9 Inspirasi Konten Instagram yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

5/5 - (1 vote)

Pelaku bisnis yang kerja online dan sering melakukan promosi dengan menggunakan akun Instagram sering kehabisan bahan untuk konten. Inspirasi konten Instagram sebenarnya bisa datang dari mana saja. Namun, hal yang sering menjadi kendala adalah jenis konten seperti apa yang viewers sukai.

Inspirasi Konten Instagram yang Menarik

Memikirkan ide merupakan tantangan terbesar bagi para content creator. Bukan hanya menyesuaikan dengan value bisnis, tapi juga seberapa besar peluangnya untuk memikat follower. Daripada bingung, berikut inspirasi desain konten Instagram menarik yang bisa Anda coba.

Buat Instagram Guide

Inspirasi konten instagram yang pertama yaitu konten guide. Anda bisa mengemas konten ke dalam bentuk miniatur majalah atau berupa artikel singkat dengan mengumpulkan sejumlah postingan sejenis. Ingat, karena untuk Instagram, jadi jangan hanya memposting tulisan saja. Sertakan juga foto yang menarik dari produk Anda.

Pastikan Anda juga memperhatikan kualitas gambar yang akan Anda jadikan konten. Anda bisa menggunakan kamera DSLR atau menggunakan kamera handphone dengan spesifikasi yang tinggi. Sehingga hasil fotonya lebih baik dan tampak jelas.

Dengan begitu, peluang mendapatkan like dan komentar semakin besar. Produk yang Anda jual pun akan semakin memikat di mata follower. Brand Anda akan terlihat lebih profesional dan mereka pun tertarik untuk membeli produk Anda.

Buat Konten Tutorial Singkat di Feed

Apapun bisnis yang Anda geluti saat ini harus memberikan manfaat kepada orang lain. Manfaat yang Anda berikan bukan berarti harus berbentuk uang. Tapi Anda juga bisa berbagi manfaat dengan membuat konten tutorial atau edukasi yang masih erat kaitannya dengan usaha bisnis Anda.

Misalnya, Anda menjual peralatan make up. Anda bisa membuat konten tentang tutorial make up yang baik dan benar lewat Instagram. Selain itu, Anda bisa juga memberitahu jenis-jenis make up yang aman untuk kulit sensitif dan sebagainya.

Anda bisa kembangkan sendiri jenis konten apa yang sesuai dengan produk. Berawal dari menyukai konten edukasi atau tutorial yang Anda buat, lama kelamaan viewers akan melirik produk Anda dan tertarik membelinya.

Anda pun akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yaitu bisa berbagi ilmu bermanfaat dan promosi produk. Di dalam feed tersebut, Anda juga bisa menyelipkan logo Anda, supaya viewers selalu ingat dengan brand Anda. Secara tidak langsung, Anda telah soft selling lewat konten.

Berbagi Informasi Bermanfaat dengan Carousel

Banyak inspirasi konten instagram yang didapat dari format carousel dan juga memberikan banyak manfaat bagi pengguna Instagram. Karena Anda bisa mengunggah foto dalam jumlah yang banyak, yaitu sampai 19 foto per postingan. Tidak hanya foto semata, tapi Anda pun bisa berbagi video lewat unggahan carousel Instagram.

Akun bisnis biasanya menggunakan fitur ini terutama saat ingin memperkenalkan produk baru. Sehingga pemilik brand lebih leluasa memperkenalkan spesifikasi dan fitur-fitur menarik yang ada pada produknya.

Sebagai tambahan tips, pastikan juga Anda mengatur waktu postingan. Sehingga Anda tidak akan lupa atau keteteran dalam mengunggah konten. Penjadwalan konten ini juga memudahkan Anda saat ingin menganalisa performa masing-masing konten tersebut.

Ceritakan Kegiatan Bisnis Anda di Belakang Layar

Ada kalanya Anda juga perlu mengunggah konten behind the scene atau kegiatan produksi hingga pengemasan dari produk Anda. Sehingga mampu menambah kepercayaan pelanggan. Kenapa ini sangat berpengaruh? Karena orang menjadi lebih dekat dengan Anda.

Pelanggan menjadi tahu bahwa produk Anda memang nyata dan tidak dibuat secara sembarangan. Anda bisa mengunggahnya melalui feed, story, atau Instagram reel. Saat Anda bingung dengan ide konten makanan untuk bisnis makanan Anda, coba saja buat video proses pembuatannya di dapur.

Jangan lupa tambahkan caption yang menarik untuk menarik rasa ingin tahu follower. Sehingga mereka pun ikut berinteraksi lewat postingan tersebut.

