FluentCRM : Plugin Email Marketing Automation Terbaik

Mengatur pemasaran melalui email adalah hal yang penting untuk Anda lakukan di sebuah perusahaan. Anda bisa menggunakan plugin FluentCRM, sebuah layanan otomatisasi email pemasaran yang di hosting sendiri dari WordPress dan terintegrasi dengan Fluent Form.

Dengan adanya FluentCRM maka Anda bisa melakukan pelayanan pelanggan, pemasaran dan penjualan, semuanya dalam satu plugin yang sama. Tentunya bisa menyebabkan pekerjaan Anda menjadi lebih ringkas dan mudah. Sebagai orang yang belum pernah mengenal aplikasi semacam ini maka mungkin Anda merasa asing, agar Anda bisa segera mendapatkan keuntungannya untuk kebutuhan perusahaan Anda maka Anda bisa membaca beberapa informasi berikut ini :

Apa Itu Fluent CRM?

Sebelum Anda mengenal lebih jauh apa itu Fluent CRM maka sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu tentang istilah CRM atau Customer Relationship Management. CRM ini pada intinya merupakan manajemen untuk berkomunikasi dan melayani pelanggan.

FluentCRM merupakan plugin email marketing automation yang fungsinya untuk mengurusi segala masalah terkait pelanggan, mulai dari kontak pelanggan, pemasaran, penjualan dan melakukan pelayanan yang berkaitan dengan pelanggan.

Biasanya FluentCRM ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang setiap saatnya berhubungan langsung dengan para pelanggan. Dengan FluentCRM maka pekerjaan yang berkaitan dengan pelanggan semuanya bisa dilakukan dalam satu waktu melalui sebuah aplikasi. Karena tentunya sangat memudahkan pekerjaan, maka Anda bisa memanfaatkannya dengan lebih baik untuk kelancaran pekerjaan di perusahaan.

Kenapa Harus Menggunakan Fluent CRM?

Kenapa Harus Menggunakan Fluent CRM

Dari berbagai review FluentCRM maka Anda bisa mendapatkan kesan yang sangat baik dari para klien yang sudah lebih dulu menggunakan FluentCRM. Software plugin email marketing yang satu ini banyak sekali direkomendasikan dan digunakan oleh berbagai perusahaan. Ada beberapa alasan untuk menjawab pertanyaan kenapa Anda harus menggunakan FluentCRM yang akan dijabarkan di bawah ini :

  • Memiliki banyak fitur

Ya, plugin email marketing yang satu ini memiliki banyak sekali fitur unggulan yang membuat Anda bisa memanfaatkannya untuk kegiatan pemasaran dan pengelolaan pelanggan. Dengan adanya fitur-fitur tersebut pekerjaan yang berkaitan dengan pemasaran bisa lebih disederhanakan dan tentunya menghemat waktu Anda, karena semuanya bisa dilaksanakan di dalam satu tempat yang sama.

  • Mudah Digunakan

Dalam review FluentCRM juga sering dikatakan bahwa FluentCRM ini sangatlah user friendly artinya mudah digunakan oleh siapa saja tanpa terkecuali. Karena semua langkah-langkahnya dijelaskan dengan bahasa yang sangat mudah dipahami, sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan untuk menggunakannya bahkan tanpa panduan sama sekali.

  • Harga Terjangkau

Sebagai seorang pengguna, Anda tentu akan selalu mencari layanan yang bisa digunakan dengan maksimal namun dengan harga yang seminimal mungkin. Untungnya FluentCRM ini menyajikan layanan dengan harga yang terjangkau. Tentunya juga tersedia berbagai paket dengan harga tertentu dan layanan tertentu yang membuat Anda bisa memilih dengan mudah layanan yang sesuai dengan kebutuhan serta dana yang Anda miliki.

  • Tersedia Support Untuk Mendampingi Anda

Selain itu sebagai pengguna tentunya Anda bisa saja akan merasa kebingungan saat terjadi kesalahan penggunaan plugin email marketing tersebut. Kelebihan menggunakan FluentCRM adalah Anda bisa mendapatkan support untuk mengatasi segala masalah yang Anda temukan saat menggunakan FluentCRM.

Tentunya bantuan ini benar-benar sangat menguntungkan sehingga masalah Anda bisa segera terselesaikan. Tim FluentCRM juga akan senantiasa mendampingi Anda agar bisa menggunakannya dengan maksimal. Anda bisa menghubungi tim FluentCRM melalui website resminya dan pasti akan mendapatkan respon yang cepat.

6 Fitur FluentCRM

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa FluentCRM ini memiliki banyak fitur, agar lebih jelas berikut ini 6 fitur utama dari FluentCRM :

  1. Fitur Pengelolaan Email (Email Campaign)

Email Campaign

Pada fitur utama ini Anda bisa mengelola email dengan lebih baik dan terorganisir. Anda bisa melakukan berbagai pengelolaan email seperti misalnya menulis email sebagai template, blast email langsung atau jadwal yang ke semua segment atau tag yang dipilih. Setelah melakukan broadcast akan ada report dari hasil jumlah terkirim, email yang dibuka, klik dan jumlah unsubscribe.

