Harap matikan Adblock sebelum mengakses website ini.

8 Tips Memilih Smartphone Untuk Bisnis

Di era digital seperti saat ini penggunaan smartphone tak hanya sebagai alat komunikasi saja. Dari benda persegi ini bahkan bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan dengan bisnis berbasis online. Online shop juga semakin digandrungi karena dirasa lebih praktis dibandingkan harus mengunjungi tokonya langsung. Jika anda tertarik untuk berbisnis, maka anda harus memiliki smartphone yang handal. Yuk simak tips memilih smartphone untuk bisnis anda berikut.

Sistem Operasi Yang Sesuai Kebutuhan

Tips memilih smartphone untuk bisnis yang pertama yaitu menentukan sistem operasi yang pas. Seperti yang kita ketahui, sistem operasi yang ada pada smartphone tidak hanya Android. Masih ada sistem operasi IOS yang juga bisa anda pertimbangkan untuk jadi smartphone andalan anda. Setiap sistem operasi tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan maing masing yang harus anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Misalnya untuk sistem Android yang lebih banyak dipakai, lantaran ia bisa bebas mengakses aplikasi tanpa harus membayar.

Sehingga jika anda memang membutuhkan banyak aplikasi sekaligus dalam satu smartphone maka lebih disarankan untuk menggunakan Android. Karena penggunduhan aplikasi lebih mudah dan bisa dilakukan di mana saja tak hanya di Play Store. Sistem android juga lebih mudah digunakan oleh semua usia. Bisa dikatakan jika sistem Android lebih ramah dari pengoperasiannya hingga ramah kantong untuk aplikasinya.

Namun jika anda membutuhkan sistem yang lebih aman, maka IOS adalah pilihan paling baik dan disarankan. IOS menggunakan sistem close source sehingga menghindarkan anda dari ancaman malvere maupun virus dan juga hacking yang jelas merisaukan. IOS juga dibekali dengan open source namun hanya untuk pengguna IOS sendiri dengan mengisntal aplikasi melalui Apple Store yang pastinya telah terjamin untuk kualitas dari aplikasinya.

Memilih RAM Yang Multitasking

Memilih RAM Yang MultitaskingTips memilih smartphone untuk bisnis selanjutnya adalah dengan memperhatikan RAM yang disematkan. Seorang pebisnis oenline tentunya membutuhkan bisa melakukan banyak  hal dalam satu ponsel atau bisa disebut multitasking. Ponsel bagi seorang pembisnis online merupakan senjata karena anda membutuhkan untuk memudahkan pekerjaan. Tak jarang harus melayani berbagai customer dengan banyak aplikasi chatting sehingga ponsel pintarnya harus bisa multitasking.

Ponsel pintar yang tiba tiba ngelag tentunya akan menghambat jalannya bisnis anda. Apalagi saat ini customer cenderung tidak menyukai online shop yang slow respon. Tidak ada tanggapan, pelanggan bisa hilang karena tak sabar menunggu. Untuk itu RAM perlu diperhatikan dalam pemilihan ponsel pintar. Minimal RAM yang sudah mumpuni untuk bisnis adalah 2GB, RAM lebih tinggi tentunya akan lebih baik dengan performa kencang.

Jika RAM yang anda miliki tidak terlalu banyak, maka anda harus sangat rajin untuk membersihkan cache. Hal ini untuk menghindarkan smartphone yang lemot ketika digunakan. Meskipun RAM anda mumpuni pembersihan cache ini juga penting dilakukan. Semakin banyak aktifitas ponsel anda, maka semakin banyak sisa sampah yang harus dibersihkan. Untuk itu RAM menjadi tips memilih smartphone yang tak bisa dilewatkan.

Memilih Kamera Yang Beresolusi Tinggi

Cara memilih smartphone untuk bisnis selanjut yaitu tetnag kamera. Kamera juga harus diperhatikan jika ingin jadikan ponsel pintar sebagai ladang bisnis anda. Bukan untuk menjadikan anda bisa mengabadikan banyak momen dengan hasil lebih baik. Namun bisnis online hanya mengandalkan dari foto yang dipajang di beberapa platform maupun media sosial. Sehingga sudah dipastikan jika anda membutuhkan smartphone dengan resolusi kamera yang tinggi untuk memuaskan pelanggan anda.

