Cara Membuat Kupon Diskon di WooCommerce Beserta Jenis Kuponnya

5/5 - (1 vote)

Masyarakat Indonesia memang sangat suka berbelanja di e-commerce. Salah satu alasannya adalah karena banyak diskon dan penawaran menarik. Layaknya e-commerce lainnya, WooCommerce juga menyediakan pembuatan kupon diskon bagi para penjual. Anda juga bisa membuat kupon gratis ongkir di woocommerce. Pada kesempatan kali ini, mari simak bagaimana cara membuat kupon diskon di WooCommerce.

Manfaat Kupon Diskon

Kupon diskon merupakan salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian pelanggan. Keberadaan diskon menjadi bukti nyata bahwa Anda menghargai pelanggan dan memberikan layanan terbaik. Apalagi, di Indonesia masyarakatnya cenderung suka membeli hal yang berbau gratis dan ada kata diskonnya.

Bagi pelanggan, kupon diskon bermanfaat untuk mengurangi sejumlah biaya, entah itu biaya ongkos kirim, harga produk, dan lain sebagainya. Sementara itu, bagi penjual, kupon diskon memiliki banyak sekali manfaat, seperti:

  1. Meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan
  2. Meningkatkan omset penjualan
  3. Mendatangkan pelanggan tetap yang berkemungkinan untuk melakukan repeat order
  4. Menjadi sarana personal branding dan promosi
  5. Merupakan bagian dari digital marketing

Cara Membuat Kupon Diskon di WooCommerce

Cara membuat kupon diskon memang sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, masyarakat Indonesia suka berbelanja bila ada potongan harga atau promo menarik lainnya. Berikut beberapa tahapan yang harus Anda lalui dalam membuat kupon diskon di WooCommerce.

  1. Pertama, buka menu WooCommerce dan klik Pengaturan
  2. Pada tab Pengaturan Umum, Anda bisa scroll ke bawah dan pilih Aktifkan Penggunaan Kode Kupon
    Cara Mengaktifkan Kupon Diskon di WooCommerce
  3. Berikutnya, masuk ke menu Pemasaran dan pilih Kupon. Ingat, menu ini tidak ada dalam menu utama WooCommerce
    Menu Kupon WooCommerce
  4. Klik tombol Tambah Kupon untuk membuat kupon sendiri
  5. Pada bagian pengaturan kupon, masukan judul yang sesuai dengan jenis kupon Anda. Misalnya, Anda mengadakan promo diskon 15%. Maka, ketikkan PROMO15
    Cara Membuat Kupon Diskon di WooCommerce
  6. Atur jumlah kupon dan tanggal kadaluarsanya
  7. Terakhir, simpan semua perubahan

Jenis Kupon Diskon di WooCommerce

Setelah mengetahui cara membuat kupon diskon di WooCommerce, mari simak kupon diskon apa saja yang bisa Anda buat disini.

Promo Gratis Ongkir

Promo Gratis Ongkir

Sebenarnya, belanja online memang lebih disukai masyarakat Indonesia. Namun, beberapa golongan masyarakat lebih memilih belanja offline di pasar tradisional karena terkendala masalah ongkos kirim.

Kebanyakan pelanggan mengeluh harga ongkos kirim terlalu mahal, sehingga membebankan biaya pembelian. Parahnya, ada beberapa kasus dimana biaya ongkos kirim jauh lebih mahal daripada harga barangnya.

Bila terus seperti ini, tentu saja minat masyarakat akan belanja online menjadi semakin menurun. Maka dari itu, Anda bisa memberikan promo gratis ongkos kirim dengan cara mencentang kolom ‘kupon memberikan pengiriman gratis’. Fitur ini kompatible dengan semua jenis plugin ongkos kirim.

Promo untuk Pembeli Tercepat

Promo untuk Pembeli Tercepat

Jenis promo selanjutnya dikhususkan untuk beberapa orang saja. Misalnya, Anda mengadakan promo untuk 100 pembeli tercepat. Maka, hanya 100 orang pertama saja yang bisa menikmati promo ini. Untuk mengaturnya, Anda bisa ke tab Batas Penggunaan.

Promo untuk Tanggal Tertentu

Promo untuk Tanggal Tertentu

Jenis promo selanjutnya adalah menentukan batasan tanggal. Biasanya, e-commerce menyediakan promo tiap tanggal tertentu. Misalnya, promo 11.11 yang diadakan pada 11 November atau 12.12 yang diadakan pada 12 Desember. Cara mengaturnya adalah dengan mengubah tanggal kadaluarsanya.

Promo untuk Produk Tertentu

Promo untuk Produk Tertentu

Apakah Anda berpikir jika memberikan promo terlalu sering bisa membuat Anda rugi? Jangan khawatir, Anda bisa menerapkan kupon diskon ke beberapa produk saja. Jadi, jangan sampai memasang diskon ke produk yang membuat Anda rugi.

Misalnya, Anda memberikan promo 30% untuk merek tas A. Maka, pelanggan hanya bisa mendapat potongan harga bila membeli tas A.

Promo dengan Minimal Belanja

Promo dengan Minimal Belanja

Jenis promo yang satu ini cukup banyak digunakan penjual karena terbukti ampuh. Sesuai namanya, penjual hanya akan memberikan potongan bila Anda sudah memenuhi target minimal belanja yang ditentukan.

Misalnya, penjual memasang promo diskon 30% untuk pembelian minimal Rp500 ribu. Bila Anda belanja Rp550.000, maka Anda hanya perlu membayar sekitar Rp385 ribu saja.

Promo Potongan Harga

Promo Potongan Harga

Jenis promo ini hampir mirip seperti sebelumnya. Hanya saja, tidak ada minimal belanja. Biasanya, penjual memberikan potongan tetap berapapun nominal belanjanya. Tapi, angka potongan yang diberikan tidak terlalu besar. Umumnya, berkisar di angka Rp 5.000 sampai Rp 15.000. Anda bisa membuat tipe diskon menjadi diskon tetap atau berdasarkan persentase.

Ternyata, cara membuat kupon diskon di WooCommerce sangat mudah dan cepat. Sebagai penjual yang bijak, Anda memang perlu mengadakan promo sesekali. Tapi, jangan terlalu sering supaya Anda tidak merugi.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!