Kenapa Followers Instagram Berkurang Sendiri?

5/5 - (2 votes)

Sebagian orang menganggap jumlah follower yang mengikuti mereka di sosial media adalah hal yang penting. Baik itu akun personal atau akun bisnis, berkurangnya jumlah follower bisa jadi merugikan. Anda mungkin bertanya-tanya alasan kenapa followers Instagram berkurang sendiri.

Akun bisnis membutuhkan jumlah pengikut yang banyak sehingga produk dan jasa mereka dapat dikenal oleh khalayak. Sedangkan untuk akun personal yang giat mengunggah konten tentu ingin konten itu diperhatikan oleh banyak orang. Wajar merasa kesal jumlah follower berkurang sendiri.

Intip 4 Alasan Kenapa Followers Instagram Berkurang Sendiri

Perjuangan memperoleh follower membutuhkan usaha yang tekun. Anda perlu mengunggah konten dan membuat konten itu menjadi menarik sehingga orang-orang menjadi penasaran lalu mengikuti akun sosial media Anda.

Setelah berhasil mengumpulkan sejumlah follower, pasti rasanya akan sedih jika tiba-tiba follower yang Anda kumpulkan susah payah berkurang sendiri. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui alasan mengapa orang-orang itu batal mengikuti akun Instagram milik Anda.

Sistem Instagram

Sistem Instagram termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah followers Instagram Anda berkurang. Sekitar tahun 2018, Instagram melalui blog resminya menyatakan bahwa mereka akan menghapus akun yang terdeteksi sudah tidak lagi aktif. Pada artikel sebelumnya kami juga telah mengulas cara cek follower instagram asli atau palsu.

Penghapusan akun oleh sistem Instagram tidak hanya dilakukan pada akun-akun yang non aktif saja. Akun-akun yang ketahuan memberikan suka (like) atau menuliskan komen palsu turut dihapus oleh Instagram. Sebab, Instagram menyadari bahwa banyak aplikasi pihak ketiga yang tidak autentik.

Apa yang dimaksud dengan aplikasi pihak ketiga tidak autentik tadi? Terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang aktivitasnya melanggar kebijakan pedoman komunitas dan ketentuan pengguna yang telah ditetapkan.

Contoh dari aktivitas tersebut seperti jual beli followers, auto like dan comment serta beberapa aktivitas lain. Biasanya, aplikasi pihak ketiga seperti itu dipakai untuk meningkatkan engagement. Padahal hal tersebut dapat mempengaruhi followers Instagram Anda hingga berkurang.

Sebaiknya, Anda tidak tergiur keinginan mendapatkan followers secara mudah dan instan melalui aplikasi atau tools yang tidak autentik. Karena tidak hanya berdampak pada turunnya jumlah followers, melainkan juga saat memasang iklan biasanya hasilnya menjadi kurang optimal.

Melakukan Tindakan Spam

Alasan kenapa followers Instagram berkurang sendiri yang ke 2 yaitu karena spam. Mendengar kata spam bisa membuat sebagian orang merasa tidak nyaman dan terganggu. Salah satu alasan mengapa followers Instagram berkurang otomatis bisa terjadi ketika Anda secara sadar atau tidak telah melakukan tindakan spam.

Contoh dari tindakan spam yaitu ketika Anda memposting banyak konten dalam waktu berdekatan. Apalagi, tidak semua orang nyaman dengan konten-konten yang telah Anda posting tanpa mengenal jeda. Mereka bisa risih dan kurang nyaman melihat beranda mereka dipenuhi oleh postingan Anda.

Saat membuka sosial media seperti Instagram, beberapa orang bertujuan untuk mendapatkan hiburan melalui konten-konten yang beragam. Namun, bila mereka menemukan konten yang Anda posting muncul terlalu sering, tidak menutup kemungkinan mereka akan berhenti mengikuti Anda.

Jadi, hindari mengunggah konten dalam jumlah yang banyak dalam sehari apalagi waktunya berdekatan. Anda dapat membuat jadwal atau menunggu jeda waktu beberapa saat sebelum memposting konten baru.

Mengunggah Konten yang Tidak Relevan

Apabila Anda seorang marketer yang memegang akun bisnis atau seorang content creator pastinya tahu bahwa konten yang diunggah perlu dianalisis secara berkala. Saat followers Instagram tiba-tiba berkurang, Anda bisa mulai mempertanyakan di mana letak masalahnya.

