8 Tips Menentukan Topik Artikel Untuk Seorang Blogger Pemula

Tips Menentukan Topik Artikel Untuk Seorang Blogger Pemula – Blog saat ini sudah seperti jamur, banyak sekali orang memiliki blog atau blogger. Tidak hanya untuk pemakai blog yang sudah lama, tetapi juga blog banyak digunakan oleh pemula. Dan tentunya tidak seperti seorang blogger profesional, masih banyak pemula yang berkecimpung di dunia blogger kebingungan saat menentukan topik apa yang akan dituliskan untuk menjadi konten mereka.

Dan tidak jarang banyak juga yang memilih berhenti di tengah jalan untuk mengembangkan blog mereka, hanya tidak dapat menentukan topik konten blog yang tepat untuk ditulis. Padahal ada banyak tips menentukan topik artikel yang dapat mereka temukan dari berbagai macam sumber. Namun sayangnya, untuk blogger pemula tentu hal tersebut adalah sebuah tantangan. Karena tidak semua blogger pemula dapat menentukan topik yang sesuai dengan minat baca pengguna internet.

Tips Menentukan Topik Artikel Untuk Seorang Blogger Pemula

Bila Anda berminat untuk menggeluti  dunia blog, maka topik harus menjadi inti dari semua tulisan yang ada dalam blog Anda. Oleh sebab itu, Anda harus konsisten dan berusaha untuk membuat topik konten dalam blog hanya satu topik saja, tidak dicampur dengan topik lainnya.  Karena semakin Anda membuat topik yang spesifik yang dibahas, maka akan semakin bagus juga blog yang Anda olah. Apalagi bila topik yang dibahas berisikan konten yang saat ini sedang viral, atau konten yang banyak dicari oleh pengguna internet.

Dan sebelum Anda memulai untuk membuat blog, Anda juga harus memahami secara pasti perbedaan antara blog dengan web. Bila Anda fokus ingin mengembangkan blog, maka Anda harus memilih topik yang tepat kondisi, Anda juga harus update blog secara berkala.

Tampilan desain dan kecepatan loading blog juga berpengaruh pada pengunjung, maka dari itu kamu harus menggunakan theme yang tampilannya menarik dan kecepatan loadingnya juga cepat, salah satunya yaitu theme blocksy.

Berikut adalah berapa kesalahan dan kendala yang dialami oleh blogger pemula, diantaranya adalah;

  • Menyukai topik yang akan dibahas tetapi sedikit peminatnya.
  • Latah untuk mencoba topik yang sedang tren.
  • Tidak menguasai topik yang sedang dibahas sehingga menemui kesulitan saat menulis.
  • Topik dalam blog tidak konsisten atau berubah-ubah.

Meski demikian, tentunya alasan-alasan di atas dapat ditangani dengan mudah bila Anda yakin dengan blog yang sedang dibangun. Karena ada banyak tips menentukan topik artikel yang dapat dijadikan referensi untuk blog Anda. Seperti berikut ini!

Tips Mencari Topik Artikel

Situs Tanya-Jawab

Anda dapat memulai untuk mencari topik dengan membuka situs tanya-jawab seperti Quora. Ada banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung di dalam situs web tanya-jawab tersebut.  Karena di sana nantinya Anda bisa mencari pertanyaan topik yang populer, yang artinya topik tersebut memang sedang banyak diminati dan bisa Anda jadikan sebagai topik dalam konten blog.

Anda dapat mencari topik dalam situs tanya-jawab seperti di:

  • Brainly
  • Mind the Book
  • Quora
  • Super User
  • Yahoo Answer
  • com
  • Stack Overflow

Forum / Grup Diskusi

Cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencoba untuk membuka forum atau grup diskusi seperti grup dalam Facebook atau di Kaskus yang forum besar dan situs komunitas yang paling banyak dipakai. Kemungkinan besar Anda dapat menggunakan dan mengangkat topik yang sedang populer di sana ke dalam topik blog yang menarik.

