8+Template Blog WordPress Ringan dan SEO Friendly

Bagi sebagian orang yang sudah berkecimpung di dunia blog, atau biasa disebut blogger, template adalah sesuatu yang tidak asing bagi mereka. Akan tetapi, untuk anda yang baru saja ingin memulai blog dan ingin menjadi seorang blogger atau sekedar menyalurkan hobi menulis, alangkah baiknya anda lebih memahami apa itu template dan bagaimana template blog itu bekerja.

Template

Apabila kita membahas template, pasti tidak jauh dengan bentuk atau tampilan. Template bisa diartikan sebagai pola atau cetakan dari sebuah benda, misalkan, apabila seorang penjahit yang sedang menjahit baju seragam, pasti memiliki suatu pola, sehingga bentuk dari setiap seragam yang dibuat akan sama.

Template juga bisa diartikan sebagai tema, dalam hal ini berhubungan dengan digital, anda bisa mengartikan template sebagai tema bentuk muka atau user interface dari dari sebuah halaman internet. Sebagai contoh adalah facebook, tampilan depan dari facebook memiliki tema yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya, sehingga tampilan halaman facebook akan sama meskipun dibuka dari berbagai gadget yang berbeda.

Template Blog

Lalu bagaimana dengan template blog? Tidak ada yang berbeda dengan bahasan sebelumnya tentang facebook, apabila anda menggunakan suatu template yang tersedia di berbagai penyedia template yang tersebar di internet, tampilan blog anda akan sama dengan seseorang yang menggunakan template yang sama.

Berbeda halnya jika anda memang membuat sendiri template yang ingin anda pakai sebagai tampilan blog anda. Hal ini bisa saja terjadi jika memang anda mengerti bagaimana cara membuat template suatu blog, anda bisa mendesain bentuk, warna hingga bentuk huruf dari tampilan blog anda.

Dengan membuat template sendiri, anda bisa menyesuaikan letak dari postingan hingga iklan dalam tampilan blog anda, sesuai dengan kenyamanan penggunaan anda saat menulis blog.

Anda juga bisa mendownload berbagai tema yang disediakan di internet secara gratis maupun berbayar, tentu saja dengan mendownload template yang tersebar di internet, anda pasti akan menemukan satu atau dua blog dengan tampilan yang sama dengan blog anda, itu adalah salah satu kelemahan apabila menggunakan template buatan orang lain.

Apakah template blog dan template toko online berbeda? Tentunya berbeda, template toko online lebih fokus dengan fitur penjualan, misalnya seperti cek ongkir, widget produk, fitur pembayaran, dll. Sedangkan template blog lebih fokus untuk menulis artikel di blog, akan tetapi template toko online biasanya juga menyediakan berbagai layout yang menarik untuk blog, sehingga kita juga bisa membuat blog yang profesional untuk menaikkan SEO dari toko online tersebut.

Pengaruh Template Blog terhadap SEO

Apakah ada pengaruhnya template blog terhadap SEO dan Indeks Google? Tentu saja ada, apabila anda menggunakan template blog ringan sekaligus template blog SEO, lalu lintas blog anda di dunia maya tentu akan lebih lancar, karena dengan hal tersebut, blog anda akan lebih mudah dicari dan tentu akan berdampak pada jumlah view dari blog anda.

Namu, jangan hanya terpaku pada template blog ringan dan template blog SEO saja, karena Google juga memiliki algoritmanya sendiri, Google tetap memiliki prinsip, konten yang utama, jadi daripada anda memikirkan template harus SEO atau ringan, anda lebih baik mengedepankan konten terlebih dahulu.

Jika anda memutuskan untuk menggunakan template blog yang disediakan di internet, carilah template yang memang anda nyaman dalam menggunakannya, carilah template blog yang sesuai dengan kepribadian anda, mulai dari warna, bentuk huruf, hingga tata letak dari template tersebut.

Karena dengan menggunakan template yang memang sesuai dengan kepribadian anda, hal ini tentu akan berpengaruh terhadap semangat anda membuat tulisan di blog anda.

Rekomendasi Template Blog

Disini kami akan merekomendasikan beberapa template blog yang bisa anda download secara gratis dan yang pasti template blog ringan dan template blog SEO.

Blocksy

Blocksy - Theme Premium dengan Teknologi Terbaru

Blocksy merupakan salah satu theme premium gratis yang sedang trending saat ini. Selain digunakan untuk blog, bisa juga dibuat untuk landing page dengan konversi tinggi seperti landing page pada umumnya. Apalagi theme ini sangat ringan dan SEO friendly, sehingga bisa digunakan untuk website apapun.

Saat ini theme blocksy dibekali dengan 13+ pilihan template Starter Site yang bisa kamu gunakan dengan berbagai niche. Saya sendiri menggunakan template blocksy ini pada blog dosen online yang sedang kalian baca ini dan sudah terbukti kalau speed pada template ini sangat ringan. Anda bisa melihat ulasan lengkapnya pada artikel saya sebelumnya tentang theme blocksy.

Jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak, kamu bisa menggunakan versi premiumnya yang komplit dengan harga mulai dari $49. Saya sendiri mempunyai lisensi unlimited, jika Anda ingin mendapatkan harga yang lebih murah klik tombol dibawah ini.

