Cara Setting Pembayaran Transfer Bank di WooCommerce

5/5 - (1 vote)

Ketika belanja lewat e-commerce, tentu saja seluruh transaksi dilakukan secara online. Ada banyak cara setting pembayaran transfer bank di WooCommerce yang bisa Anda sesuaikan dengan milik Anda. Selain itu, cara settingnya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Berikut informasi selengkapnya.

Alur Pembayaran Menggunakan Metode Transfer Bank

Untuk membeli barang, tentu saja Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya. Semakin bagus dan berkualitas produk tersebut, maka harganya akan semakin mahal di pasaran. Namun, ternyata Anda bisa menemukan produk serupa dengan harga yang jauh lebih murah di toko online, seperti WooCommerce.

Saat melakukan transaksi di wooCommerce, status pembayaran Anda akan menjadi On-Hold bila belum membayar. Anda harus segera mengonfirmasi pembayaran dengan mengubah statusnya menjadi Completed agar barang bisa dikirim oleh penjual.

Bagi Anda yang baru pertama kali berbelanja di WooCommerce, sistem transaksi online seperti ini memang cukup membingungkan. Padahal, sebenarnya konsep pembayaran online sangat sederhana, praktis, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Berikut alur pembayaran menggunakan metode pembayaran transfer bank di WooCommerce.

  1. Pelanggan membeli produk, kemudian memilih metode pembayaran transfer di halaman checkout
  2. Pelanggan akan menerima email yang berisi nomor rekening beserta instruksi pembayaran
  3. Lalu, pelanggan bisa membayar sejumlah tagihan dan mengonfirmasi lewat form atau WhatsApp admin
  4. Admin akan memeriksa pembayaran dan merubah status pesanan dari On-Hold menjadi Completed
  5. Setelah status berubah, penjual harus mengirimkan produk ke pelanggan sebelum batas waktu yang telah ditentukan

Anda juga bisa melihat artikel sebelumnya tentang cara mengelola pesanan di woocommerce supaya lebih jelas.

Cara Setting Pembayaran Transfer Bank di WooCommerce

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa metode pembayaran transfer bank sudah ada di WooCommerce, sehingga tidak perlu plugin tambahan lagi. Maka dari itu, penjual harus mengerti bagaimana cara setting yang tepat agar pelanggan semakin puas. Berikut langkah-langkah cara setting pembayaran transfer bank di woocmmerce yang harus Anda lakukan  :

  1. Masuk ke WooCommerce, kemudian pilih Pengaturan
  2. Klik Pembayaran dan pilih Transfer Bank Langsung
    Menu Pembayaran Transfer Bank
  3. Anda juga bisa mengubah judul yang ditampilkan pada halaman checkout pelanggan
  4. Isi Deskripsi ketika pelanggan memilih metode pembayaran lewat transfer bank
  5. Jelaskan tata cara pembayaran ke rekening Anda melalui instruksi yang ringkas dan jelas
  6. Masukkan nama pemilik rekening, nomor rekening dan nama bank. Untuk menambah beberapa rekening klik tombol Tambahkan Akun
    Data Pembayaran Transfer Bank Woocommerce
  7. Jika semuanya sudah selesai, centang bagian Aktifkan transfer bank kemudian klik Simpan Perubahan

Pada halaman Thank Page, nomor rekening akan ditampilkan dan langsung dikirim ke email pelanggan saat selesai checkout.

Jika Anda ingin menambah metode pembayaran melalui virtual account bank atau Indomaret, Alfamart dan E-Wallet seperti Dana, Gopay dan OVO. Anda bisa menggunakan plugin payment gateway.

Kelebihan Metode Pembayaran Transfer Bank di Transaksi Online

Dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya, metode transfer bank jauh lebih disukai. Tentu saja ada sejumlah alasan yang mendasarinya. Beberapa kelebihan metode transfer bank adalah sebagai berikut.

Relevan dengan Zaman

Seperti yang diketahui, saat ini semua sudah serba canggih. Berbagai peralatan berteknologi canggih mulai bermunculan, sehingga semua bidang kehidupan semakin maju, tak terkecuali perbankan dan sektor keuangan lainnya. Maka dari itu, metode transfer bank dianggap paling relevan dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Menghemat Waktu dan Tenaga

Kelebihan selanjutnya adalah menghemat waktu dan tenaga. Kini, Anda bisa berbelanja dari rumah saja, sehingga tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan. Lewat transaksi online, Anda tidak perlu pergi ke pusat perbelanjaan atau pasar.

Apalagi, saat ini semua barang yang Anda cari tersedia di WooCommerce. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, produk kecantikan, alat rumah tangga, hingga bahan makanan pokok tersedia di WooCommerce.

Sementara itu, bagi penjual, WooCommerce juga sangat membantu karena dapat menaungi bisnis online. Dengan begitu, penjual bisa menghemat biaya sewa tahunan dan biaya operasional lainnya.

Banyak Diskon

Kelebihan lain yang membuat metode transfer bank di WooCommerce begitu disukai adalah banyaknya diskon dan potongan harga. Biasanya, diskon diberikan kepada nasabah bank tertentu pada hari tertentu. Tak tanggung-tanggung, diskon yang diberikan bisa mencapai 90%.

Meminimalisir Resiko Kejahatan

Terakhir, pembayaran lewat transfer bank juga bisa mengurangi tingkat kejahatan. Membawa uang tunai ke pusat perbelanjaan atau pasar sangat rawan akan resiko pencopetan. Selain itu, transaksi secara online juga bisa menjadi jaminan hukum yang kuat bila sewaktu-waktu terjadi masalah dengan pesanan Anda.

Jangan khawatir bila Anda membayar terlalu banyak atau sedikit uang. Anda bisa membicarakannya dengan penjual menggunakan bukti transaksi yang kuat lewat mutasi rekening. Bila ada penjual yang menipu, Anda juga bisa langsung melaporkannya pada pihak berwajib.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, maka cara setting pembayaran transfer bank di WooCommerce sangat disarankan dari dosen online. Apalagi, caranya juga sangat mudah dan praktis. Meskipun begitu, Anda tetap harus berhati-hati karena dalam transaksi online mencari penjual yang jujur cukup sulit untuk dilakukan.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!