Dengan kamera yang mumpuni anda bisa membuat etalase produk dengan lebih menarik dan detail. Gambar yang tajam akan membuat mereka semakin yakin dengan produk yang anda tawarkan. Saat ini anda juga sangat mudah menemukan ponsel dengan kamera yang resolusinya tinggi. Bahkan kini sudah hadir smartphone dengan 4 kamera di belakang. Membuat anda semakin puas untuk memfoto produk produk yang anda tawarkan.

Kapasitas Penyimpanan Yang Lega

Kapasitas Penyimpanan Yang LegaTidak hanya RAM, penyimpanan internalnya juga masuk dalam tips memilih smartphone selanjutnya. Anda tidak hanya akan menyimpan foto produk anda, namun juga data pelanggan hingga video. Data internal yang sudah cukup lega untuk digunakan dalam bisnis anda adalah 64 GB. Terlihat besar namun jika sudah berjalan bisa saja memori tersebut masih kurang. Sehingga anda membutuhkan memori eksternal untuk menunjang performa.

Kapasitas penyimpanan yang besar juga akan membuat anda lega untuk mengunduh beragam aplikasi yang dibutuhkan. Mulai dari Whats App, Instagram, hingga aneka platform tentu harus anda unduh guna mendukung bisnis anda. Jika penyimpanan tidak banyak anda akan sering menemukan pemberitahuan jika penyimpanan penuh. Belum lagi akan berpengaruh pada performanya yang mendadak lelet yang jika penyimpanannya tidak memadai.

Layar Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Tips memilih smartphone untuk bisnis yang ke 5 yaitu menentukan layar hp. Memandang smartphone lebih sering pastinya akan lebih puas dan nyaman jika layarnya lega. Kegiatan chatting ataupun lainnya juga akan lebih mudah jika layarnya besar.

Bayangkan saja jika layar yang digunakan terlalu kecil pastinya tidak akan nyaman. Saat ini anda sudah bisa menemukan layar dengan ukuran 5,5 inch yang rata rata sudah mumpuni. Pastikan meskipun layarnya lega tetap nyaman dalam genggaman anda untuk tips memilih smartphone selanjutnya.

Konektivitas dan Baterai Yang Memadai

Jangan salah konektivitas pada smartphone juga harus anda teliti. Saat ini jaringan yang digunakan merupakan jaringan 4G, dan akan hadir dengan generasi 5G. Konektivitas yang sudah canggih akan membuat anda bisa lancar dan maksimal. Dengan dukungan dual sim juga akan memudahkan komunikasi anda dengan relasi. Konektivitas nantinya juga berhubungan dengan jaringan internet yang anda gunakan nantinya.

Konektivitas tak hanya perihal jaringan komunikasi yang digunakan. Tambahan alat seperti bluetooth ataupun sharing filenya harus diperhatikan. Baterai juga menjadi poin penting untuk membuat smartphone anda handal digunakan. Dengan baterai yang berdaya tinggi tentunya anda bisa lebih lama menggunakan. Sebaiknya juga memilih smartphone yang menyediakan fitur fast charging.

Sesuaikan Dengan Budget Anda

Budget juga sangat penting untuk anda perhatikan untuk memilih ponsel yang digunakan berbisnis. Semakin tinggi spesifikasi smartphone maka akan semakin tinggi juga harga yang ditawarkan.

Namun bukankah hal tersebut akan menjadi modal awal anda? jika bisnis berjalan lancar harga untuk smartphone juga bisa kembali. Saat ini sudah banyak smartphone dengan harga yang ramah namun spesifikasinya jempolan.

Memilih Produsen Smartphone Terpercaya

Tips memilih smartphone untuk bisnis yang terakhir yaitu dengan memilih produsen smartphone terpercaya. Jika anda ingin mendapatkan smartphone handal maka tips memilih smartphone selanjutnya adalah melihat produsen smartphonenya. Sebaiknya anda memilih merk smartphone yang memang sudah teruji kualitasnya agar bisa tahan lama. Seperti yang kita ketahui saat ini sudah banyak sekali merk smartphone di Indonesia. Anda hanya perlu untuk melakukan riset dan memilih yang selalu memberikan kualitas terbaik.

Smartphone untuk bisnis terutama promosi online sudah seperti senjata yang memang harus dimiliki. Ponsel pintar yang multitasking dan juga handal akan membuat bisnis yang anda kelola berjalan lancar. Anda dituntut untuk cepat tanggap dengan pesanan, melayani customer dan sebagainya dan smartphone merupakan perantaranya. Meskipun tak jarang masih ada yang menggunakan laptop maupun pc untuk mendukung pelayanan semakin memadai.

Terakhir di Update 3 November 2020

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124