Permalink : Pengertian, Fungsi dan Cara Mengubahnya

Bagaimana Cara mengubah permalink di WordPress? Untuk Anda yang penasaran dengan cara penggantiannya, berikut ini adalah ulasannya.

Apa itu Permalink?

Sebelum kita belajar mengenai cara mengganti permalink, kami akan membahas mengenai apa itu permalink terlebih dahulu. Jika bicara mengenai permalink, maka kita tidak bisa menghindari kata URL.

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. URL ini digunakan sebagai alamat dari sebuah website yang nantinya akan digunakan untuk memudahkan konsumen mengakses website Anda. Contohnya adalah dosenonline.id. Ini adalah salah satu contoh dari URL.

Panduantoko.com adalah sebuah alamat domain, akan tetapi ketika kamu mengakses salah satu artikel seperti dosenonline.id/cara-install-wordpress, maka yang akan terbuka bukan dihalaman utama lagi. Nah di sini /cara/install-wordpress/ ini disebut dengan URL permalink. Selain itu, dalam halaman website panduan toko yang lainnya juga akan memiliki URL permalink yang berbeda tergantung halaman yang sedang Anda buka.

Fungsi Permalink

Permalink

Nah sudah tahu bukan apa itu permalink? Jika sudah tahu apa yang dimaksud dengan permalink pasti Anda sendiri merasa penasaran bukan mengapa permalink ini harus digunakan? Pada dasarnya permalink adalah sebuah cara agar Anda dan para pengguna website yang lainnya mendapatkan kemudahan untuk mengakses sebuah website.

Selain itu, dilihat dari sisi pemilik website, permalink ini juga dapat digunakan untuk memudahkan pemberian judul SEO pada sebuah halaman website mereka. Perlu Anda tahu bahwa SEO adalah salah satu hal yang sangat penting dalam bisnis karena dapat membantu Anda mendapatkan pemasaran secara umum. Nah, lalu bagaimana Cara mengubah permalink di WordPress? Berikut ini ulasannya.

Permalink bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan SEO karena Anda bisa menggunakan keyword di permalink tersebut untuk mencari perhatian dari search engine. Ya, dengan menggunakan keyword pada permalink Anda, maka search engine akan lebih mudah menemukan website yang Anda miliki dan menampilkannya pada customer yang relevan dengan bisnis Anda.

Cara Mengubah Permalink di WordPress

Untuk Anda yang ingin mengubah permalink, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat website WordPress Anda terlebih dahulu. Setelah itu, berikut ini langkah-langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan.

  1. Masuk ke Setting -> Permalinks
    Pengaturan Permalink
  2. Secara default permalink wordpress berada pada opsi Day and name, ubah menjadi Post name supaya tidak ada tanggalnya
    Pilih Jenis Permalink
  3. Klik Save pada bagian bawah
  4. Langkah terakhir adalah dengan mengecek salah satu post di website Anda mengenai perubahan permalink yang sudah Anda lakukan tersebut
  5. Selesai

Ketik Anda akan menggunakan keyword seperti yang sudah disebutkan sebelumnya pada halaman website Anda, maka permalink yang harusnya digunakan adalah permalink custom. Dengan menggunakan permalink custom Anda bisa memilih permalink apa yang ingin Anda gunakan untuk boost kebutuhan website Anda.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai permalink untuk WordPress Anda. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat digunakan untuk meningkatkan pencapaian bisnis Anda. Cara mengubah permalink di WordPress bisa lebih maksimal jika dibarengi dengan riset konten dan riset keyword serta pembelajaran SEO untuk mencari permalink yang terbaik. Oleh karena itu, jika Anda belum mendapatkan pencapaian seperti yang Anda inginkan, maka jangan menyerah dan terus berusaha ya!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!