Alasan dibalik mengapa pengikut Instagram berkurang sendiri bisa terjadi ketika konten yang Anda unggah sudah tidak lagi relevan. Sebagai pemilik akun bisnis atau akun personal yang membutuhkan sosial media untuk menaikkan engagement, maka masalah ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

Konten yang tidak relevan akan membuat engagement menurun dan jumlah pengikut berkurang karena mereka merasa tidak mendapatkan konten yang sesuai. Sebelum membuat konten, Anda perlu memikirkan target audiens yang ingin Anda jangkau.

Baru setelah target audiens dibuat, Anda bisa memutuskan untuk mengupload jenis konten seperti apa yang relevan. Misalnya, Anda mempunyai bisnis pakaian daster, Anda dapat membuat konten seputar bahasan kain daster, motif daster, kelebihan memakai daster, dan lain sejenisnya.

Contoh lain jika audiens Anda adalah bapak-bapak yang menyukai olahraga bola, tetapi Anda justru memposting konten mengenai memasak. Itulah yang dimaksud dari mengunggah konten tidak relevan. Mereka bisa merasa kecewa dan memutuskan batal mengikuti Anda di Instagram.

Jarang Mengupdate Konten

Kebalikan dari tindakan spam, bila Anda jarang mengunggah konten itu juga dapat memengaruhi jumlah followers yang berkurang. Terlalu lama tidak mengupdate konten bisa membuat followers Anda berpikir jika akun Instagram tersebut sudah tidak aktif lagi.

Kemudian, mereka akan mencari akun lain yang lebih up to date dan meninggalkan akun milik Anda. Di tengah persaingan era digital yang semakin ketat, banyak akun yang memiliki konten serupa di suatu media sosial. Itulah mengapa setiap orang harus membuat konten yang menarik dan kreatif.

Tujuan dari konten yang menarik tadi yaitu untuk mempertahankan followers supaya tetap mengikuti Anda dan tidak beralih ke akun lain. Jadi, jika Anda malah malas mengupdate konten maka jangan kaget jika followers Anda berkurang sendiri.

Jika Anda bingung mau posting tentang konten apa Anda bisa mencari referensi ide konten instagram yang relevan dengan niche instagram yang sedang Anda bangun.

Itulah beberapa alasan mengapa pengikut akun Instagram berkurang sendiri. Anda dapat melakukan evaluasi pada akun Instagram untuk mengetahui bagian mana yang bermasalah sehingga membuat engagement menurun sampai kehilangan followers.

Cara Agar Followers Instagram Tidak Berkurang

Setelah mengetahui faktor penyebab berkurangnya followers, Anda mungkin penasaran apakah ada cara mengatasi followers Instagram berkurang sendiri. Berikut akan disebutkan beberapa cara menambah followers di Instagram yang dapat Anda coba.

Membuat konten yang menarik dan bermanfaat

Konten yang menarik akan membuat orang-orang merasa penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut. Anda bisa mendapatkan pengikut baru dengan membuat konten semenarik mungkin dan tentunya juga mengandung nilai manfaat.

Melakukan interaksi dengan pengikut

Supaya akun Instagram Anda tidak ditinggalkan oleh followers, Anda dapat membangun interaksi dengan pengikut. Misalnya seperti membalas komentar atau mengikuti balik akun-akun yang Anda ketahui.

Hal ini juga bermanfaat bagi sistem Instagram untuk mengetahui bahwa akun Anda merupakan akun yang aktif karena telah melakukan interaksi.

Tidak memposting konten dalam waktu yang berdekatan

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, followers bisa berkurang jika Anda melakukan tindakan spam. Makanya, Anda perlu memberi jeda waktu selama beberapa saat untuk memposting konten.

Menggunakan hashtag yang relevan

Sebelum mengunggah konten, Anda bisa menyelipkan beberapa hashtag yang relevan dengan isi postingan Anda. Keuntungan dari hashtag ini membuat konten Anda jauh lebih mudah ditemukan oleh orang-orang meskipun mereka tidak mengikuti Anda.

Konsisten mengunggah konten

Salah satu cara untuk mempertahankan followers yaitu dengan konsisten mengunggah konten. Selain itu, bila akun Anda dinilai lebih memberikan konten yang up to date daripada akun serupa lainnya, itu bisa mendatangkan pengikut baru. Jika Anda tidak sempat mengunggah konten di waktu yang tepat Anda bisa schedule post instagram menggunakan creator studio.

Demikian pembahasan mengenai kenapa followers Instagram berkurang sendiri dan bagaimana cara menambah followers. Jangan panik ketika jumlah pengikut berkurang, Anda bisa mencari letak masalahnya baru kemudian mencari solusinya.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!