Audit Instagram: 4 Hal yang Perlu Anda Fokuskan

5/5 - (4 votes)

Jika Anda seorang brand atau Instagram Influencer, Anda tahu betapa dinamisnya platform tersebut. Oleh karena itu, masuk akal untuk mengubah strategi Instagram Anda sekarang dan nanti. Kemungkinan Anda mengalami lebih sedikit keterlibatan dari pengikut Anda saat ini, dan Anda bertanya-tanya apa yang salah. Jika strategi Anda saat ini tidak berhasil, Anda akan merasa kesulitan untuk memenuhi tujuan bisnis Anda.

Sebelum mengembangkan strategi baru, saatnya Anda melakukan Audit Instagram. Lagi pula, Anda tidak ingin menempatkan upaya dan sumber daya Anda ke dalam metrik yang salah. Audit Instagram memeriksa akun merek Anda dari semua sudut. Lakukan audit daripada berspekulasi apakah keterangan atau estetika desain memerlukan perbaikan. Menelusuri akun IG Anda secara menyeluruh dapat mengungkapkan area yang perlu ditingkatkan.

Jika Anda belum pernah melakukan Audit Instagram sebelumnya, teruslah simak artikel dari dosen online ini untuk memahami cara melakukannya. Sebaiknya lakukan audit serupa untuk akun media sosial Anda yang lain.

Tetapkan Key Performance Indicators (KPI) Anda

Key Performance Indicators

Menjalankan akun bisnis Instagram seperti menjalankan setiap aktivitas bisnis lainnya. Waktu Anda mungkin diinvestasikan di tempat lain jika Anda tidak memiliki alasan untuk menggunakan Instagram. Inilah mengapa penting untuk menetapkan Key Performance Indicators atau dalam bahasa Indonesia biasanya disebut Indikator Kinerja Utama (IKU). Idealnya, Anda telah memilih tujuan khusus untuk perusahaan Anda. Setiap kali Anda melakukan tinjauan atau audit terhadap operasi bisnis, pastikan itu membantu kemampuan Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda secara keseluruhan.

Sebagian besar waktu, Anda akan menggunakan akun Instagram Anda sebagai bagian dari kampanye pemasaran untuk perusahaan Anda. Akibatnya, Anda juga harus memastikan bahwa perilaku Instagram Anda selaras dengan tujuan pemasaran Anda. Dengan kata lain, Anda ingin keterlibatan Instagram Anda mendukung strategi promosi Anda, yang membantu seluruh tujuan perusahaan Anda. Misalnya, memposting foto diri Anda dan teman minum Anda di akun Instagram resmi Anda tidak sesuai dengan keinginan Anda untuk menampilkan diri sebagai seorang profesional. Demikian pula, jika Anda memiliki tujuan pemasaran untuk terus menggunakan identitas merek Anda tetapi gagal melakukannya di halaman Instagram Anda, Anda tidak mencapai tujuan Anda.

Analisis Branding, Estetika, dan Desain Instagram Anda

Analisis Branding

Apa pendapat pemirsa ketika mereka pertama kali membuka halaman untuk akun Instagram Anda? Lihatlah halaman profil Anda secara menyeluruh, untuk memulai. Cobalah untuk menempatkan diri Anda pada posisi pengunjung. Tautan mana yang Anda klik pada awalnya, dan di mana Anda mulai mencari? Apakah itu cukup menggambarkan apa yang dilakukan merek Anda? Semuanya dari Sorotan akun Anda dan di atasnya disertakan di profil Anda. Dan ketika seseorang mengunjungi halaman profil Anda, salah satu hal pertama yang mereka lihat adalah bio Anda. Pastikan nama dan nama pengguna Anda konsisten dengan merek Anda sebelum hal lain. Hasil pencarian di Instagram menggunakan kedua variabel tersebut.

Periksa semua aspek Instagram profile, seperti profil Anda, skema warna pilihan, bahasa yang digunakan, jenis gambar yang diposting, keterangan, tagar, dan interaksi pengikut Anda. Anda ingin semuanya mencerminkan merek Anda dan berbicara dengan nada yang Anda inginkan. Pada akhirnya, Anda ingin halaman Instagram Anda memiliki estetika yang sama dengan platform lain yang digunakan bisnis Anda untuk promosi. Seorang calon pengikut harus dapat dengan cepat menentukan dengan melihat akun Anda siapa Anda, apa yang Anda perjuangkan, dan jenis barang yang Anda berikan.