Buat Instagram Reels

Fitur reels pada Instagram sangat menarik hati pecintanya sehingga bisa menjadi inspirasi konten instagram. Durasi untuk reels ini baru bisa maksimal 30 detik. Meskipun durasinya pendek, namun video reel bisa berpengaruh cukup besar. Jadi, jangan terpaku pada rencana konten Instagram berbentuk foto saja, tapi cobalah berkreasi dalam video reel.  

Jika Anda pelaku usaha fashion, cobalah membuat ide konten Instagram fashion dengan cara mengunggah video before after pemakaian produk fashion. Atau buat konten edukasi yang berkaitan dengan fashion dan kecantikan.

Contoh konten edukasi Instagram yang berhubungan dengan fashion adalah tips mengenakan pakaian berdasarkan bentuk tubuh. Tentu viewer Instagram Anda akan semakin setia mengikuti postingan yang Anda buat.

Perkenalkan Tim atau Karyawan

Promosi bisnis itu tidak melulu harus berupa produk dan kalimat promosi yang menarik. Sesekali selingi dengan hal lain, misalnya menunjukkan aktivitas karyawan saat bekerja. Ide konten Instagram ini juga bisa meningkatkan kredibilitas usaha Anda, sehingga mereka lebih percaya terhadap brand Anda.

Ajaklah pelanggan untuk lebih mengenal siapa saja yang memiliki peran dalam membangun bisnis Anda tersebut. Dengan begitu antara Anda dan pelanggan nantinya akan menciptakan hubungan yang lebih dekat dan lebih baik.

Buat Postingan Berseri

Bingung memikirkan ide konten Instagram? Cobalah membuat postingan berseri. Anda bisa mengajak pebisnis lain juga untuk berkolaborasi. Namun, pastikan bisnis yang Anda ajak untuk berkolaborasi tersebut relevan dengan bisnis Anda.

Jika Anda kebingungan dan ingin melihat contoh konten kreatif untuk postingan berseri, tak ada salahnya mencari inspirasi dai Instagram kompetitor. Anda tinggal amati konten tersebut, kemudian coba tiru dan jangan lupa untuk memodifikasinya menjadi lebih baik.

Selain bisa menghibur viewers, konten berseri juga berpeluang besar meningkatkan interaksi follower. Anda pun bisa menyelipkan promosi produk secara soft selling di dalamnya.

Live Instagram Bersama Tokoh Atau Tamu Spesial

Jangan melulu membuat konten berupa foto atau video saja. Inspirasi konten Instagram yang bisa Anda coba selanjutnya yaitu melakukan live Instagram. Supaya live Anda lebih menarik, ajak tokoh atau tamu spesial, lalu bahas hal-hal menarik yang masih berkaitan dengan bisnis Anda.

Jika orang yang Anda ajak live merupakan orang yang sudah banyak orang kenal seperti artis Instagram, tentu penontonya akan jauh lebih banyak. Keuntungannya, tidak hanya akan menambah viewers baru saja, namun bisa membuat viewers lama semakin betah dengan Instagram bisnis Anda.

Bagikan Fakta Menarik

Inspirasi konten Instagram selanjutnya yaitu berbagi fakta menarik tentang apapun. Contoh konten Instagram ini yaitu menunjukkan data jumlah pembeli Anda, tahun berdiri, testimoni pelanggan, dll.

Hal ini juga sebagai cara untuk menginformasikan kepada followers bahwa produk Anda memiliki banyak penggemar. Sehingga mereka yang belum pernah membeli akan tertarik check out di kemudian hari. Bahkan, mereka tak akan ragu merekomendasikan bisnis Anda kepada temannya.

Template Konten Instagram

Levidio The Feed Vol 2

Jika Anda kesulitan menggunakan konten yang menarik, Anda bisa menggunakan template premium dari levidio seri the feed, baik vol 1 maupun vol 2. Semua inspirasi konten instagram juga sudah di sediakan karena kita mendapatkan 21.000+ Content Idea Calendar App, sehingga Anda tidak perlu capek capek memikirkan apa yang akan diposting. Jika Anda tertarik untuk memilikinya, klik tombol download dibawah ini.

Banyak sekali inspirasi konten Instagram yang bisa Anda coba. Tak perlu bingung mencarinya, karena  kegiatan sehari-hari saja bisa Anda jadikan Instagram yang menarik. Mulai dari dokumentasi proses produksi, pengemasan, hingga pengiriman. Bisnis Anda pun akan terlihat lebih profesional.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!