Cara Mengganti Theme WordPress

Setelah install wordpress, untuk Anda yang ingin penampilan webnya terlihat lebih mengesankan, maka Anda perlu tahu bagaimana Cara mengganti theme WordPress yang akan kami bahas dalam artikel ini. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah ulasannya.

Apa yang dimaksud dengan Theme WordPress?

Sebelum kita belajar mengenai cara mengganti tema dari WordPress yang Anda miliki, maka kita ketahui terlebih dahulu apa itu tema dan apa fungsi utama dari tema di WordPress Anda. Tema WordPress adalah sebuah perangkat pelengkap dari WordPress yang digunakan untuk memberikan sentuhan artistik pada tampilan WordPress yang Anda miliki.

Tanpa adanya tema, website WordPress yang Anda miliki akan terasa hambar dan tidak menarik. Jadi tujuan utama dari penggunaan tema ini adalah untuk meningkatkan daya tarik dari website dari banyak aspek.

Yang termasuk dalam editing theme ini antara lain adalah :

  • Warna utama
  • Gradasi warna
  • Font
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apa Saja manfaat dan Fungsi dari Theme WordPress?

fungsi theme WordPress

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fungsi utama dari theme WordPress adalah untuk membuat website menjadi lebih menarik sehingga calon konsumen yakin dengan bisnis yang Anda miliki. Pasalnya dengan memberikan theme pada WordPress Anda, website yang Anda miliki menjadi lebih menawan dan lebih terkesan profesional.

Selain itu, masih ada manfaat menggunakan theme untuk website WordPress Anda. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini ulasannya.

  • Meningkatkan fungsionalitas dari tema WordPress Anda

Salah satu kelebihan dari theme WordPress adalah dapat memberikan fungsionalitas yang lebih besar pada website Anda. Hal ini disebabkan karena beda tema, maka beda pula jenis plugin yang bisa Anda masukkan di sana. Hal ini bisa membuat fungsionalitas website Anda menjadi lebih baik karena Anda bisa menambah plugin untuk website Anda di WordPress.

  • Pembangunan website menjadi lebih cepat

Jika Anda ingin mendesain sendiri tampilan website Anda memang tidak masalah. Akan tetapi jika Anda ingin segera menggunakan website Anda dan ingin website Anda cepat selesai, maka sangat menggunakan theme WordPress bisa membantu pekerjaan Anda lebih cepat diselesaikan.

  • Mengikuti tren

Salah satu alasan mengapa menggunakan tema WordPress bisa menguntungkan adalah karena tema WordPress dibuat dengan mengikuti tren. Hal ini membuat website Anda menjadi lebih menarik bagi calon konsumen Anda.

Selain itu, masih ada banyak sekali kelebihan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengetahui Cara mengganti theme WordPress. Lalu bagaimana cara untuk menggantinya? Berikut ini adalah ulasannya.

Cara mengganti theme WordPress

Untuk Anda yang ingin menggunakan tema WordPress atau sudah menggunakannya dan ingin menggantinya sesuai dengan kebutuhan, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Masuk ke menu Tampilan
  2. Setelah itu, pilih Tema yang ada di sidebar sebelah kiri halaman admin panel WordPress Anda.
    mengganti theme WordPress
  3. Klik Tambah Baru
  4. Anda bisa pilih theme WordPress mana yang paling cocok dan paling ingin Anda gunakan dengan mengarahkan kursor Anda pada salah satu pilihan tema. Jika hanya untuk blog, saya sarankan untuk memilih tema Blocksy.
    install theme wordpress gratis
  5. Klik tombol Install kemudian klik Aktifkan untuk mengganti tema WordPress yang Anda miliki dengan tema baru yang Anda inginkan.
  6. Langkah terakhir adalah melihat ke halaman homepage untuk memastikan bahwa tema yang Anda pilih sudah aktif di halaman utama Anda tersebut.

Ketika Anda akan mengganti tema di WordPress Anda, Anda sesungguhnya bisa memilih apakah Anda ingin menggunakan tema yang gratis atau tema yang berbayar. Jika Anda ingin menggunakan tema yang gratis mungkin Anda akan mendapatkan keuntungan berupa biaya pembuatan website yang lebih minim.

Sayangnya menggunakan tema yang gratis tidak bisa membuat website Anda terlihat mirip dengan website bisnis orang lain atau bahkan kompetitor bisnis Anda.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat website untuk bisnis, lebih disarankan untuk membeli tema yang berbayar sehingga pengguna tema tersebut tidak banyak. Ada banyak juga tema toko online premium yang bisa teman-teman gunakan.


Nah demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai tema WordPress dan Cara mengganti theme WordPress yang bisa Anda ikuti semoga bisa membantu mempermudah masalah penggantian tema WordPress yang Anda alami ya!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!