Cara Membuat Ongkos Kirim di WooCommerce Gratis

5/5 - (1 vote)

Dalam transaksi online, masalah ongkos kirim bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pembelian atau tidak. Maka dari itu, Anda harus memilih partner jasa kirim yang tepat agar tidak membebankan ongkos kirim kepada pelanggan. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara membuat ongkos kirim di WooCommerce setelah install woocommerce selesai agar toko online 100% siap beroperasi.

Cara Membuat Ongkos Kirim di WooCommerce

Plugin Ongkos Kirim Gratis

Bila Anda tengah mencari plugin untuk memasang ongkos kirim, maka Anda bisa menggunakan OngkosKirim.id. Sesuai namanya, OngkosKirim.id merupakan plugin WooCommerce dan WordPress yang digunakan untuk menghitung ongkos kirim ketika Anda berbelanja.

Plugin yang satu ini sudah integrasi dengan sejumlah ekspedisi ternama Tanah Air, seperti TIKI, JNE, Sicepat, POS, dan lain sebagainya. Dibandingkan dengan plugin lain, OngkosKirim.id menawarkan berbagai fitur yang akan memudahkan pembeli maupun penjual.

Untungnya lagi, OngkosKirim.id sudah mengembangkan API sendiri. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan API Raja Ongkir bila ingin memakai plugin ini, dan plugin ini GRATIS.

Cara Menggunakan Plugin OngkosKirim.id

Ongkos kirim merupakan tarif biaya yang harus dibayarkan pembeli kepada pihak ekspedisi. Adapun, layanan ekspedisi merupakan pihak yang mengambil barang dari tempat penjual, kemudian mengantarnya ke tempat pembeli.

Salah satu plugin yang kerap dipakai penjual WooCommerce adalah OngkosKirim.id. Bukan hanya sudah ter-integrasi dengan banyak layanan ekspedisi, cara membuat ongkos kirim di WooCommerce juga terbilang sangat mudah dan cepat. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, install dan aktifkan plugin ini dengan cara menuju Dashboard Admin, kemudian pilih Plugins
  2. Setelah itu, ketik OngkosKirim.id
    Cara Install Plugin Ongkir
  3. Untuk mengatur ongkos kirim, dari Dashboard Navigasi, Anda bisa ke menu WooCommerce -> Pengaturan -> Pengiriman -> OngkosKirim.id
    Cara Setting Plugin Ongkir
  4. Centang Enable supaya ongkos kirim di halaman checkout tampil
  5. Pada bagian Pilih Ekspedisi, pilih kurir yang diinginkan
  6. Di bagian Lokasi Toko, pilih alamat / kota toko online Anda yang untuk pengiriman
  7. Aktifkan fitur Tampilkan berat pengiriman? untuk menampilkan berat pengiriman ketika pelanggan checkout di toko online Anda
  8. Anda juga bisa mengaktifkan fitur Kode Unik untuk mempermudah cek mutasi transaksi di rekening bank.

Jik Anda ingin membeli theme toko online yang sudah include dengan plugin ongkir premium Anda bisa memilih tokopress atau cepatlakoo, karena fiturnya bisa langsung input dari kecataman tanpa input kota terlebih dahulu sehingga lebih praktis.

Kelebihan Plugin OngkosKirim.id

Plugin OngkosKirim.id memang terbilang belum lama melayani masyarakat. Kendati demikian, plugin ini memiliki tim cerdas di dalamnya dengan layanan yang mumpuni. Maka dari itu, tak heran jika plugin ini bisa bersanding dengan plugin lain yang sudah ternama.

Selain itu, plugin ini juga menawarkan sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki plugin lainnya. Beberapa kelebihan OngkosKirim.id adalah sebagai berikut.

Data Real Time

Cara membuat ongkos kirim di WooCommerce tadi sudah Anda ketahui. Bukan hanya mudah, OngkosKirim.id juga menawarkan data yang di update secara real time. Jadi, pelanggan Anda akan mendapat harga terkini dari setiap ekspedisi yang dipilih.

Banyak Pilihan Ekspedisi

Ketika memilih plugin ongkos kirim, tentu saja Anda harus mencari plugin yang menawarkan banyak pilihan ekspedisi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan karena masing-masing ekspedisi memiliki standar tersendiri dalam hal kecepatan pengiriman barang.

Fitur Kode Unik

Kelebihan yang terakhir adalah adanya fitur kode unik. Fitur ini bisa digunakan untuk menambahkan beberapa perak setiap pelanggan membayar agar admin mudah melakukan pengecekan atas pembayaran yang dilakukan.

Untuk membuat kode unik, Anda bisa ke menu WooCommerce, kemudian pilih Settings dan Shipping. Klik OngkosKirim.id, lalu Add Unique Code for Each Orders. Masukan jumlah kode unik pada bagian How Many Unique Code Digit, kemudian pilih Save Changes.

Harga Plugin OngkosKirim.id

Selain mendapat berbagai kemudahan dan keuntungan, plugin OngkosKirim.id juga dibanderol dengan harga yang sangat bersahabat. Bahkan, Anda bisa mencoba versi gratisnya untuk selamanya. Apa yang akan didapatkan pada versi gratisnya?

  1. Bisa dipakai pada 1 website
  2. Rincian ongkir sangat detail sampai tingkat kecamatan
  3. Layanan ekspedisi yang bisa dipakai adalah Wahana, JNE, POS, J&T, TIKI, dan Sicepat

Untuk paket PRO seharga Rp199 ribu, Anda akan mendapatkan:

  1. Rincian ongkir cukup detail sampai kecamatan
  2. Mendapat prioritas layanan dengan masa aktif 1 tahun
  3. Layanan ekspedisi sangat banyak, mulai dari JNE, POS, JNE YES, TIKI ONS, JNE OKE, Sicepat, Sicepat BEST, Wahana, dan J&T
  4. Bisa digunakan 1 website

Terakhir, ada paket PRO Multi Site yang berisi semua layanan di paket PRO. Hanya saja, paket ini bisa digunakan untuk 5 website.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan plugin OngkosKirim.id? Cara membuat ongkos kirim di WooCommerce memang sangat mudah dan banyak pilihan. Maka dari itu, Anda harus bijaksana dalam memilih plugin untuk memaksimalkan omset penjualan.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!