GeneratePress

GeneratePress

GeneratePress adalah salah satu tema wordPress yang unggul pada sisi kecepatan website dan cara penggunaannya yang mudah. Karena itu pula tema ini dibuat seringan dan sestabil mungkin agar website yang menggunakan tema ini bisa memiliki performa maksimal dan bisa mendapatkan konversi yang lebih banyak.

Tema ini bisa Anda download gratis pada website wordpress.org atau bisa langsung search di menu tema pada wordpress Anda. Namun jika ingin lebih optimal kamu bisa menggunakan versi premiumnya. Pada versi premium ini lah yang menjadi idaman bagi blogger wordpress. Selain temanya yang ringan, stabil dan SEO Friendly, fitur versi premium ini lebih lengkap untuk kustomisasi tampilan blog. Tema ini sudah di download lebih dari 3 juta kali dengan 400.000+ pengguna aktif hingga saat ini dan terus bertambah.

Akan tetapi menurut saya dalam hal desain layout sangat standart tapi lebih ringan, jika kamu ingin tampilan yang lebih menarik bisa menggunakan tema Blocksy pada rekomendasi nomor 1 diatas.

OceanWP

OceanWP

OceanWP adalah salah satu template wordpress yang cukup populer di kalangan blogger, template ini sudah diunduh oleh lebih dari dua juta pengguna wordpress. OceanWP diketahui sebagai template blog SEO dan responsive, template ini juga diketahui sebagai template yang mobile friendly dan SEO Friendly, sehingga pengunjung yang membuka menggunakan smartphone tidak mengalami gangguan yang berarti.

OceanWp juga diketahui memiliki load time yang sangat cepat dan dikatakan sebagai salah satu template blog ringan. OceanWP juga mengklaim bahwa mendapatkan skor tertinggi dari berbagai alat pengecek kecepatan website. Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan tidak salah jika OceanWP kami rekomendasikan sebagai template blog anda.

Astra

Astra

Astra merupakan saingan dari OceanWP, template blog ringan dan template blog SEO adalah unggulan dari Astra. Astra dikatakan menggunakan schema markup hingga dukungan AMP bawaan, dukungan AMP ini sangat berguna karena dapat membuat tampilan AMP web anda tidak terlalu memiliki perbedaan dengan tampilan normal.

Selain AMP bawaan, Astra juga mendukung fitur last update, dimana dalam fitur ini nantinya menunjukkan kapan terakhir kali ubahan yang dilakukan dalam postingan anda. Dengan hal ini pengunjung blog akan mengetahui kapan terakhir kali blog anda mengalami perubahan.

Neve

Neve

Neve adalah template blog ringan yang cocok untuk website bisnis maupun startup, karena Neve juga merupakan template blog SEO  yang mendukung penuh AMP. Neve juga dikatakan sebagai template blog yang memiliki respon cepat sehingga, meskipun menggunakan perangkat smartphone, template ini masih bisa diakses dengan cepat..

Salah satu keunggulan Neve yang lain adalah template blog ini dapat diakses dalam kondisi koneksi internet yang lambat. Hal ini pastinya sangat membantu SEO pada website anda, karena salah satu penilaian dari Google adalah seberapa cepat website anda dapat diakses menggunakan smartphone.

ColorMag

ColorMag

ColorMag adalah template blog yang cocok sebagai tema website artikel atau blog. Template blog ringan menjadikan ColorMag responsive dan cepat, keunggulan ColorMag tidak hanya sebatas itu saja, template blog SEO menjadi salah satu unggulan dari template ini, karena hal tersebut membuat ColorMag sebagai template blog yang SEO Friendly.

Untuk anda yang mahir CSS, anda bahkan bisa mengubah desain dari template yang disediakan oleh ColorMag dengan CSS buatan anda sendiri. ColorMag pun mendukung banyak sekali browser populer yang ada seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, hingga Internet Edge. Jadi, dengan browser apapun tampilan website anda akan tetap bersih dan rapi sehingga akan membuat pengunjung blog anda betah.

Sparkling

Sparkling

Tampilan template blog yang modern menjadi ciri khas dari Sparkling. Selain itu Sparkling juga menyuguhkan tampilan website yang rapi dan terkesan bersih. Template blog ini juga merupakan salah satu template blog ringan dan template blog SEO yang bisa kamu coba  karena responsive dan mendukung schema markup.

Anda akan mendapatkan tampilan desain pixel, slider yang fullscreen dan juga anda akan mendapatkan widget yang bagus. Template blog ini pun dapat menggunakan hampir semua tombol alat dari WordPress, sehingga cocok bagi anda yang memang menggunakan WordPress sebagai basic blog anda.

Hestia

Hestia

Template blog ringan dan template blog SEO merupakan alasan Hestia dipilih oleh lebih dari 100.000 pengguna wordpress  saat ini. Selain itu, Hestia banyak dipilih karena memiliki struktur heading yang rapi dan memiliki dukungan breadcrumbs.

Template blog SEO Friendly ini dapat diakses menggunakan berbagai perangkat mobile dengan ringan dan tampilan yang rapi, sehingga akan memberikan penilaian yang baik pada Google Mobile First Index.

Terakhir di Update 5 Agustus 2021

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!