6 Cara Mengatasi Shadow Banned Instagram

5/5 - (1 vote)

Shadow banned seringkali menjadi salah satu hambatan yang dialami pengguna aktif media sosial Instagram. Terlebih, bagi yang menggunakan Instagram untuk kepentingan bisnis dan pekerjaan, biasanya karena schedule post instagram yang terlalu banyak atau faktor lain. Cara mengatasi shadow banned instagram masih bisa ditangani dengan beberapa cara di bawah ini.

Shadow banned menjadi hal yang sangat merugikan. Bagaimana tidak, untuk mereka yang mengandalkan media sosial Instagram sebagai media marketing tentunya akan mengalami kesulitan. Hal ini bisa berdampak pada tingkat impresi bahkan jumlah penjualan produk/jasa.

Apa yang Dimaksud dengan Shadow Banned Instagram?

Istilah Shadowban muncul akibat pelanggaran yang dilakukan oleh suatu akun. Sehingga, pihak Instagram memberikan hukuman kepada akun tersebut.

Masalah shadow banned ini sebenarnya belum diketahui penyebab pastinya. Tanda yang dapat Anda lihat jika terkena masalah ini adalah jangkauan reach yang menurun drastis dari biasanya.

Untuk mengetahui konten atau feed yang disajikan terkena shadow banned, Anda bisa memperhatikan ciri-ciri berikut.

  1. Postingan Anda tidak muncul pada hashtag
  2. Postingan Anda hanya bisa dilihat oleh sedikit followers
  3. Postingan Anda tidak muncul dalam menu explore

Cara mudah untuk mengeceknya yaitu dengan mengunggah suatu konten yang disertai dengan hashtag. Lalu, Anda cari hashtag tersebut pada kolom pencarian dan cek recent postnya. Apakah konten Anda ada di sana? Jika tidak, kemungkinan besar akun Anda terkena shadowban.

Beruntungnya, shadowban ini sifatnya tidak permanen. Hukuman dari Instagram ini bisa berakhir dalam waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan. Untuk mencegah hal tak menyenangkan tersebut, maka diperlukan pengetahuan tentang Cara Mengatasi Shadow Banned Instagram.

Efek Shadow Banned Instagram

Efek Shadow Banned Instagram

Jika jangkauan sudah turun drastis, maka hampir bisa dipastikan bahwa bentuk interaksi pun menjadi berkurang. Karena semakin tinggi tingkat jangkauannya, maka interaksinya pun semakin banyak, dan begitupun sebaliknya.

Jika terkena shadowban, efeknya adalah akun Instagram Anda akan sulit untuk berkembang. Anda akan kesulitan untuk mendapatkan followers baru. Akun Anda pun akan terlihat seperti tidak memiliki aktivitas (akun mati).

Hal ini juga bisa membuat followers lama Anda melakukan unfollow karena menganggap akun Anda sudah tidak aktif lagi. Masalah ini tentunya akan menimbulkan kerugian. Bagaimana tidak, Anda akan kehilangan jumlah interaksi dengan para pengguna yang terhubung dengan Anda.

Penyebab Shadow Banned Instagram

Walaupun Instagram tidak secara resmi menjelaskan tentang penyebab masalah ini, tapi ada beberapa hal yang sering kali ditemui sebagai penyebabnya. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan akun Instagram Anda bisa terkena shadow banned.

Terlalu Sering Menggunakan Hashtag pada Kolom Komentar

Hal pertama yang diduga menjadi salah satu penyebabnya yaitu penggunaan hashtag pada kolom komentar. Karena hashtag umumnya digunakan pada bagian caption.

Memang tidak ada aturan yang menyebutkan larangan penggunaan hashtag pada kolom komentar, namun hal ini sebaiknya dibatasi.

Membeli Followers dan Likes

Jika Anda biasa melakukan hal ini, maka hati-hati akun Anda bisa dibanned secara permanen oleh Instagram. Dengan membeli followers dan likes akun Anda jadi memiliki banyak followers, namun hal ini tidak akan mempengaruhi tingkat interaksi.

Menggunakan Hashtag Merk Ternama

Hal yang satu ini juga bisa menjadi penyebab suatu akun di banned oleh Instagram. Misalnya Anda menjual suatu produk yang kemudian pada bagian capion ditambahkan hashtag #coverseshoes #converse. Beberapa merk ternama tidak mengizinkan hal ini, hanya akun officialnya saja yang boleh.

