Cara Setting SMTP Email di WordPress Menggunakan FluentSMTP

Dalam sebuah bisnis, email menjadi salah satu hal yang penting untuk digunakan. Untuk itu berikut ini adalah cara setting SMTP email di WordPress yang harus Anda ketahui supaya email bisa terkirim, contohnya pada saat lupa password akun, dan yang terpenting yaitu pada saat ada orderan pada toko online Anda. 

Apa itu SMTP?

SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. Singkatnya SMTP adalah sebuah protokol yang digunakan untuk berkomunikasi. Komunikasi ini dilakukan antara satu server ke server lain untuk mengirim surat elektronik antara kedua server tersebut. 

Dalam proses pengiriman ini dikontrol dengan menggunakan MTA atau Mail Transfer Agent. MTA ini merupakan sebuah agen yang ada masing-masing server dari pengirim email. Selain membutuhkan MTA, untuk bisa mengirim email, maka SMTP akan membutuhkan port. 

Port yang digunakan untuk bisa mengirim email ini biasanya ada 3 yaitu port 25, 465 dan 587. Ketiga port ini merupakan port default dari SMTP yang bisa digunakan. 

Fungsi SMTP Email

Lalu apa yang menjadi fungsi dari email SMTP ini? Untuk fungsinya, email SMTP ini memiliki fungsi untuk mengirimkan email dari server yang satu ke yang lainnya. Sedangkan untuk menerima email tersebut akan dibutuhkan protokol lainnya yaitu protokol IMAP dan juga POP3. Hal ini menyebabkan ke 3 protokol ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya dalam kaitannya dengan proses mengirim dan menerima email.

Selain digunakan untuk mengirimkan email, SMTP juga memiliki banyak fungsi lain. Beberapa fungsi lain dari SMTP ini antara lain adalah :

  • Dapat digunakan untuk mempercepat pengiriman surat. Surat yang dulunya hanya bisa dikirimkan dengan menggunakan post, saat ini bisa dikirim dengan lebih mudah melalui sistem digital dengan menggunakan protokol SMTP ini.
  • Dapat digunakan untuk menjaga privasi
  • Dapat menghemat biaya karena tidak membutuhkan kertas, amplop dan prangko untuk bisa mengirimkan surat dari satu orang ke orang lainnya.
  • Pengiriman email dapat dilakukan lebih fleksibel, dari mana saja dan kapan saja.
  • Memudahkan komunikasi

Pentingnya penggunaan dari SMTP ini menjadikan SMTP sebagai salah satu perangkat atau protokol penting di sebuah komputer. Bagi Anda yang juga merasa membutuhkannya, berikut ini dalam cara setting SMTP email di WordPress yang bisa Anda ikuti.

Cara Setting SMTP Email di WordPress

Penggunaan SMTP memang sangat penting. Sayangnya pada website yang dibangun dengan menggunakan WordPress Anda mungkin tidak akan mendapatkan protokol SMTP ini secara otomatis. Akan tetapi Anda tetap bisa menikmati layanan protokol SMTP ini jika mengetahui cara melakukan setting nya.

Install Plugin FluentSMTP

Untuk bisa menggunakan SMTP di WordPress, maka terlebih dahulu Anda harus melakukan instalasi terlebih plugin yang berhubungan dengan SMTP ini terlebih dahulu. Salah satu plugin yang paling bagus untuk SMTP ini adalah plugin FluentSMTP.

Install Plugin Fluent SMTP

Plugin tersebut merupakan plugin yang bisa digunakan secara gratis dan fiturnya sangat lengkap. Hal inilah yang menyebabkan plugin ini direkomendasikan untuk digunakan. Lalu bagaimana cara instalasi dari SMTP ini? Untuk instalasi dari SMTP ini bisa dilakukan beberapa langkah berikut ini :

Lakukan instalasi plugin WP SMTP terlebih dahulu. Jika sudah selesai melakukan instalasi, maka plugin ini bisa digunakan.

Cara Mendapatkan Akun SMTP di Cpanel

Jika kamu menggunakan shared hosting dan cpanel, kamu bisa mendapatkannya secara gratis. Caranya yaitu :

  1. Membuat akun email.
    Buka Cpanel dan masuk ke menu Email Accounts -> Create
    Buat Akun Email DomainSetelah itu tinggal isi data dan buat akunnya.
  2. Masuk ke menu email lagi, dan klik Connect Devices pada email yang akan kamu gunakan.
    Connect Devices Email
  3. Disini kamu akan mendapatkan informasi SMTPnya, ada 2 yaitu SSL dan non-SSL. Gunakan yang SSL.Data SMTP Cpanel

Jika tidak menggunakan Cpanel, kamu bisa menggunakan SMTP Mailketing. Sekarang kita bisa lanjut cara setting smtp pada plugin. 

Konfigurasi SMTP

Penggunaan pertama dari plugin ini dilakukan dengan mengakses Fluent SMTP melalui menu Setting -> Fluent SMTP.

Banyak integrasi ke berbagai layanan SMTP, jika kamu menggunakan cpanel pilih Other SMTP seperti screnshoot dibawah ini :

Cara Setting Fluent SMTP

Setelah itu, Anda akan diarahkan pada halaman general setting dan masukkan informasi yang Anda inginkan pada halaman tersebut. Beberapa informasi penting yang harus diberikan antara lain :

  • Email pengirim
  • Nama pengirim yang diinginkan
  • Host dari SMTP (Outgoing Server pada Cpanel)
  • Tipe enkripsi (Gunakan SSL, jika tidak bisa pilih TLS)
  • Port SMTP (Gunakan port 465, jika tidak bisa pakai 587)
  • Username dan Password (Email dan password akun email yang sudah dibuat pada cpanel)

Cek setting yang sudah Anda buat. Untuk melakukan pengecekan, plugin Fluent SMTP juga menyediakan testing dan debugging sehingga Anda bisa cek terlebih dahulu apakah email Anda sudah berjalan sesuai dengan harapan atau belum. Jika konfigurasi dilakukan dengan benar, maka Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa email yang Anda kirim sudah berhasil.

Email Test SMTP

Jika notifikasi ini sudah Anda dapatkan, maka artinya konfigurasi Anda sudah berhasil dan email WordPress Anda siap untuk digunakan.

Hasil Email Test SMTP

Anda juga bisa cek di menu Email Logs untuk melihat data email yang terkirim.

Bagaimana sangat mudah bukan cara setting SMTP email di WordPress ini? Semoga artikel dari Dosen Online ini bermanfaat, apabila koneksi SMTP masih gagal bisa tanya pada komentar dibawah ini.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!