7 Rekomendasi Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

5/5 - (2 votes)

Meskipun tinggal di desa bukan berarti Anda tak bisa mengambangkan usaha. Apalagi, teknologi komunikasi digital kini berkembang semakin pesat untuk memaksimalkan promosi yang bisa membuat usaha cepat berkembang. Tapi, bangun usaha apa ya? Berikut 8 rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

Rekomendasi Usaha yang cocok untuk Pemula di Pedesaan

Setiap desa mempunyai potensi sumber daya alam dan budaya yang berbeda-beda. Anda bisa memanfaatkannya untuk membangun usaha khas daerah yang bernilai daya jual tinggi. Jika bingung ingin terjun di bisnis apa, coba ikuti rekomendasi usaha di pedesaan berikut ini.

Budidaya Sayur dan Buah-Buahan Organik

Bagi Anda yang tinggal di daerah pedesaan yang subur punya peluang bisnis bagus dalam bisnis pertanian. Anda bisa memanfaatkan lahan dataran tinggi untuk menanam berbagai jenis sayur dan buah-buahan segar. Lalu menjualnya ke pasar tradisional atau bahkan menyuplai kebutuhan pabrik.

Dengan packaging yang higienis dan menarik, sayur dan buah-buahan yang Anda jual pun bisa laku lebih mahal. Apalagi jika Anda menanamnya secara organik tanpa menggunakan pupuk buatan atau kontaminasi zat kimia lainnya.

Saat ini tingkat kesadaran masyarakat terhadap kesehatan juga semakin meningkat, sehingga lebih memilih produk-produk organik. Khususnya untuk memenuhi sayur dan buah-buahan sehari-hari.

Coba menggeluti usaha ini dengan meningkatkan kualitas branding secara maksimal. Maka, bukan hal tak mungkin Anda berkesempatan menjual sayur dan buah hasil panen ke berbagai supermarket. Anda pun bisa mendapatkan hasil keuntungan lebih tinggi.

Budidaya Ikan

Rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan berikutnya yaitu dengan budidaya ikan atau hewan ternak. Sama halnya dengan sayur dan buah-buahan, banyak orang membutuhkan daging ikan sebagai makanan pokok sehari-hari.

Modalnya pun tak terlalu besar. Bahkan, hanya dengan 2 jutaan Anda bisa memulai budidaya ikan. Tak heran, jika usaha ini sering masuk dalam daftar rekomendasi bisnis di kampung modal 2 juta.

Sebagai permulaan, coba pelihara ikan atau hewan ternak yang mudah perawatannya. Misalnya, budidaya ikan nila, mas, lele, mujair, atau gurame. Anda bisa mendapatkan pakan ikan tersebut lebih mudah dan waktu panennya pun relatif lebih cepat.

Pastikan Anda melakukan perawatan secara rutin. Mulai dari memberikan pakan hingga membersihkan area kolam secara berkala. Sehingga menghasilkan budidaya ikan lebih banyak dan sehat. Anda pun bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Bisnis Daur Ulang Sampah

Jika Anda mencari rekomendasi usaha di desa dengan modal kecil dan belum banyak pesaing, maka daur ulang sampah adalah solusinya. Apalagi, jumlah sampah terus meningkat dan tak banyak orang yang bersedia mendaur ulangnya.

Padahal, dengan proses daur ulang secara tepat, sampah-sampah tersebut bisa menjadi produk bernilai jual tinggi. Misalnya saja, daur ulang sampah organik menjadi pupuk kompos. Atau daur ulang popok bayi menjadi aneka pot, vas bunga, dll.

Begitu juga dengan sampah plastik yang sulit terurai. Anda bisa menyulapnya menjadi beragam jenis tas cantik atau kerajinan tangan lainnya. Sebagai referensi, Anda bisa mencari tutorial daur ulang sampah yang ada di internet dan coba praktekkan di rumah.

Jika sudah mahir melakukannya, Anda bisa langsung membuka bisnis daur ulang sampah di tempat tinggal Anda. Ajak teman dan tetangga terdekat untuk memilah sampah rumah tangga mereka dan memberikannya pada Anda sebagai bahan produk daur ulang.