Menggunakan Hashtag yang Sudah Dilarang Instagram

Instagram sudah melarang beberapa hashtag. Jika Anda mencantumkan hashtag yang telah dilarang tersebut, maka akun Anda berisiko terkena shadow banned dari Instagram. Setidaknya, Instagram memiliki lebih dari 300 hashtag yang sudah dilarang untuk digunakan.

Memfollow dan Unfollow Secara Berlebihan

Hal yang satu ini juga bisa menjadi sebab mengapa akun Anda terkena shadow banned. Instagram saat ini sangat memperhatikan aktivitas penggunanya. Jika misalnya Anda memfollow banyak akun dalam satu waktu, maka akan berisiko terkena banned dari Instagram.

Sering Dilaporkan

Jika Anda memposting konten yang bisa memancing keributan, lalu berakhir dengan pelaporan oleh banyak akun, maka Anda perlu waspada.

Instagram tidak akan segan untuk memberikan shadow banned pada akun Anda. Akibat terburuknya adalah akun Anda bisa diblokir permanen oleh Instagram.

Cara Mengatasi Shadow Banned Instagram

Terkena banned membuat pengelolaan akun Anda menjadi terhambat. Terlebih, jika Anda memanfaatkan Instagram untuk kepentingan marketing dan pekerjaan. Berikut akan disajikan beberapa cara mengatasi shadow banned Instagram yang bisa Anda coba lakukan.

Bersihkan Seluruh Hashtag

Cara pertama yang bisa Anda coba yaitu menghapus seluruh hashtag yang tercantum dalam caption postingan terakhir.

Karena bisa saja dalam caption tersebut terdapat hashtag yang sudah diblokir Instagram. Hal ini dilakukan untuk menghindari penggunaan hashtag yang sama secara berulang.

Stop Aktivitas di Instagram

Jika Anda menyadari bahwa akun Instagram Anda terkena shadow banned, maka hentikan segala aktivitas di Instagram.

Hentikan komentar, like, share, atau aktivitas lain. Lebih baik lagi jika Anda log out akun selama 7 hari. Namun, hal ini memiliki risiko kehilangan impresi dan jangkauan pengikut.

Coba Aktifkan Kembali

Jika sebelumnya Anda sudah mencoba untuk log out akun, kemudian cobalah untuk login kembali. Aktifkan kembali akun Instagram Anda setelah 7 hari non aktif. Kemudian Anda bisa mencoba untuk memposting beberapa konten, cukup 1 atau 2 konten terlebih dahulu.

Hindari Penggunaan Hashtag

Cara mengatasi shadow banned instagram yang satu ini bisa Anda lakukan jika sudah mengaktifkan kembali akun. Penggunaan hashtag memang menjadi salah satu strategi agar konten Anda bisa dikenal secara luas. Namun hal ini juga diperlukan perhatian khusus.

Anda bisa coba untuk memposting konten dengan hashtag. Setelah itu, cek apakah postingan Anda ada dalam hashtag tersebut. Jika tidak ada, maka segera hapus hashtag dan jangan pakai hashtag untuk sementara waktu.

Hindari Penggunaan Tools yang Dilarang Instagram

Instagram melarang beberapa penggunaan tools, beberapa di antaranya yaitu tools yang dapat memberikan likes, komentar, DM, dan follow secara otomatis. Karena Instagram tidak memperkenankan adanya robot di dalam platformnya.

Jika Anda sedang ternak akun instagram, pastikan software / aplikasi tersebut menggunakan API official untuk melakukan riset, repost ataupun schedule post ke instagram.

Sabar Menunggu

Jika beberapa cara mengatasi shadow banned Instagram di atas telah dicoba, yang selanjutnya bisa Anda lakukan adalah sabar menunggu. Waktu yang dibutuhkan agar akun Anda bisa terlepas dari masalah banned ini beragam, mulai dari 1 hingga 2 minggu lamanya.

Akun yang tidak melakukan aktivitas selama beberapa lama tentunya akan mengalami kekurangan atensi dan impresi. Hal terpenting dari usaha melepas shadow banned ini yaitu impresi yang bisa kembali naik setelah akun Anda diaktifkan kembali. Maka diperlukan penyusunan strategi yang matang.

Lakukan posting konten secara konsisten dan bertahap setelah melakukan beberapa cara mengatasi shadow banned Instagram di atas. Jika Anda sedang merintis bisnis dan ingin mengembangkanya, kunjungi dosenonline.com untuk mendapatkan banyak ilmu beserta cara-cara berbisnis yang baik.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!