Untuk mencari forum yang sesuai dengan topik yang sedang Anda cari, Anda bisa menggunakan Google untuk mencarinya dengan kata kunci “Forum [NamaTopik]”. Atau Anda juga bisa menggunakan kata kunci “Grup [NamaTopik]” untuk mencari grup-grup dalam Facebook dan menemukan topik yang sesuai juga pas dengan blog.

Blogwalking Kompetitor

Cara lain untuk menentukan topik adalah dengan cara blog walking atau mengunjungi blog orang lain. Karena perlu Anda ketahui bahwa cara tersebut merupakan salah satu cara yang paling banyak dilakukan oleh blogger pemula dengan cara ATM alias amati, tiru, modifikasi. Dengan demikian maka Anda dapat menentukan topik yang sesuai untuk blog setelah berkeliling dari satu blog ke blog lainnya.

Semakin Anda sering melakukan blog walking, maka biasanya Anda juga akan menemukan inspirasi dari konten-konten artikel yang ditemui pada blog-blog tersebut. Dan langkah selanjutnya Anda sudah mulai menyusun strategi untuk konten blog yang ingin digarap.

Kategori di Marketplace

Meski tampaknya sepele, namun cara yang satu ini juga bisa Anda lakukan untuk dijadikan topik konten blog. Dengan melihat daftar kategori produk di Marketplace baik lokal atau luar, Anda dapat memilih salah satunya untuk dijadikan topik dalam blog, mudahh bukan?

Mengintip Judul Buku Populer

Bila Anda sedang ke Mall maka sempatkan waktu untuk berkunjung ke Gramedia dan melihat ke rak yang isinya lengkap dengan buku-buku best seller. Karena bisa jadi Anda mendapatkan inspirasi untuk topik blog dari tumpukan buku best seller tersebut.

Mengintip Kursus Terpopuler

Sekali waktu Anda juga harus mampir ke Udemy. Salah satu tempat kursus online yang berbasis video. Karena bisa jadi Anda akan menemukan ide topik kursus apa saja yang sedang populer. Yang kemudian topik itulah yang akan angkat untuk dijadikan ide utama dalam proses pembuatan blog.

Menggunakan BuzzSumo

Cara ketujuh adalah menggunakan BuzzSumo, yang merupakan sebuah software paling banyak digunakan untuk mencari konten-konten populer  di media sosial berdasarkan dengan kata kunci yang dimasukkan. Anda juga dapat melihat kepopuleran topik tertentu dari jumlah share yang dibagikan oleh orang banyak.

Menggunakan Google Trends

Dan tips terakhir untuk Anda adalah dengan memanfaatkan Tool gratis yang diberikan oleh Google. Dengan menggunakan Google trends, Anda dapat gunakan untuk melacak kepopuleran kata kunci atau topik dalam rentang waktu tertentu yang ingin dijadikan topik dalam blog.

Meski tampak merepotkan, faktanya delapan tips yang disebutkan di atas sudah banyak yang menemukan manfaatnya. Bila Anda ingin menjadi blogger profesional, tentunya Anda harus aktif untuk menemukan dan mengembangkan topik untuk blog Anda. Karena saat Anda berhasil membangun blog, bisa jadi menjadi lahan bisnis untuk Anda dan menjadi ladang uang dari Google ads.

Demikianlah beberapa tips menentukan topik artikel untuk pemula dari dosen online yang dapat Anda jadikan sebagai referensi, tidak hanya untuk pribdi tetapi juga untuk orang-orang sekitar Anda yang sedang mencoba untuk terjun ke dunia menulis virtual Blogger. Semoga bermanfaat!

Terakhir di Update 2 Maret 2021

Bagikan artikel ini

4 Comments

  1. Very informative article about Digital Marketing. I am following your tips to promote my website

  2. I find Google trends to be far better as it gives latest news in trend. A very well written post.

  3. I was surfing the Internet for information and came across your blog. I am impressed by the information you have on this blog. It shows how well you understand this subject.

  4. wow very nice

Leave a Reply

error: Content is protected !!