9 Plugin Ongkos Kirim Untuk Toko Online Terbaik

Ongkir atau ongkos kirim merupakan salah satu pertimbangan penting untuk pelanggan saat melakukan pembelian secara online. Yang jelas pelanggan harus tahu biaya yang mereka butuhkan dalam mengirim produk dari penjual ke alamatnya. Nah, untuk anda yang memiliki toko online dan belum menyediakan fitur untuk pengecekan ongkos kirim yang otomatis, berikut berbagai plugin ongkos kirim gratis dan premium yang bisa anda pilih untuk toko online anda versi dosen online.

Plug and Ship by Shipper

Siapa yang belum tau shipper? atau baru tahu ketika melihat artikel ini?
Shipper.id merupakan layanan pengiriman satu gerbang untuk semua jenis ekspedisi, dengan ditambah jasa penjemputan barang dari rumah, toko ataupun gudang pengirim. Dengan menggunakan Shipper, kamu sudah tidak perlu lagi membawa barang ke agen logistik, karena shipper lah yang akan menjemput dan membawakan barang tersebut ke logistik yang digunakan.

Plug and Ship by Shipper

Plug and ship by shipper merupakan plugin Ongkos Kirim untuk WooCommerce (WordPress) dengan tarif ongkir dari banyak ekspedisi yang selalu up-to-date, dan bisa langsung buat & aktivasi order ke Shipper (khusus untuk merchat Shipper).

Plugin ongkir ini cocok untuk kamu yang ingin menggunakan fitur COD di toko online woocommerce, karena shipper juga terdapat fitur tersebut. Untuk harga ongkirnya juga sangat akurat, karena pengecekannya mulai berdasarkan kelurahan / desa.

IndoOngkir

Plugin IndoOngkir ini tidak menyediakan pilihan paket secara gratis atau trial. Sehingga untuk anda yang ingin sekali menggunakan plugin ini, anda harus mengeluarkan biaya untuk paket basic. Tidak hanya paket basic saja, namun IndoOngkir juga menyediakan dua pilihan paket lainnya, ada paket Extend dan paket Pro. Yang pasti semua pilihan paket yang disediakan oleh IndoOngkir tentunya menyediakan fitur yang sama.

Namun perbedaannya terletak pada kapasitas jumlah website yang dapat dipasangi oleh plugin. Paket basic batasannya yaitu satu website, untuk paket Extend dan Pro, masing-masing dibatasi lima hingga 10 website. Nah, fitur yang cukup menarik yang ditawarkan oleh IndoOngkir adalah anda dapat mengaktifkan kurir yang berbeda untuk wilayah berbeda seperti gambar dibawah ini :

IndoOngkir

Kamu juga bisa mendapatkan plugin IndoOngkir Gratis jika membeli Theme TokoPress.

Raja Ongkir

Saat membicarakan Raja Ongkir, hal pertama yang mungkin terlintas di pikiran anda yaitu aplikasi yang mungkin saja pernah anda gunakan ketika mengecek ongkos kirim atau mengecek resi di smartphone android. Tidak hanya tersedia untuk aplikasi smartphone saja, namun anda juga dapat menambahkan Raja Ongkir ini pada website toko online yang anda miliki.

Yang jelas Raja Ongkir akan memungkinkan anda menambahkan widget ongkos kirim pada website secara gratis. Nah, Raja Ongkir ini menyediakan dokumentasi API yang dapat digunakan dalam membuat aplikasi ongkos kirim atau plugin. Beberapa plugin ongkos kirim tentunya menggunakan dokumentasi API pada Raja Ongkir agar dapat menyediakan data ongkos kirim terbaik di Indonesia.

Plugin Ongkos Kirim (Tonjoo Studio)

Memang Tonjoo Studio ini sudah lama dikenal sebagai pengembang website hingga software terkemuka yang ada di Indonesia. Tidak hanya menyediakan jasa pengembangan website saja, namun Tonjoo Studio mengembangkan plugin WordPress juga. Salah satu plugin WordPress yang dikembangkan oleh Tonjoo Studio adalah plugin ongkos kirim. Awalnya plugin ongkos kirim juga menggunakan dokumentasi API yang berasal dari Raja Ongkir sebelumnya. Tetapi, kini plugin ongkos kirim ini sudah mandiri untuk mengembangkan dokumentasi API-nya.

Nah, plugin ongkos kirim ini tersedia ke dalam empat paket, ada basic, personal, developer, dan multi. Anda dapat memperoleh paket basic ini secara gratis. Fitur yang disediakan untuk paket basic ini sudah mencakup akses support forum, masa aktif selama 14 hari, berbagai pilihan kurir, dan free API ongkir hingga tingkat kecamatan. Untuk anda yang ingin memperpanjang masa aktifnya, maka anda dapat meningkatkan paket menjadi multi, developer, atau personal. Anda dapat meningkatkan paket plugin ini dengan biaya yang cukup terjangkau.

