Contoh Broadcast Whatsapp Menarik yang Bikin Cabuy Order

5/5 - (1 vote)

Bagi Anda para pebisnis, mengirimkan pesan promosi kepada para pelanggan sudah wajib hukumnya, apalagi kerja online yang dibayar tiap hari tanpa keluar rumah. Fitur Whatsapp Broadcast salah satu media yang bisa Anda gunakan. Untuk penggunaan yang tepat, simak cara broadcast whatsapp yang tepat beserta contoh broadcast whatsapp menarik berikut ini.

Cara Broadcast Whatsapp yang Tepat

Mengirimkan pesan promosi kepada pelanggan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan usaha. Fitur Whatsapp Broadcast merupakan fitur pengiriman pesan ke banyak kontak dalam sekali kirim yang memudahkan para pebisnis.

Tetapi, ada hal penting yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan fitur ini. Tidak semua pelanggan mau menerima broadcast whatsapp Anda. Kemungkinan terburuk Anda bisa diblokir oleh beberapa kontak dan berakhir pemblokiran nomor oleh pihak Whatsapp, jika hal itu terjadi, Anda bisa baca artikel cara mengatasi whatsapp diblokir. Untuk itu simak tips dan cara broadcast whatsapp.

Gunakan Whatsapp Business

Sebelum mengirimkan pesan broadcast whatsapp, ada baiknya Anda lebih dulu mengunduh aplikasi Whatsapp Business. Sama halnya dengan Whatsapp Messenger, aplikasi Whatsapp Business merupakan keluaran Whatsapp yang dikhususkan bagi para pebisnis dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan.

Whatsapp Business memberikan fitur-fitur lainnya seperti pesan otomatis, profil bisnis, verifikasi, dan fitur lain yang tidak ada di Whatsapp Messenger. Pada aplikasi ini, Anda bisa mengisi dengan lengkap profil bisnis serta data lain seperti lokasi toko, situs resmi bisnis, serta katalog produk jika ada.

Dengan melengkapi profil dan data lainnya, maka akun Whatsapp Business Anda akan terlihat lebih profesional. Pelanggan yang melihat kelengkapan profil dan data Anda akan lebih percaya dengan pesan yang dikirim dan menyimpan kontak Anda.

Tandai Kontak Pelanggan

Dalam mengirim broadcast whatsapp, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa pelanggan sudah menyimpan nomor bisnis Anda. Hal ini dikarenakan pesan hanya dapat dikirimkan kepada kontak yang menyimpan nomor kita dalam ponsel mereka.

Selain itu, pilih kontak pelanggan yang memiliki kemungkinan yang baik. Apabila  Anda mengirimkan pesan ke semua kontak memilih, maka bisa saja ada pelanggan yang menganggap ini sebagai spam. Jika sudah begini, maka ada kemungkinan pelanggan akan memblokir kontak Anda.

Tidak akan menjadi masalah jika hanya ada satu kontak yang memblokir. Tetapi, jika ada 5 kontak, maka pihak Whatsapp akan menganggap ini sebagai gangguan dan melakukan pemblokiran terhadap nomor Anda. Hal ini tentunya dapat menghambat berjalannya bisnis Anda.

Buat Chat Room Whatsapp Broadcast

Setelah Anda menandai beberapa kontak yang memungkinkan, maka selanjutnya Anda membuat chat room untuk mengirim pesan broadcast whatsapp. Berikut cara broadcast whatsapp:

  • Buka aplikasi Whatsapp Business
  • Klik menu utama pada laman Chat di pojok kiri atas
  • Pilih menu Siaran Baru atau New Broadcast
  • Pilih kontak yang telah Anda siapkan sebelumnya dengan jumlah maksimal 256 kontak. Jika sudah klik tanda centang hijau pada pojok kiri bawah
  • Setelah Chat Room pesan broadcast whatsapp selesai dibuat, buatlah pesan menarik untuk pelanggan Anda

Jumlah kontak dalam Chat Room Whatsapp Broadcast memang dibatasi sebanyak 256 kontak. Tetapi, Anda dapat mengirimkan ke lebih banyak kontak, baik yang tersimpan maupun tidak, menggunakan tools seperti WBSPro.

Kirim Pesan Whatsapp Broadcast

Setelah Chat Room terbentuk, maka hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah membuat dan mengirimkan pesan broadcast whatsapp. Ada banyak contoh broadcast whatsapp menarik yang bisa Anda jadikan referensi dalam membuat isi pesan.

Tetapi, yang harus Anda perhatikan adalah kaidah dari isi pesan broadcast whatsapp tersebut. Anda bisa membuat pesan yang bertujuan untuk hard selling ataupun soft selling. Hal ini bisa Anda tentukan dari animo pelanggan Anda terhadap pesan promosi sebelumnya.

