Cara Install WordPress di Hosting Cpanel Lengkap

Sebelum membuat website toko online menggunakan woocommerce, langkah awal yaitu membeli hosting dan domain, setelah itu lanjut installasi web. Bagaimana cara install WordPress ? Berikut ini adalah ulasan mengenai fungsi dan cara untuk melakukan instalasi WordPress.

Apa saja penggunaan dari WordPress?

WordPress adalah salah satu CMS atau Content Management System yang memiliki sifat open source. CMS ini sangat populer karena memiliki banyak kelebihan. Popularitas dari CMS ini salah satunya disebabkan karena instalasinya sangat mudah.

Selain instalasinya yang mudah, WordPress juga menawarkan banyak hal menarik lainnya. Salah satunya adalah kemudahan melakukan kustomisasi dan masih banyak lagi yang lainnya yang akan dibahas tersendiri dibahas selanjutnya.

Lalu apa fungsi dari WordPress ini? WordPress ini banyak digunakan untuk membuat blog yang digunakan untuk pemasaran atau bisa juga digunakan untuk membuat website untuk promosi. Menggunakan WordPress untuk website dapat memberikan banyak keuntungan karena selain mudah juga bebas biaya!

Keuntungan menggunakan WordPress

Keuntungan WordPress

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan WordPress untuk website atau blog Anda. Keuntungan ini antara lain :

  • Sangat populer

Salah satu alasan mengapa menggunakan WordPress dapat memberikan banyak keuntungan adalah mengenai popularitas dari WordPress tersebut. WordPress adalah CMS yang digunakan secara luas di seluruh penjuru dunia.

Popularitas dari CMS WordPress ini menjadi sebuah jaminan bahwa CMS ini memang bisa diandalkan dan memiliki keamanan yang terjamin. Jaminan kualitas yang dimiliki oleh CMS ini membuat Anda yang ingin membuat website dengan menggunakan CMS ini tidak perlu ragu lagi.

  • Sangat fleksibel

Kelebihan atau keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan WordPress sebagai CMS untuk website Anda adalah fleksibilitas yang dimiliki oleh CMS ini. WordPress merupakan sebuah CMS yang sangat fleksibel sehingga Anda bisa mengubah dan menambah aspek apapun yang Anda inginkan di website Anda.

Mulai dari tema, background, tulisan dan juga menambahkan widget yang unik sesuai dengan kebutuhan Anda semuanya bisa dilakukan dengan menggunakan CMS WordPress ini. Dengan begitu Anda bisa membuat website seunik apapun yang Anda inginkan.

  • Bisa digunakan siapapun

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, WordPress adalah salah satu CMS yang populer dengan kemudahan instalasi yang dimilikinya. Cara install WordPress yang mudah ini membuat WordPress bisa digunakan oleh siapa saja yang ingin menggunakannya.

Bahkan jika Anda adalah orang yang baru pertama terjun dalam dunia teknologi, belajar melakukan instalasi untuk WordPress bisa sangat mudah untuk dilakukan.

Sangat mudah digunakan lagi apabila kamu menggunakan theme toko online yang fiturnya lengkap.

  • Maintenance cost yang murah

Selain bebas biaya untuk instalasinya, hal lain yang membuat penggunaan WordPress sebagai CMS juga menarik dari segi biaya perawatannya. Biaya perawatan dari WordPress ini sangat rendah sehingga tidak membebani keuangan Anda.

Cara Install WordPress di Hosting Cpanel

Menggunakan Aplikasi Softaculous Auto Installer

Softaculous merupakan aplikasi auto installer yang terdapat di cpanel Hosting untuk mempermudah user dalam menginstal aplikasi, mulai dari wordpress, prestashop, joomla dan cms lainnya.

Berikut ini cara installnya :

  1. Login ke Cpanel dari hosting kalian
  2. Scroll kebawah pada bagian software dan Klik > Softaculous Apps Installer
    Softaculous di Cpanel
  3. Pada dashboard utama terdapat Top Script dan WordPress ada dipaling atas. Arahkan kursor ke WordPress dan klik InstallSoftaculous Apps Installer
  4. Pilih domain yang akan Anda install dan jangan lupa hapus directory jika ingin install di domain utama.Install WordPress
  5. Masukkan judul website beserta deskripsinya dan juga akun adminnya.
  6. Klik tombol Install paling bawah jika sudah selesai semuanya.

Selesai, sekarang kamu sudah berhasil install wordpress pada website kamu.

Cara Manual

Bagaimana sangat menarik bukan WordPress ini? Untuk Anda yang tertarik untuk menggunakan WordPress, maka Anda perlu tahu bagaimana cara melakukan instalasi WordPress ini. Untuk bisa melakukan instalasi WordPress ini, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.

  1. Unduh package WordPress
    Hal pertama yang harus dilakukan dalam melakukan instalasi WordPress adalah mengunduh package WordPress terlebih dahulu. Untuk mengunduh package WordPress ini Anda bisa melakukannya dengan membuka halaman utama dari WordPress terlebih dahulu di sana atau bisa langsung klik link ini > wordpress.org/download
  2. Buat database
    Langkah kedua yang harus dilakukan untuk melakukan instalasi WordPress adalah dengan membuat database. Database ini nantinya digunakan untuk website server website Anda. Selain membuat database, Anda juga harus membuat user dan privilege yang mereka miliki di website Anda.
  3. Upload file WordPress
    Setelah itu, Anda bisa upload file WordPress di tempat yang Anda inginkan. Pada umumnya file WordPress ini diupload pada web server yang sudah dan buat sebelumnya.
  4. Jalankan script WordPress
    Langkah instalasi terakhir dalam melakukan instalasi WordPress adalah menjalankan script WordPress di halaman browser Anda dengan mengetikkan URL yang sudah Anda tentukan sebelumnya. URL ini ditentukan dari tempat Anda melakukan instalasi.

Bagaimana sangat mudah bukan melakukan instalasi WordPress ini? yang paling gampang yaitu dengan menggunakan aplikasi softaculous, kamu bisa membuatnya bahkan tidak sampai 3 menit.

Semoga informasi Dosen Online mengenai Cara install WordPress ini dapat memberikan pengetahuan lebih dalam untuk pekerjaan Anda ya!

Terakhir di Update 27 Juni 2021

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!