3 Cara Mengecek Email Aktif Atau Tidak di Gmail dan Yahoo

5/5 - (2 votes)

Sama halnya dengan nomor handphone, akun email juga bisa nonaktif karena berbagai alasan. Pengguna lain pun tidak bisa mengirim surat elektronik ke alamat email tersebut meskipun menggunakan layanan email marketing. Lantas, bagaimana cara mengecek email aktif atau tidak? Simak tutorialnya berikut ini.

Cara Mengecek Email Aktif Atau Tidak

Cara mengecek status email Yahoo berbeda dengan platform Gmail. Ikuti panduannya berikut ini atau langsung melangkah ke tips ketiga dengan memanfaatkan website alternatif.

Cara Mengecek Email Gmail Aktif atau Tidak

Salah satu penyebab akun email Gmail seseorang nonaktif yaitu karena pengguna tersebut menghapus akun Google miliknya. Sehingga alamat email tersebut sudah tidak bisa lagi menerima pesan dari siapapun.

Anda bisa mengecek status email Gmail orang lain masih online atau tidak melalui Google Console Admin. Yakni laman administrator Google yang secara khusus melayani berbagai keluhan dan kendala pelanggan Google. Berikut langkah-langkah cara mengecek email aktif di Gmail yang harus Anda lakukan.

Tutorial ini khusus yang menggunakan Gsuite atau Google Workspace

  • Masuk ke halaman Google Console Admin yang beralamat di https://admin.google.com/.
  • Masuk dengan menggunakan akun administrator yang telah terdaftar dan Anda pun akan menuju halaman Console Admin.
  • Jika sudah berhasil masuk beranda Console Admin, klik menu Pengguna dan perhatikan daftar pengguna yang terhubung.
  • Untuk melihat status masing-masing pengguna, langsung saja periksa melalui kolom Status.
    Cara Mengecek Email Gmail Aktif atau Tidak
  • Jika status aktif yang tertera berwarna merah, maka akun tersebut sedang ditangguhkan. Artinya, pengguna tidak bisa mengakses layanan Gmail dan Anda pun tidak bisa mengirim email kepadanya.
  • Jika status aktif tanpa teks berwarna merah, itu artinya pengguna tersebut masih aktif dan Anda bisa mengirim email kepadanya.

Cara Mengecek Email Yahoo Aktif atau Tidak

Cara Mengecek Email Yahoo Aktif atau Tidak

Cara untuk mengetahui alamat email Yahoo orang lain atau milik kita sendiri masih aktif atau tidak juga sangat mudah. Karena Anda bisa langsung cek di HP atau komputer yang terhubung dengan internet. Ikuti tutorial cara mengecek email aktif di Yahoo berikut ini.

  • Kunjungi halaman bantuan teknis Yahoo di alamat https://edit.yahoo.com/forgot.
  • Masukkan email yang ingin Anda cek statusnya, entah milik Anda sendiri atau orang lain. Ketik di kolom yang tersedia menggunakan alamat email lengkap atau ID emailnya saja.
  • Apabila email Yahoo yang Anda masukkan tadi masih aktif, maka Anda akan diminta mengganti kata sandi email tersebut.
  • Sedangkan jika status email tersebut tidak aktif, maka akan muncul keterangan bahwa email tersebut salah atau invalid username.

Cara Mengecek Email di Website Alternatif

Kedua cara di atas hanya berlaku jika email yang ingin Anda periksa merupakan email Gmail atau Yahoo. Lalu bagaimana dengan alamat email selain Gmail dan Yahoo? Apalagi, saat ini banyak orang maupun perusahaan yang menggunakan email dengan domain khusus.

Tidak perlu khawatir, selain menggunakan layanan email marketing seperti kirim email, sekarang tersedia banyak website atau aplikasi cek email untuk mengecek email aktif atau tidak. Berikut beberapa website verifikasi email yang bisa Anda gunakan.

Zerobounce.net

Website yang beralamat di https://www.zerobounce.net ini merupakan laman khusus yang melayani pengecekan email untuk berbagai keperluan. Anda bisa menggunakannya dengan mudah hanya dengan memasukkan alamat email yang ingin Anda periksa. Prosesnya pun cepat dan praktis.

Verifyemailaddress.org

Anda juga bisa mengecek status email aktif atau tidak melalui situs yang beralamat di https://www.verifyemailaddress.org ini. Cara kerjanya mirip dengan Zerobounce, yaitu meminta Anda memasukkan alamat email yang ingin Anda periksa. Lalu sistem akan menampilkan statusnya.

Verify-email.org

Jika ingin mencari tools pengecekan status email yang lain, Anda bisa kunjungi website https://verify-email.org. Cara pengecekannya juga cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mengetahui hasilnya.

Alternatif Website Lainnya

Sebenarnya masih banyak website alternatif lainnya yang menyediakan layanan pengecekan status email masih aktif atau tidak. Salah satunya yaitu Mailtester yang beralamat di http://mailtester.com dan Email Checker yang beralamat di https://www.email-checker.com.

Cara mengecek status email di web-web tersebut tidak berbeda jauh dengan tools pengecekan email lainnya. Anda tinggal menjajalnya satu per satu dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Cara mengecek email aktif atau tidak sangatlah mudah. Selain mengikuti panduan teknis yang tersedia di masing-masing penyedia email, Anda juga bisa memanfaatkan website alternatif dari pihak ketiga. Prosesnya pun cepat dan tidak memerlukan biaya.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!