8 Cara Cek Plagiasi Melalui Situs Online, Ternyata Mudah!

5/5 - (2 votes)

Mengetahui cara cek plagiasi dibutuhkan untuk mengurangi resiko dugaan plagiarisme untuk penulis. Melakukan pembuatan artikel sebenarnya tidak mudah, terutama menentukan topik artikel, tetapi sebagai penulis profesional, tentu saja kualitas menulis selalu merupakan yang utama. Terutama jika pekerjaan Anda terbukti melakukan plagiasi, nama baik Anda adalah taruhan.

Cara Cek Plagiasi di 8 Situs Online

Teknis cek plagiasi dalam bentuk karya tulis memang cukup sulit dilakukan karena acuannya yang memang sulit diperoleh. Waktu yang diperlukan untuk melakukan pemeriksaan juga cukup lama, karena situs memastikan terlebih dulu sumber atau tulisan mana yang diambil.

Saat ini semakin banyak jurnal bereputasi serta terakreditasi yang mudah diakses. Aplikasi dan situs cek plagiarisme ini tentu saja bisa memberi bermanfaat untuk karya ilmiah, agar lolos dari plagiarisme. Jika Anda membangun situs toko online, usahakan deskripsi produknya unik dan tidak asal copas supaya SEOnya bagus di search engine.

Berikut daftar situs online yang bisa Anda gunakan untuk mengecek plagiasi dari dosen online.

Plagiarismdetector.net

Situs Plagiarism Detector adalah situs web yang dapat digunakan untuk menentukan bagaimana penulis menulis teks yang sama. Situs web ini hanya dapat memeriksa dengan salinan di kolom pencarian (URL). Anda juga bisa menyalin tulisan di kolom yang sudah disediakan.

Bagi Anda yang ingin menggunakannya secara gratis hanya atas maksimum 1.000 kata dapat diperiksa. Jadi Anda harus melakukannya tanpa melakukannya untuk seribu kata. Sangat cocok untuk siswa yang bekerja pada tugas.

Copyscape

Aplikasi ini juga merupakan aplikasi dalam bentuk situs web yang dapat kita gunakan sebagai cara cek plagiasi. Selain keunggulan penulisan deteksi pendidikan, copyscape juga dapat digunakan sebagai alat deteksi situs web yang ditentukan oleh plagiarisme.

Hanya saja, untuk memanfaatkan fitur ini, Anda perlu menggunakan versi berbayar, sedangkan versi gratis hanya dapat menggunakan fungsi Mode Kontrol Navigasi.

Jika Anda memiliki pesan yang diunduh di situs web, salin alamat situs web dan rekatkan ke area “Pencarian” saat ini. Lalu klik “Go”. Setelah itu, sebuah halaman muncul bahwa tautan adalah sumber plagiarisme. Jika Anda ingin fitur yang lebih kompleks, Anda dapat menggunakan versi premium.

Smallseotools.com

Cara cek plagiasi selanjutnya adalah Small SEO Tools. Jika tes plagiarisme lain hanya memiliki beberapa format yang dapat diverifikasi, alat referensi kecil menyediakan format format yang dapat diverifikasi atau diunduh untuk mencari.

Ada orang yang menyediakan file sebagai doc, txt, docx, PDF ke ODT. Keuntungan lain dari alat ini adalah, memiliki fasilitas pelaporan.

Di mana Anda dapat melaporkan pengguna yang telah terbukti menjadi tulisan Anda. Small SEO tools ada juga versi gratisnya, yang mana mampu memeriksa setidaknya 1.000 kata per pencarian.

Duplichecker.com

Pemeriksa duplichecker ini menawarkan tiga opsi verifikasi serta pemeriksa plagiarisme. Bagi yang mengaksesnya secara gratis, Duplichecker layaknya pemeriksa plagiarism hanya bisa mengecek hingga seribu kata dalam teks yang disalin.

Jika tidak ingin repot menyalin, Duplichecker juga menyediakan kemampuan untuk mengunduh file langsung dengan memasukkan url untuk mengetahui konten apa yang digunakan. Hasil akan menunjukkan persentase kesamaan atau persentase keaslian dan keunikan artikel Anda.

Copyleaks.com

Situs ini adalah salah satu situs web yang dirancang untuk menguji konten eLearning di internet dan salah satu cara cek plagiasi skripsi dan karya ilmiah lain.

Selain digunakan untuk dunia pendidikan, situs ini juga digunakan oleh seorang wirausahawan. Untuk orang-orang yang bekerja pada tesis, surat kabar dan lain lain dapat diperiksa di situs ini.

Garansi, keraguan dan kekhawatiran tentang plagiarisme diselesaikan di sini. Sayangnya, jika Anda ingin melakukannya secara gratis, maksimum hanya dapat memeriksa 10 halaman. Tidak dapat melebihi 10 halaman.

Unicheck

Unicheck dapat digunakan secara real time. Penggunaan cukup sederhana untuk menyalin paste teks untuk diperiksa. Keuntungan Unicheck lainnya adalah, dapat memeriksa banyak halaman teks.