Ada beberapa fitur penting yang ditawarkan oleh plugin ongkos kirim ini. Pertama adalah plugin ongkos kirim menyediakan shipping report yang digunakan untuk semua pengiriman pada toko online anda. Yang kedua, plugin ini juga menyediakan fitur berupa kupon diskon. Dan yang ketiga adalah plugin ongkos kirim tersedia ke dalam bahasa Inggris yang memungkinkan anda menyediakan berbagai pilihan kurs. Pastinya fitur yang satu ini sangat bermanfaat untuk anda yang ingin mengelola toko online yang melayani pelanggan dari luar negeri.

OngkosKirim.ID

Plugin yang satu ini juga menyediakan versi gratis seperti halnya plugin ongkos kirim oleh Tonjoo Studio. Namun berbeda dengan plugin Tonjoo Studio yang gratisnya hanya berlaku sampai 14 hari saja, tentunya versi gratis dari OngkosKirim.ID memiliki masa aktif yang berlaku selamanya.

Namun versi gratis dari OngkosKirim.ID ini memiliki batasan, yaitu pilihan kurirnya yang terbatas. Anda bisa melakukan upgrade ke akun premium ketika merasa fitur yang disediakan pada versi gratis ternyata tidak mencukupi kebutuhan anda.

Epeken

Nah sama seperti IndoOngkir, Epeken ini juga tidak menyediakan plugin versi gratis. Tetapi anda dapat mencoba demo plugin untuk ongkos kirim Epeken ini di halaman demonya. Untuk membayar pluginnya, Epeken menyediakan dua cara, ada yang per bulan dan per tahun.

Tentu saja pilihan paket pembayaran untuk per bulan bermanfaat untuk anda yang ingin sekali mencobanya terlebih dahulu. Selain itu, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, lho!

WooCommerce JNE Shipping

Untuk anda yang ingin menawarkan satu jasa ekspedisi saja, maka anda dapat memilih WooCommerce JNE Shipping. Tentunya plugin ini tersedia ke dalam tiga versi, ada JNE Free, JNE Exclusive, dan JNE Full. JNE memungkinkan anda menyediakan pilihan pengiriman dengan JNE Regular.

Anda terlebih dahulu harus melakukan upgrade pada versi JNE Exclusive atau JNE Full jika ingin mendapatkan lebih banyak fitur. Nah, beberapa pilihan fitur premium yang disediakan seperti pilihan jenis pengiriman, penghitungan berat, WooCommerce JNE Tracking, widget cek ongkir, terintegrasi terhadap WooCommerce POS Shipping, dan masih banyak lagi lainnya.

Woongkir

Woongkir merupakan plugin ongkos kirim yang tentunya sudah support terhadap 15 kurir domestik Indonesia hingga 5 kurir internasional. Untuk harganya sendiri, plugin ini gratis. Tetapi perlu digarisbawahi bahwa plugin ini menggunakan API yang berasal dari Raja Ongkir. Dengan begitu, agar bisa menggunakannya, maka anda membutuhkan API ini dari Raja Ongkir yang pastinya bisa diperoleh secara gratis.

Selain itu, Woongkir memiliki support yang memang dapat diandalkan agar bisa memperoleh harga kurir lokal Indonesia. Woongkir pun dapat mengalkulasi harga sesuai berat kiriman dan dimensinya. Ketika anda memilih plugin ini, maka pengirim dapat menghitung estimasi pengiriman serta barang tersebut diterima dari pihak yang lain. Woongkir juga bisa membandingkan harga dari kurir yang satu dengan yang lain. Sekaligus dapat mengkonversi Rupiah ke Dollar untuk pengiriman dengan kurir internasional.

Plugin Shipping (AgenWebsite)

Pernahkah anda mendengar AgenWebsite? Ya, AgenWebsite merupakan website yang menjual berbagai pilihan plugin yang memang dikhususkan untuk toko online yang ada di Indonesia. Tentunya ada banyak sekali plugin yang akan melancarkan penjualan online anda. Jika di penyedia plugin yang lain, semua pilihan kurirnya akan dijadikan satu ke dalam satu plugin, namun pada AgenWebsite ini setiap kurirnya akan dibuatkan plugin sendiri-sendiri walaupun dapat saling terintegrasi.

Nah, karena dipisah-pisah ini membuat plugin ongkos kirimnya terlihat mahal. Namun untungnya AgenWebsite.com menawarkan berbagai pilihan paket yang komplit. Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh AgenWebsite juga mendukung penghitungan ongkos kirim di halaman cart, memiliki fitur mengirim resi secara otomatis kepada pelanggan, mendukung penghitungan volume metrik, dan sebagainya.

*****

Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai berbagai plugin ongkos kirim untuk toko online yang anda miliki.

Terakhir di Update 27 Juni 2021

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!