembuatan theme sangat penting. Sebelum memilih theme, anda harus memiliki pengetahuan terkait bagaimana bentuk theme toko online terbaik? Atau apakah boleh menggunakan theme gratis atau harus premium? Segala hal patut menjadi pertimbangan. Dengan banyaknya akses dan mudah mendapatkan theme gratisan di Internet menjadi hal yang menguntungkan untuk anda. Tetapi, anda harus tahu theme gratis tentu memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan theme premium.

Kelebihan Theme Toko Online Premium

Kelebihan Theme Toko Online Premium

Ketika anda mencoba mengembangkan toko online, anda harus memilih theme yang sesuai dengan kebutuhan produk anda. Anda bisa saja memilih theme gratis untuk membantu menghemat biaya tetapi anda harus memikirkan jangka panjang yang tentu saja penggunaan theme premium akan membantu banyak hal mulai dari menghemat tenaga, waktu dan dapat meningkatkan penjualan. Di bawah ini ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan:

  1. Menghemat waktu
    Keuntungan yang utama ketika anda menggunakan theme premium dari WordPress adalah dapat menghemat waktu. Pengembangan bisnis akan membutuhkan waktu yang lama terutama pada website, dengan membeli theme premium akan membuat anda lebih cepat dalam pengembangan website. Pada saat menggunakan theme gratis, anda akan membutuhkan waktu lama dalam menyesuaikan theme berdasarkan kebutuhan dari usaha anda.

    Dengan proses waktu yang singkat, anda bisa lebih fokus dalam mengerjakan konten berkualitas yang akan dimasukkan ke dalam website. Otomatis penjualan akan meningkat, uang yang anda habiskan untuk kebutuhan theme premium dapat dengan cepat di dapat karena menghemat waktu dalam pembuatan konten website.

  2. Kualitas
    Tentu saja theme gratis dengan theme premium akan sangat jauh berbeda kualitasnya. Jika anda menggunakan theme premium yang dikembangkan oleh developer terbaik maka hasilnya akan jauh lebih maksimal. Kode pembentuk theme akan langsung ditulis dengan efisien dan berpengaruh terhadap kecepatan website.

    Kecepatan website tidak hanya ditentukan oleh rangking SEO di google atau bing tetapi kode website yang ditulis dengan baik akan mampu mempercepat website anda.

  3. Banyaknya fitur yang bisa digunakan
    Fitur yang ada di theme premium adalah fitur yang tidak ada pada theme gratis. Fitur-fitur ini berfungsi untuk mengembangkan website sesuai dengan keinginan anda sehingga lebih banyak menjangkau pelanggan.Tidak hanya bermanfaat untuk website tetapi juga pelanggan seperti fitur live search bahkan wishlist.

    Fitur ini hanya ada di theme premium. Ini akan sangat memudahkan pelanggan untuk menemukan dan menambah daftar produk yang ingin dibeli di usaha toko online anda. Tambahan untuk theme gratis, anda wajib menginstall beberapa plugin secara terpisah kemudian membandingkannya sedangkan untuk theme premium anda tidak melewati proses tersebut.

  4. Support
    Dalam mengembangkan toko online, anda harus mengetahui beberapa hal sepert HTML atau PHP. Anda harus tahu bagaimana cara untuk mengatasi bug pada website anda. Tetapi. Dengan theme premium, hal tersebut akan langsung dibantu karena adanya support ketika anda membeli lisence theme. Support akan memastikan apakah website berjalan dengan baik dan tidak akan terjadi error.
  5. Update dan security
    Kelebihan yang utama adalah penggunaan theme premium akan di update teratur dan langsung disesuaikan dengan versi terbaru dari theme tersebut. Hal ini tidak akan berlaku pada theme gratis yang digunakan.