Unicheck dapat digunakan untuk menganalisis 16 miliar halaman, termasuk pemindaian dari Bing dan Google. Unicheck belum dapat diakses oleh semua orang. Hanya orang yang mau membayar. Mungkin Anda ingin tahu, berapa biaya pembayaran total? Ya, total 15 dolar AS per bulan.

Plagtracker

Cara cek plagiasi selanjutnya yaitu menggunakan plagtracker. PlagTracker adalah situs web yang menyediakan alat verifikasi posisi penuh. Tetapi fungsi lengkap disediakan gratis atau Anda harus menggunakan layanan premium dari Plagtracker.

Layanan yang tersedia yakni seperti laporan cepat, verifikasi tata bahasa, laporan formulir PDF, verifikasi basis data, dapat memeriksa beberapa file.

Situs web ini adalah penyedia layanan verifikasi kejuruan profesional. Sebuah tim profesional yang tersedia akan memeriksa konten Anda. Tim yang diusulkan akan memeriksa kesalahan sintaksis, tata bahasa, dan alur (jika ada)

Meskipun layanan ini berbayar, Anda tidak perlu khawatir karena PlagTracker juga memiliki layanan gratis yang dapat Anda manfaatkan. Faktanya, sementara layanan pengecekan plagiarisme lainnya dibatasi hingga 1000 kata, di PlagTracker Anda dapat memeriksa hingga 5000 kata.

Plagscan

Cara mengecek plagiasi berikutnya adalah menggunakan Plagscan. Anda hanya perlu melakukan beberapa klik untuk memverifikasi keaslian teks. Laporan verifikasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin PDF yang mudah dicetak atau ingin berkolaborasi dengan orang lain melalui laporan di browser Anda, Anda bisa mendapatkan semuanya melalui PlagScan. Meskipun target pengguna adalah akademisi, Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa konten situs web sebelum dipublikasikan.

Layanan gratis akan tersedia setelah melakukan pembayaran. Setelahnya, Anda dapat menggunakan situs ini secara reguler. Ada empat opsi pengguna yang dapat dipilih; sekolah (sekolah), pendidikan tinggi (pendidikan tinggi) dan bisnis (perusahaan).

Tips Memilih Situs untuk Cek Plagiasi Online

Tips Memilih Situs untuk Cek Plagiasi Online

Banyaknya situs cek plagiasi yang beredar tentu sangat membantu penggunanya. Hanya saja untuk mendapatkan hasil yang terbaik, sebaiknya menggunakan situs yang tepat. Berikut tips memilih situs plagiasi yang tepat.

Pilih Situs yang Dikenal Dapat Dipercaya

Saran pertama ketika memilih situs pemeriksa anti plagiarisme online adalah mencari situs yang dikenal dan dikenal dapat dipercaya. Bagaimana cara mengetahuinya? Hal ini bisa dilihat dari alamat website, uptime, user rating, hasil verifikasi, dll.

Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa situs menunjukkan hasil yang dapat diandalkan. Karena jika proses seleksi situs web, tentu saja mungkin ada hasil verifikasi yang kurang akurat.

Akses Mudah

Pernah bertemu dengan situs uji plagiarisme online yang diproses unduhan sangat panjang? Beberapa situs web cukup berat, jadi perlu menambahkan kesabaran untuk menunggu semua halaman yang sempurna di layar desktop dan smartphone.

Namun masih ada lebih banyak plagiarisme memverifikasi sebenarnya. Situs seperti ini dapat digunakan sebagai prioritas untuk kontrol yang lebih efisien. Pada saat yang sama, tidak perlu menggunakan kesabaran bahkan jika internet tidak sehat.

Gratis

Situs untuk memeriksa plagiarisme dalam karya pratulis datang dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Yang mana yang bagus?

Jika Anda diminta untuk memilih, Anda lebih baik membayar. Kabarnya bahwa pengujian melibatkan lebih banyak artikel dan situs web, sehingga hasilnya lebih akurat.

Namun, ini tidak berarti bahwa situs pengecekan plagiarisme gratis itu buruk. Ada banyak hal baik, dan jika tidak memeriksa setiap hari, versi gratis ini selalu dapat digunakan. Oleh karena itu, terlepas dari cara menggunakan situs  kontrol plagiarisme gratis dalam proses garansi prestise.

Banyak Orang Merekomendasikan

Jika masih dengan enggan menggunakan salah satu situs uji online, maka pertimbangkan rekomendasi. Setelah itu, jadikan prioritas yang paling disarankan.

Mengapa? Karena itu sangat penting untuk memilih situs yang menyediakan layanan jenis ini, dan jika satu atau lebih situs digunakan secara luas. Dengan demikian, ini menunjukkan keandalannya bersama dengan manfaat lain yang ditawarkan.

Demikian beberapa cara cek plagiasi online yang dapat diterapkan. Anda bisa memilih situs mana yang Anda percaya. Jangan sampai karya Anda dituduh melakukan plagiasi ya.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!