Periksa Kualitas Konten Anda dan Relevansinya

Kualitas Konten

Instagram adalah platform visual; dengan demikian, relevansi dan kualitas konten sangat penting. Teks Anda tidak akan dilihat jika Anda tidak membuat konten yang berharga. Apakah Anda menggunakan foto dan video berkualitas tinggi? Apakah mereka dioptimalkan untuk Instagram?

Pengguna Instagram percaya bahwa keterlibatan audiens meningkatkan perusahaan ke puncak kategorinya. Konten Anda harus sesuai dengan minat pengikut Anda agar mereka tetap tertarik. Analisis Analisis demografi audiens Anda dan postingan Anda yang berkinerja terbaik. Apakah Anda memberi mereka materi yang paling ingin mereka lihat?

Posting Anda harus terhubung dalam arti luas. Anda tidak ingin mereka terdengar terfragmentasi. Setiap posting perlu membantu Anda lebih dekat dengan tujuan Anda dalam beberapa hal. Gambar yang Anda pilih harus menunjukkan konsistensi. Mereka mungkin mencakup beberapa topik tertentu. Warna yang Anda gunakan bisa menjadi masalah. Atau itu hanya daya tarik visual dari gambar yang Anda putuskan untuk diposting. Anda ingin tema konten Anda menonjol sebagai milik Anda yang unik.

Keterlibatan dengan komunitas Anda

Keterlibatan dengan komunitas Anda

Akan membantu jika Anda mempertimbangkan bagaimana Anda terlibat dan terhubung dengan komunitas Anda. Tinjau posting terbaru Anda dan evaluasi apakah Anda telah terlibat dalam interaksi yang bermakna dengan pengikut Anda dan menanggapi komentar dengan tepat. Temukan waktu untuk bereaksi dan membagikan kiriman yang dikirimkan pengikut Anda. Ingatlah bahwa Anda perlu membagikan konten orang lain. Selanjutnya, pastikan Anda membalas pesan langsung Anda sehingga tidak ada yang merasa diabaikan. Pertimbangkan akun yang Anda ikuti. Apakah Anda mengikuti setiap orang berpengaruh di sektor Anda? Apakah Anda berinteraksi dengan orang-orang kunci ini? Semakin Anda terlibat dengan mereka, semakin positif mereka memandang merek Anda.

Instagram terus bekerja untuk mencegah bot dan pengikut palsu, namun beberapa masih berhasil melewatinya. Analisis pengikut Instagram Anda melihat minat mereka dan menentukan apakah ada di antara mereka yang palsu. Akan lebih baik untuk mencari influencer untuk berkolaborasi dan berinteraksi. Manfaatkan Laporan Profil Bisnis Instagram untuk mendapatkan informasi demografis. Anda dapat menentukan apakah konten Anda terhubung dengan minat mereka dengan menggabungkannya dengan laporan Kinerja Pasca.

Kesimpulan

Melakukan audit Instagram sering akan membantu Anda mengembangkan strategi yang diperlukan. Selalu periksa untuk melihat apakah halaman Instagram Anda meningkat dalam keterlibatan. Setiap tiga bulan, audit akan membantu menentukan apakah strategi Anda berjalan sesuai rencana. Lagi pula, tidak ada gunanya membuang-buang waktu dan sumber daya untuk sesuatu yang tidak berhasil.

Fitur yang paling konstan dari Instagram adalah tidak ada yang konsisten. Beristirahatlah dari aplikasi, dan Anda akan menemukan bahwa banyak fitur baru telah diperbarui ke tingkat yang sama sekali baru. Bahkan selama pandemi, ketika hampir setiap industri dihentikan, aplikasi media sosial seperti Instagram mengambil rute yang berbeda. ‘Perdagangan sosial’ menjadi sesuatu ketika aplikasi memperkenalkan fitur belanja dalam aplikasi. Hari ini kita melihat lebih banyak merek di Instagram daripada sebelumnya.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!