    Versi theme gratis akan sangat memusingkan dan menghambat kinerja dari website. Anda tidak akan mengupgrade website karena fitur di dalamnya akan diganti dengan yang baru dan risiko lainnya atau anda akan mengganti theme gratis yang baru.
    Ini tentu akan membuat anda bekerja lebih ekstra lagi karena harus menyesuaikan kembali baik fitur ataupun lainnya.Untuk theme premium akan selalu memastikan bagaimana cara menyesuaikan theme dengan hasil update theme yang baru dari WordPress tersebut.

Tips Mencari Developer Terpercaya Untuk Toko Online

Tips Mencari Developer Terpercaya Untuk Toko Online

Kelebihan dari theme toko online premium akan membuat anda ingin mencari developer dengan reputasi yang baik dan terpercaya untuk membantu anda dalam membangun toko online atau website. Pelaku bisnis pemula akan memanfaatkan website untuk bisa mendapatkan jangkauan luas. Pada saat membuat website, anda harus mempertimbangkan developer seperti apa yang harus anda cari.

  1. Perhatikan profil dan legalitas dari perusahaan developer
    Ketika memilih developer, anda harus bisa mempertimbangkan visi dan misi dari perusahaan tersebut. Legalitas yang jelas akan membantu anda untuk mengembangkan website tersebut. Legalitas bisa dilihat bagian profil dari perusahaan tersebut. Carilah developer yang bisa diajak berkomunikasi.
  2. Mempertimbangkan portofolio perusahaan
    Developer umumnya sudah memiliki portofolio sehingga anda bisa melihat kualitas website yang dihasilkan pada bagian portofolio tersebut.
  3. Melihat spesifikasi hosting perusahaan
    Spesifikasi hosting pada developer akan menawarkan berbagai macam kebuuhan seperti bandwith, CPU dan RAMnya.
  4. Fitur website
    Perusahaan atau jasa developer, memiliki berbagai macam tawaran fitur terbaik. Ini akan sangat membantu anda untuk mengelola dan memudahkan penggunaan websitenya. Anda juga memiliki hak untuk mengganti jika fitur yang digunakan dianggap sulit untuk digunakan.
  5. Sudah support SEO
    Ketika memesan toko online pada developer, anda harus memastikan support SEO. Support SEO akan membantu menampilkan website di halaman pertama mesin pencari. Jadi, tidak ada salahnya untuk bertanya terkait hal ini.
  6. Apakah theme sudah memiliki lisensi atau belum?
    Theme atau template yang digunakan pada website sangat beragam. Theme sudah harus terbebas dari spam dan bisa melakukan update secara otomatis. Oleh sebab itu, pastikan untuk menanyakan hal ini kepada developer terkait lisensi theme.
  7. Pelayanan yang komunikatif
    Terpenting dari memilih developer, pelayanan yang komunikatif karena akan terus terjadi komunikasi dan interaksi antara vendor dan anda.
  8. Mengecek profil penanggung jawab
    Setiap perusahaan atau jasa pembuatan toko online memiliki penanggung jawab masing-masing. Anda harus mengecek profil penanggung jawab tersebut seperti kontak atau informasi pribadi yang akan memungkinkan anda dalam memilih jasa pembuatan toko online tersebut. Mungkin saja akan terjadi permasalahan di kemudian hari, untuk menghindari hal tersebut anda bisa melakukan cara ini.
  9. Mengecek demo website
    Pada waktu membuat website toko online di developer, anda harus memeriksa kembali demo websitenya. Website harus di tata dengan baik dan dibuat menarik sehingga pelanggan akan mengunjungi website anda dan membeli produk yang ditawarkan.

6+ Theme Toko Online Terbaik di Indonesia

Mempermudah pembuatan toko online anda akan membutuhkan theme. Template akan berfungsi untuk menyesuaikan bagaimana tampilan dari toko online agar terlihat lebih profesional. Anda wajib memilih tehem yang sudah SEO Friendly dan memiliki plugin khusus untuk website. Ada 5 top theme toko online terbaik yang ada di Indonesia:

TokoPress

Apa itu TokoPress ?

