Harap matikan Adblock sebelum mengakses website ini.

10 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat Untuk Kerja Sama

Dalam melakukan sebuah usaha, anda harus memiliki rasa komitmen yang tinggi, fokus, dan memiliki kreativitas dalam sebuah bisnis. Tekad yang kuat ini bisa didukung dengan memilih partner bisnis yang baik dan berkualitas. Sehingga penting bagi anda untuk mencari partner bisnis yang baik, agar bisnis Anda tidak tumbang. Nah mari simak ulasan tips memilih partner bisnis berikut.

Tips Memilih Partner Bisnis

Jiwa Wirausaha

Sebelum memilih rekan atau mitra bisnis, anda harus melakukan survey terlebih dahulu mengenai beberapa kandidat terbaik yang sudah anda punya. Dari banyak sekali kandidat mitra bisnis tersebut cobalah mencari partner yang memiliki jiwa wirausaha yang tinggi. Seorang teman kerja yang memiliki jiwa wirausaha biasanya tidak mudah putus asa dalam berbisnis.

Hal ini bisa jadi nilai tambah yang positif jika anda ingin merekrutnya menjadi seorang partner bisnis. Sehingga anda bisa merencanakan bisnis anda sesuai dengan perencanaan yang sesuai. Anda juga bisa menilai potensi dari sang partner melalui kondisi finansial yang kuat, serta memiliki reputasi  yang baik di kalangan masyarakat.

Memiliki Pengalaman

Jika anda sedang mencari rekan bisnis yang sesuai dan bisa diajak kompromi, anda harus mencari tips memilih partner bisnis yang berpengalaman. Hal ini sangatlah penting mengingat bisnis tentunya akan lebih berpeluang mencapai kesuksesan. Jika salah satu pelaku bisnis ini memiliki pengalaman bisnis, bisa dijadikan pelajaran untuk bisnis yang hendak dirintis, contohnya rekan Anda sudah pengalaman dalam hal menentukan target market.

Tidak hanya memberikan pengalaman berbisnis saja, memiliki partner yang sudah berpengalaman akan membuat bisnis mudah untuk dijalankan. Misalnya saja jika anda ingin membuka bisnis kuliner, anda bisa mencari partner yang berpengalaman pada bidang kuliner. Dengan memiliki partner yang berpengalaman pada bidang bisnis yang hendak digeluti, bisnis anda akan mudah untuk dijalankan.

Partner yang Stabil Secara Finansial

Demi keberlangsungan bisnis anda, pilihlah rekan bisnis yang memiliki potensi finansial yang lebih stabil. Dengan memiliki rekan yang stabil dalam hal finansial, anda akan bisa lebih fokus  untuk menjalankan bisnis bersama anda. Namun bukan berarti jika rekan yang tidak memiliki finansial yang cukup tidak cocok untuk dijadikan rekan bisnis.

Hanya saja rekan bisnis yang tidak memiliki keadaan finansial yang stabil akan cenderung egois dalam hal bisnis. Hal ini akan berdampak kurang bagus untuk bisnis yang sudah dirintis. Pertimbangkan kandidat calon partner dengan baik agar anda tidak menyesal di kemudian harinya.

Memilih Partner yang Bisa Fokus

Cara memilih partner bisnis yang sangat penting untuk dipertimbangkan adalah rekan kerja yang bisa fokus. Fokus dalam bekerja ini sangat penting untuk bisa menjalankan suatu bisnis. Jangan memilih partner yang suka mencampuradukkan masalah pribadi dengan pekerjaan.

Pribadi yang demikian memiliki sifat yang tidak mudah fokus dalam menjalankan bisnis, karena ketidak mampuannya memisahkan urusan pribadi dengan pekerjaan.

Memiliki Rasa Tanggung Jawab

Tips memilih partner bisnis bisa anda lakukan dengan melihat tanggung jawab yang diberikan. Pilihlah partner bisnis yang memiliki rasa tanggung jawa yang tinggi terhadap kelangsungan bisnis yang sedang dijalankan. Hal ini adalah poin penting mengingat dengan memiliki rekan bisnis yang bertanggung jawab, akan menambah motivasi untuk melakukan yang terbaik.