Jika pelanggan Anda tidak sensitif terhadap pesan hard selling, maka Anda bisa mengirimkan pesan singkat berisikan promosi produk Anda. Sisipkan pula urgensi dan ajakan agar pelanggan merespon pesan Anda.

Tetapi, jika pelanggan Anda sedikit sensitif terhadap pesan jualan, maka cara tersebut tidak bisa digunakan. Sebaiknya Anda mengirimkan pesan edukasi atau informasi bermanfaat yang tentunya sesuai dengan produk Anda. Gunakan bahasa yang halus atau soft selling dalam membuat pesan.

Contoh Broadcast Whatsapp Menarik

Terlepas dari kaidah dalam membuat pesan broadcast, Anda juga harus membuat isi pesan Anda menarik, ramah, dan tentunya profesional. Agar lebih jelas, berikut ini contoh broadcast whatsapp menarik.

Broadcast Whatsapp Pendek

Jika usaha Anda bergerak di bidang jasa, Anda dapat mencontoh isi pesan berikut.

“Halo, (nama pelanggan)!

Tahun 2022 sudah di depan mata, nih. Tanda sebentar lagi kamu akan melangkah menuju kampus impian. Eitss, jangan lupa persiapkan diri kamu untuk mengikuti UTBK 2022 dari sekarang supaya peluang mu lolos makin besar! Tapi, aku takut gagal kak? Tenang aja!

Kamu bisa ikut KELAS UTBK untuk mendapatkan materi dan pengalaman tryout lengkap dengan segala pembahasan soal UTBK. Dijamin kamu jadi lebih siap! Buruan daftar KELAS UTBK sekarang untuk mendapatkan diskon 30% untuk pendaftaran periode 1-30 Desember 2021! Klik link di bawah ini!”

Anda juga bisa menggantinya dengan produk barang seperti produk kecantikan dengan menambahkan isu yang terjadi sesuai dengan produk Anda, seperti contoh yang satu ini.

Contoh ke 1

“Halo, Kak!

Akhir-akhir ini cuaca lagi gak menentu, nih. Kondisi cuaca yang gak menentu bisa bikin kulit jadi geregetan! Tapi, jangan khawatir lagi dengan kondisi cuaca karena sekarang LALALA Beauty punya solusinya! LABe Skin Serum bisa bantu menenangkan kulit yang lagi geregetan! Tenang, LALALA Beauty juga punya pilihan lain sesuai kondisi kulit kamu! Yuk, cek produk LALALA Beauty di Instagram, Shopee, dan Tokopedia, ya, kak! Mumpung lagi DISKON 15% ALL ITEM!!!

Psstt, kita juga terima konsultasi kulit, lho! Hubungi nomor WA kami di bawah untuk konsultasi lebih lanjut. Klik link di bawah ini!”

Contoh ke 2

Broadcast Whatsapp Panjang

Untuk contoh broadcast whatsapp yang panjang, Anda bisa memberikan edukasi terkait produk Anda atau informasi bermanfaat yang berkaitan dengan produk. Misalnya, bagi para pebisnis mengirim pesan broadcast whatsapp sangat membantu mengembangkan usaha di zaman serba digital.

SEKARANG ERANYA DIGITAL MARKETING

Dunia industri kini sudah memasuki era digital yang memungkinkan semua kegiatan dilakukan dengan internet. Bahkan, kini mempromosikan produk bisa melalui Whatsapp hanya dalam sekali kirim.

WBSPro merupakan tools yang dapat membantu Anda mengirimkan ke lebih dari 1.000 database dalam sekali kirim. Pengiriman pesan yang lebih banyak akan membuat kemungkinan jumlah closing juga lebih banyak. Promosi kini bisa dilakukan dengan mudah dalam sekali kirim saja.

GUNAKAN WBSPRO SEKARANG

Note: Gunakan kode LAPAK untuk harga lebih hemat. Batas promo BERAKHIR BESOK.”

Anda juga bisa meniru contoh broadcast whatsapp ini untuk produk lain sesuai dengan bisnis Anda. Dalam pesan panjang hindari penggunaan kata-kata yang bermakna menjual. Anda bisa kreasikan sesuai dengan produk Anda.

Ohya, jika Anda ingin menggunakan software broadcast whatsapp seperti WBS Pro diatas yang bisa membantu Anda untuk followup pelanggan, klik tombol dibawah ini.

Penutup

Ada banyak contoh broadcast whatsapp menarik yang bisa Anda jadikan referensi untuk bisnis Anda. Gunakan cara broadcast whatsapp yang tepat guna mencegah pemblokiran terhadap nomor Anda. Selamat mencoba dan jangan lupa cek artikel lain seputar dunia digital marketing di dosen online.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!