Theme Tokopress saat ini banyak digunakan oleh UMKM Indonesia. Dengan fiturnya yang lengkap mulai dari SEO, fast loading, whatsapp follow up hingga cek ongkir otomatis.

Theme ini juga cocok untuk dropship, karena bisa custom lokasi pengiriman setiap produk, pada checkout pun nanti juga menjadi double ongkir. Misal produk sepatu dropship dari Jakarta dan produk jaket dropship dari Surabaya, nanti pada checkout terdapat 2 ongkir dari masing-masing alamat pengirim tersebut.

Cepat Lakoo

Cepat Lakoo

Anda bisa mendapatkan theme atau template untuk toko online anda secara gratis maupun yang premium. Salah satu theme toko online terbaik adalah CepatLakoo. Ini adalah theme yang dikhususkan untuk pengguna toko online WordPress dan juga Woocommerce. Fitur yang ada di template ini didesain khusus agar toko online dapat meningkatkan penjualan produknya.

Fitur yang terdapat pada theme cepatlakoo adalah SEO friendly, halaman checkout, notifikasi, perhitungan ongkir, tracking, support page builder dan sebagainya.

Dengan fitur ini kamu juga tidak perlu menyewa plugin ongkos kirim lagi, karena sudah include dengan theme yang kamu beli.

Astra

Astra

Top theme toko online selanjutnya adalah astra. Theme ini merupakan theme yang memiliki banyak tujuan dan sangat responsif. Astra sudah populer dengan kecepatan tema dan fitur yang beragam. Fitur yang utama dalah support, SEO friendly, demo siap impor, dan fitur drop-down and check out.

Theme ini bisa digunakan secara gratis dan terdapat versi premium yang sudah dikembangkan. Theme premiumnya memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki oleh theme gratis.

OceanWP

OceanWP

OceanWp merupakan salah satu theme terbaik dari toko online yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Theme oceanWP didesain khusus untuk diperuntukkan bagi ecommerce baik dari tersedia fitur lengkap bahkan peformanya sendiri.

Theme ini sudah dilengkapi dengan SEO friendly membuat lebih banyak disukai oleh banyak orang terutama pelaku bisnis. Beberapa fitur yang tersedia adalah page load cepat, responsive, cart popup, demo siap impor da ekstensi page builder. Theme atau template ini sudah tersedia secara gratis sehingga bisa dengan mudah digunakan oleh anda pelaku bisnis.

Storefront

Storefront

Theme terbaik yang bisa anda gunakan adalah storefront. Ini juga termasud theme yang bisa di download secara gratis. Template yang fleksibel ini sudah dikombinasikan dengan plugin yang ada di woocommerce. Keunggulan utamanya adalah memiliki markup skema yang dapat meningkatkan SEO dari website anda. Fitur lainnya adalah halaman yang responsive dan kustominasi mudah.

Theme storefront gratis bisa dibeli ekstensinya sehingga anda bisa lebih banyak fitur-fitur terbaiknya. Berbagai macam ekstensi akan membuat toko online anda lebih terlihat fungsional.

GeneratePress

GeneratePress

Top theme terbaik terakhir yang bisa anda gunakan untuk website toko online anda adalah generatepress. Ini theme gratis terbaik yang bisa meningkatkan penjualan dan website anda bisa bekerja dengan maksimal. Keunggulan utama dari generatepress adalah theme yang ringan dan peforma yang baik dari theme lainnya.

Fitur yang dilengkapi di generatepress adalah ringan, javascript, HTML, SEO friendly, demo impor, support page builder dan sebagainya. Selain memiliki versi gratis, anda bisa membeli veris premiumnya untuk membangun toko online yang lebih baik dan bisa meningkatkan branding serta penjualan.

Itulah 6 theme toko online terbaik dari wordpress menggunakan woocommerce yang ada di Indonesia baik versi gratis maupun premiumnya. Anda bisa menggunakan theme atau template tergantung dari kebutuhan merek produk anda.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!