Dampak dari rasa positif dan motivasi ini akan terasa pada diri anda pula. Rasa motivasi yang tinggi untuk memberikan pelayanan yang terbaik akan terus tumbuh demi kelangsungan sebuah bisnis. Berbeda dengan memilih partner yang tidak memiliki rasa tanggung jawab, ia akan cenderung lalai dan menyebabkan bisnis anda tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Memiliki Kedekatan Emosi

Cara memilih partner bisnis dengan memiliki kedekatan emosi. Untuk memilih seorang partner bisnis tidak melulu dengan orang yang tidak dikenal sebelumnya. Anda bisa memilih partner bisnis dari keluarga atau teman yang sudah anda kenal sebelumnya. Seorang rekan bisnis yang berasal dari keluarga atau teman biasanya akan memiliki kedekatan secara emosioanl dengan anda.

Dengan memiliki kedekatan emosional ini, anda akan lebih mudah untuk melakukan komunikasi dan berbagi ide bisnis. Berbeda dengan rekan bisnis yang merupakan partner yang baru saja dikenal. Anda pastinya akan memerlukan beberapa waktu untuk bisa merasa dekat secara emosional dengannya. Kondisi seperti ini tentunya akan menghambat jalanya bisnis anda dengan rekan kerja.

Mencari Partner Bisnis yang Jujur

Tips memilih partner bisnis selanjutnya ialah memastikan jika calon rekan kerja adalah pribadi yang jujur. Hal ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis anda. Apalagi sebuah kejujuran dalam berbisnis adalah modal utama untuk menuju gerbang kesuksesan.

Jangan sampai bisnis anda terkendala karena partner yang selalu membeberkan rahasia bisnis kepada orang lain.

Memilih Partner yang Bisa Bekerja Sama

Tujuan utama untuk memilih rekan kerja bisnis adalah agar menjalin kerjasama yang menguntungkan. Agar tujuan ini bisa tercapai, pastikan anda telah memilih rekan bisnis yang tepat. Cobalah cari rekan bisnis yang bisa diajak bekerja sama. Hal ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis yang anda jalankan.

Tips memilih partner bisnis selanjutnya ialah rekan yang bisa diajak bekerja sama. Sehingga anda tidak akan mengalami kesulitan saat menjalankan bisnis di masa depan. Memilih rekan yang mau bekerja sama ini akan membantu anda dalam menyukseskan bisnis yang anda jalankan. Rekan yang mau diajak kerja sama ini akan memberikan kemudahan dalam menjalani bisnis yang sudah dirintis.

Menggunakan Logika Bukan Perasaan

Kerja sama yang dilakukan oleh dua orang dalam dunia bisnis, memerlukan sebuah logika. Seringkali seseorang akan mudah tersinggung dan cenderung menggunakan perasaan saat melakukan usaha bersama.

Padahal anda harus menggunakan logika yang tinggi, untuk bisa menghadapi masalah yang terjadi di kantor. Jangan mudah untuk tertutup ego karena bisnis anda tidak akan berkembang.

Pembagian Kerja dan Modal

Tips memilih rekan bisnis selanjutnya adalah tentang kejelasan tentang tugas, hak, kewajiban serta distribusi modal yang sangat jelas. Anda juga harus memperhitungkan pembagian keuntungan karena hal ini sangat mempengaruhi keberlanjutan bisnis. Pembagian modal yang jelas akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Sehingga anda harus memperhitungkan pembagian kerja dan juga modal dengan sangat jelas.

Pembagian kerja dan modal ini bisa dimuat dalam sebuah lembaran surat yang sudah disertai dengan materai 6 ribu rupiah. Dalam surat perjanjian tersebut penting bagi anda untuk menuliskan berapa persen keuntungan yang akan didapat oleh kedua belah pihak. Tips memilih partner bisnis ini tidak hanya tertera dalam sebuah lembaran kertas. Perjanjian ini juga harus menjadi buku pegangan yang menjelaskan semua kewajiban partner bisnis.

Kesimpulan

Nah cara memilih rekan kerja tersebut bisa dijadikan pertimbangan sebelum memilih rekan kerja dalam bisnis. Rekan kerja ini sangat penting mengingat banyak sekali keuntungan bekerja sama dengan rekan kerja yang sudah anda pilih.

Dengan memilih rekan kerja yang memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi, sikap jujur dan juga mau diajak bekerja sama, akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Terakhir di Update 12 November 2020

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124