Menjual Kerajinan Tangan

Rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan selanjutnya yaitu dengan menjual berbagai jenis kerajinan tangan. Kalau ide usaha yang keempat ini tidak terbatas pada bahan dari sampah saja. Jadi, Anda bisa lebih leluasa dalam berkreasi.

Misalnya, menjual kerajinan anyaman, ukiran kayu, kerajinan tanah liat, dll. Tinggal sesuaikan dengan potensi sumber daya alam di desa dan keterampilan yang Anda miliki. Lalu jual ke galeri seni, toko oleh-oleh, atau jual secara mandiri melalui media sosial dan marketplace online.

Ingat, meski tinggal di desa, jangan terpaku menyara target pasar dari kalangan orang-orang desa saja. Dengan memanfaatkan internet, Anda juga bisa mendapatkan pelanggan dari luar daerah Anda. Sehingga berpotensi meraih keuntungan lebih banyak.

Usaha Makanan Khas

Cireng

Dengan usaha modal 500rb Anda bisa berbisnis jenis makanan ini. Saat ini banyak anak muda yang mengembangkan makanan khas daerah setempat dengan inovasi terbaru yang lebih modern dan kekinian. Misalnya, menyulap kue serabi yang dulunya polosan dengan banyak varian topping penggugah selera.

Atau menyulap keripik singkong biasa dengan pilihan bumbu yang lebih variatif, seperti rasa balado, BBQ, hingga rasa cokelat atau keju. Tingkat kepedasan ekstra juga menjadi salah satu inovasi camilan yang kini semakin populer dan memiliki banyak penggemar.

Anda pun bisa menggeluti bisnis yang satu ini di desa tempat tinggal Anda. Pilih salah satu makanan khas daerah, dan coba tambahkan inovasi resep yang menarik. Jangan lupa juga menggunakan packaging kekinian agar lebih banyak konsumen yang tertarik untuk membelinya.

Untuk penjualannya sendiri bisa Anda lakukan secara offline maupun online. Misalnya dengan membuat outline tersendiri di rumah dan menitipkannya ke toko oleh-oleh terdekat. Sedangkan untuk penjualan online melalui media sosial dan marketplace online.

Membangun Wisata Desa

Jika desa Anda berpotensi menjadi destinasi wisata, tak ada salahnya membangun sebuah objek wisata komersial untuk wisatawan luar. Untuk ide usaha ini Anda perlu kerja sama dengan banyak orang, khususnya perangkat desa.

Tapi jika ingin lebih praktis, coba bangun objek wisata dengan spot foto yang menarik. Manfaatkan keindahan alam setempat sebagai latar belakang foto. Lalu sediakan juga fasilitas tempat makan yang menarik, sehingga menambah pundi-pundi penghasilan.

Saat ini banyak orang mulai melirik bidang usaha ini, dengan cara membangun kafe-kafe instagramable di pedesaan. Atau membuka wisata desa yang mengangkat kearifan lokal dan budaya khas desa setempat. Misalnya, dengan menawarkan paket wisata jelajah desa, dll.

Mendirikan Agen Wisata Desa

Jika membangun objek wisata sendiri terlalu mahal, Anda bisa mendirikan agen wisata desa sebagai alternatif. Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan ini tidak memerlukan modal usaha yang terlalu besar. Tapi berpeluang menghasilkan laba yang menguntungkan.

Anda cukup memperbanyak relasi dan kerja sama dengan para pengusaha yang relevan di bidang pariwisata. Jalin kerja sama dengan para pemilik wisata, hotel, tempat penginapan, tempat makan, toko oleh-oleh, serta travel atau jasa sewa kendaraan.

Tujuannya yaitu mendapatkan harga termurah dari para pengusaha tersebut. Sehingga Anda bisa menawarkan harga paket wisata yang lebih murah untuk pelanggan. Mulai dari transportasi, akomodasi, hingga pilihan destinasi wisata.

Jika sudah merancang paket wisata Anda sendiri, promosikan paket tersebut ke website dan berbagai media sosial. Selain mendapatkan keuntungan dari wisatawan, Anda juga berpotensi mendapat komisi dari para pengusaha yang bekerjasama dengan Anda.

Jika bingung ingin membuka bisnis apa di desa, coba pertimbangkan rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan di atas. Selain memanfaatkan potensi desa, berbagai ide usaha tersebut juga menawarkan keuntungan yang menjanjikan untuk jangka panjang.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!