  1. Fitur Pengenalan Pengguna (Customer Data)

Customer Data

Fitur pelanggan ini Anda juga bisa lebih mengenal pengguna atau klien Anda dengan lebih baik lagi. Karena di dalam FluentCRM itu juga tercatat history atau catatan mengenai para klien / pengguna telah membeli apa.

  1. Fitur Pengaturan Klien Sesuai Segmen (Contact Segmentation)

Contact Segmentation

Anda juga bisa gunakan FluentCRM untuk mengelola klien Anda dan mengkategorikannya ke berbagai segmen agar mempermudah Anda dalam mengirimkan email dan lainnya. Selain segment, Anda juga bisa menambah tag pada email klien Anda.

  1. Fitur Pengurutan Email (Email Sequences)

Email Sequences

Dengan fitur yang satu ini Anda juga bisa lebih mudah dalam mengurutkan email-email dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda setiap harinya.

Misal Anda membuat lead magnet template gratis dan membuat email squence seperti ini :

  • Hari ke 1 : Link download
  • Hari ke 2 : Edukasi Produk 1
  • Hari ke 3 : Edukasi Produk 2
  • Hari ke 4 : Promosi Produk
  • Hari ke 5 : Promosi Produk dengan Bonus
  1. Fitur Otomatisasi Email Pemasaran (Email Marketing Automation)

Email Marketing Automation

Fitur lainnya yang memudahkan Anda adalah fitur otomatisasi email pemasaran, dengan Fluent CRM Anda bisa mendesain email dengan semenarik mungkin untuk kebutuhan pemasaran.

  1. Fitur Pelaporan (Reports and Analytics)

Reports and Analytics

Agar Anda bisa mengelola kebutuhan klien dengan lebih baik maka FluentCRM juga menyediakan berbagai fitur bantuan seperti pelaporan sehingga semuanya bisa tercatat dengan baik, semuanya langsung di dalam plugin email marketing tersebut.

Integrasi Yang Tersedia

Jika Anda menggunakan FluentCRM maka Anda bisa mendapatkan banyak integrasi yang berbeda untuk kemudahan pekerjaan Anda.

Integrasi Fluent CRM

Berikut ini beberapa integrasi andalan FluentCRM berdasarkan review FluentCRM dari para pelanggan :

  • Fluent Forms

Fluent Form merupakan plugin utama yang harus diaktifkan untuk membuat formulir yang dihubungkan pada Fluent CRM itu sendiri. Plugin ini juga dapat membantu Anda untuk mengumpulkan informasi tentang klien-klien yang merasa tertarik dengan perusahaan yang Anda jalankan dengan cara membuat berbagai formulir yang menarik.

  • WooCommerce

Plugin E-Commerce terbesar di dunia pada CMS wordpress yang digunakan oleh 5jt+ pengguna lebih. Anda bisa integrasikan Woocommerce ke Fluent CRM dari pengguna yang membeli produk dan bisa digunakan untuk followup maupun promosi produk lainnya setelah customer membelinya.

  • Easy Digital Download

Ini merupakan integrasi berupa ecommerce yang digunakan dalam penjualan buku atau dokumen digital seperti ebook misalnya. Dengan Easy Digital Download maka tentunya Anda bisa dengan mudah mengatur segala macam berkas yang dibutuhkan untuk pemasaran.

  • Paid Membership Pro

Terdapat integrasi yang membantu Anda sebagai anggota tetap berbayar agar bisa mendapatkan berbagai macam fasilitas yang tentunya berbeda dengan anggota yang tidak berbayar. Dengan pembelian keanggotaan maka tentunya Anda bisa mendapatkan banyak kemudahan dan bisa mendapatkan manfaat yang jauh lebih luas lagi untuk kebutuhan pengelolaan email dan pemasaran.

Selain ke-4 integrasi di atas tentunya masih ada banyak lagi integrasi lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan FluentCRM. Di berbagai review FluentCRM banyak menyebutkan FluentCRM sebagai plugin email marketing yang sangat lengkap fitur dan integrasinya.

Harga

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa FluentCRM ini menyediakan berbagai paket dengan harga berbeda dan fasilitas yang berbeda pula. Namun demikian sebagai orang yang belum pernah menggunakan plugin email marketing seperti ini, Anda pun bisa menggunakan plugin ini tanpa berbayar alias gratis, bisa langsung download di menu plugin wordpress atau klik tombol dibawah ini.

Nah untuk versi Pro ada 3 paket lisensi pertahun, yaitu :

  1. Single Site License : $129
  2. 5 Site License : $249
  3. 50 Site License : $499

Semua lisensi tersebut bisa langsung auto update dari dashboard wordpress, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan yang akan dipakai. Untuk alternatif lainnya Anda bisa menggunakan mailketing atau kirim email jika ingin menggunakan versi SAAS.

Tapi jika Anda ingin mengelola semua database yang Anda miliki sendiri, Anda bisa memilih Fluent Form ini karena datanya ada di server Anda sendiri.

Terakhir di Update 26 Agustus 2021

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!