Cara Install dan Setting WooCommerce

Setelah teman-teman install wordpress dan pasang theme toko online yang bagus, langkah selanjutnya yaitu install plugin woocommerce. Berikut ini cara Install WooCommerce :

Apa itu WooCommerce?

Untuk Anda yang belum tahu mengenai WooCommerce kami akan berikan informasi terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan WooCommerce. WooCommerce adalah sebuah plugin wordpress yang biasa digunakan untuk melengkapi sebuah E-Commerce.

WooCommerce merupakan open source e-commerce yang hanya bisa digunakan untuk CMS WordPress. Plugin ini merupakan salah satu plugin yang dibuat untuk website e-commerce yang memiliki skala kecil maupun skala yang besar.

Secara sejarah plugin ini dirilis pada 27 September 2011 dan sangat cepat mendapatkan popularitas karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan tersebut mulai dari kemudahannya untuk diinstal, kemudahan kustomisasi dan juga biaya penggunaan yang gratis.

Fungsi WooCommerce

Lalu apa saja fungsi yang dimiliki oleh WooCommerce? Untuk fungsinya? WooCommerce memang ditujukan untuk membantu WordPress yang Anda miliki dapat beroperasi sebagai sebuah website untuk berjualan.

Dengan begitu, website sederhana Anda bisa menjadi lebih bermanfaat dan lebih menguntungkan untuk digunakan dalam memulai bisnis karena dapat berfungsi sebagai e-commerce.

Kelebihan Menggunakan WooCommerce

WooCommerce

Bagaimana dengan kelebihan dari WooCommerce? Untuk Anda yang ingin tahu apa saja kelebihan dari WooCommerce ini, maka berikut ini adalah ulasannya.

  • Gratis 

Salah satu kelebihan dari WooCommerce adalah penggunaannya yang gratis. WooCommerce merupakan plugin yang melengkapi WordPress. Oleh karena itu, akan lebih baik jika plugin pembantunya juga gratis bukan? Hal inilah yang membuat WooCommerce sangat cocok untuk WordPress.

  • Sifatnya open source 

Kelebihan lain yang dimiliki oleh WooCommerce adalah sifatnya yang open source. Sifat open source yang dimiliki oleh WooCommerce ini membuat Anda bebas melakukan modifikasi pada website bisnis yang Anda miliki.

Yang dapat diedit dari WooCommerce bukan hanya fungsionalitas yang dimilikinya. Jika Anda ingin memberikan kesan yang unik dan menarik untuk tampilan produk yang Anda miliki, menggunakan WooCommerce juga akan memberikan keuntungan bagi Anda. Pasalnya WooCommerce sendiri bisa membantu memperlihatkan penampilan sesuai yang Anda harapkan.

  • Mudah untuk digunakan 

Karena WordPress adalah sebuah alat bisnis yang menawarkan kemudahan, maka plugin yang dimilikinya juga harus digunakan dengan cara yang mudah. Cara penggunaan yang mudah ini juga menjadi salah satu kekuatan dari WooCommerce.

  • Dapat digunakan pada banyak device 

Ketika akan membuat sebuah website untuk bisnis, salah satu hal yang paling penting adalah memastikan bahwa website Anda bisa diakses dari banyak device. WooCommerce merupakan salah satu plugin yang mampu menyediakan kemudahan tersebut. Karena sangat mudah ditampilkan, maka customer dapat belanja produk Anda dengan mudah dengan ragam perangkat yang mereka miliki.

  • Memiliki keamanan yang terjamin 

Hal yang paling menarik dari WooCommerce adalah mengenai keamanannya. Meskipun WooCommerce merupakan alat yang bisa didapatkan dengan cara yang gratis, akan tetapi alat ini tidak perlu di pertanyakan mengenai keamanannya. Pasalnya, WooCommerce merupakan alat yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan yang besar sehingga meski gratis dan memiliki Cara Install dan Setting WooCommerce yang mudah, maka alat ini tetap aman dan terpercaya.

Cara Install WooCommerce

Lalu bagaimana dengan cara install WooCommerce ini? Untuk menginstal WooCommerce ini ada 2 langkah yang harus dilakukan yaitu :

1. Melakukan instalasi melalui admin WordPress 

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin menggunakan WooCommerce untuk membuat WordPress Anda menjadi website e-commerce adalah melakukan instalasi WooCommerce melalui admin WordPress. Instalasi ini bisa dilakukan dengan langkah berikut ini.

  1. Masuk ke halaman plugin, klik add new
  2. Cari WooCommerce
    Install Plugin WooCommerce
  3. Klik install now
  4. Klik activate now, setelah itu akan masuk ke WooCommerce wizard

Setelah melakukan langkah tersebut Anda bisa mencari menu WooCommerce di halaman website Anda. Setelah itu instalasi dari WooCommerce selesai, secara otomatis kamu akan diarahkan ke pengaturan toko..

2. Setting Menggunakan WooCommerce Wizard

Proses instalasi selanjutnya adalah proses instalasi dengan menggunakan WooCommerce wizard.

Setting WooCommerce Wizard

Langkah ini sangat mudah karena setelah proses aktivasi selesai dilakukan karena kita sudah dipandu step by step sampai konfigurasi selesai.


Itulah cara install WooCommerce di website wordpress dari Dosen Online, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman.

Terakhir di Update 27 Juni 2021

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!