6 Cara Meningkatkan Interaksi Facebook Paling Efektif

5/5 - (4 votes)

Mungkin Anda pernah mengalami tidak ada orang yang like atau komen postingan di Facebook. Padahal akun Anda memiliki teman hingga ribuan namun yang berinteraksi sangat sedikit. Hal ini terjadi karena Facebook menyaring postingan Anda, dengan ini Anda bisa hapus teman fb yang tidak aktif atau meningkatkan interaksi ke teman fb lainnya. Lalu bagaimana cara meningkatkan interaksi Facebook?

Dalam kebutuhan bisnis, meningkatkan interaksi postingan merupakan strategi marketing yang cukup penting. Semakin besar interaksi yang Anda peroleh terhadap bisnis tersebut, maka semakin luas target customer yang bisa dijangkau.

Cara Meningkatkan Interaksi Facebook pada Postingan Personal

Cara Meningkatkan Interaksi Facebook pada Postingan Personal

Sebelumnya, apa itu interaksi postingan? Interaksi postingan adalah jumlah total tindakan yang diambil orang pada konten Anda di Facebook.

Berikut cara meningkatkan interaksi facebook supaya postingan Anda muncul di timeline followers atau teman kita sehingga menghasilkan interaksi yang lebih banyak.

  1. Buka Facebook dan Log in akun.
  2. Setelah masuk, klik ikon 3 garis di pojok kanan atas. Kemudian akan diarahkan ke menu profil, pilihan fanpage dan beberapa fitur FB lainnya.
  3. Kemudian cari fitur “Most Recent” untuk laman berbahasa Inggris dan “Terbaru” untuk FB bahasa Indonesia. Fiturnya berwarna oranye dengan logo seperti wifi.
  4. Klik fitur tersebut. Maka timeline Anda akan berubah menampilkan posting terbaru dari teman-teman Anda.
  5. Setelah itu, interaksi dengan postingan teman yang statusnya menerangkan “Just Now” atau …….mins”, artinya mereka baru saja membuat postingan tersebut.
  6. Berikan interaksi dalam bentuk komen, ini lebih efektif dari sekedar memberi like.
  7. Lakukan hal di atas setiap akan berinteraksi, dengan begitu Anda bisa memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan lebih banyak interaksi terhadap postingan Anda di Facebook.
  8. Agar lebih efektif, lakukan cara tersebut ketika pengguna FB sedang ramai. Umumnya di Indonesia banyak pengguna aktif Facebook saat malam hari di atas pukul 7.

Cara Meningkatkan Interaksi Facebook Untuk Bisnis

Cara Meningkatkan Interaksi Facebook untuk Bisnis

Berbeda dengan cara sebelumnya yang berorientasi pada interaksi personal antara Anda dan teman di Facebook. Kali ini, perlu upaya berbeda untuk meningkatkan interaksi pada postingan bisnis di Facebook Anda. Selain di media sosial, Anda juga bisa mempromosikan bisnis Anda menggunakan layanan email marketing.

Berikut sejumlah tips cara meningkatkan interaksi facebook yang perlu Anda lakukan untuk menjangkau target customer yang lebih luas.

Tentukan Jenis Postingan yang Tepat

Cara pertama meningkatkan interaksi Facebook adalah menentukan jenis konten yang tepat. Tidak peduli seberapa menarik foto Anda, agar orang-orang dapat berinteraksi dan membagikan konten tersebut maka Anda perlu memikirkan bagaimana konten disajikan.

Tapi bagaimana cara menyajikan konten secara tepat? Sesuaikan hal itu dengan jenis konten yang Anda bagikan. Dilansir dari BuzzSumo, dalam studinya menemukan fakta mengenai jenis postingan yang bekerja pada Facebook. Mereka merangkum hasilnya berikut ini:

Postingan Pertanyaan

Dalam postingan ini Anda bisa mengajukan pertanyaan dan mengajak teman untuk berbagi jawaban mereka. Cara ini efektif meningkatkan jumlah interaksi yang signifikan.

Postingan Gambar

Interaksi di sini termasuk like, komentar, dan share setiap postingan. Orang cenderung tertarik pada konten visual daripada konten berbentuk teks. Studi ini menemukan bahwa postingan kombinasi gambar dan pertanyaan menghasilkan lebih dari 600 interaksi.

Postingan Video

Tidak berbeda jauh dengan gambar, video juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan sisi entertainment dalam interaksi dengan pengguna Facebook. Walau menempati peringkat ketiga, jenis postingan ini menjadi yang paling banyak di share orang.

Postingan Link

Postingan dengan link akan membantu Anda berbagi konten website dan blog kepada follower Facebook. Video yang juga terdapat postingan link mendapat sekitar 200 interaksi.

Postingan Giveaway

Hampir semua orang menyukai hal yang sifatnya gratis. Untuk itu postingan giveaway tentang produk Anda pasti akan memikat banyak orang. Postingan mempromosikan hadiah dan kontes mampu meningkatkan 200 interaksi di Facebook.

Tampilkan Lebih Banyak Konten Visual

Cara agar postingan Facebook banyak yang lihat adalah dengan memberikan konten visual. Konten visual seperti foto dan video menghasilkan lebih banyak share daripada jenis konten lain. Bahkan cara ini bisa mengubah postingan teks menjadi konten visual yang menjangkau lebih banyak customer.

Cara meningkatkan interaksi facebook yang ini sangat efektif meningkatkan strategi sosial media marketing Anda serta menjadi cara yang tepat meningkatkan share konten Facebook. Jangan khawatir jika tidak bisa desain gambar, Anda bisa menggunakan template levidio yang siap pakai.

Namun apa saja konten visual yang dimaksud? Ingin tahu bagaimana cara melakukannya? Ikuti tips berikut ini.

Buat Infografik

Jika artikel yang Anda buat sudah menarik namun kurang mendapatkan interaksi, cobalah tampilkan infografik yang menonjolkan highlight penting dalam artikel. Kemudian share konten infografik ini di laman Facebook bersama dengan deskripsi dan link artikel. Buat caption persuasif yang mengajak orang klik link yang dicantumkan.

Buat Custom Images

Awali dengan brainstorming sejumlah ide untuk jenis gambar yang berpotensi menghasilkan banyak interaksi. Ciptakan gambar custom sesuai dengan konten yang Anda buat. Bisa juga menghadirkan gambar sederhana dengan sedikit bumbu humor atau permainan kata yang masih berhubungan dengan konten Anda.

Buat Video Tutorial

Tentu masih ingat bukan bahwa konten video menghasilkan interaksi terbesar? Adapun jenis video tutorial adalah salah satu jenis konten paling efektif menghasilkan share. Dengan visual yang bagus, strategi ini sangat efektif menghasilkan share yang cukup banyak.

Posting di Waktu yang Tepat

Percayakah Anda bahwa timing sangat penting dalam menjangkau share konten yang lebih luas? Untuk itu, cara meningkatkan interaksi Facebook tidak akan optimal jika tidak memilih waktu yang tepat untuk posting.

Dalam riset lain yang dilakukan Kissmetrics, mereka menganalisis bagaimana waktu atau timing mempengaruhi perubahan kinerja konten sosial media. Menurut data mereka, sebagian besar share pengguna Facebook terjadi pada hari Sabtu dan Minggu, sementara Kamis adalah yang terburuk.

Mereka juga mengungkapkan, ada peningkatan share Facebook di siang hari dan sedikit peningkatan setelah jam 7 malam. Namun, acuan ini bukan hal yang pasti karena setiap bisnis memiliki keunikan audiens masing-masing.

Buat Postingan Singkat dan Simple

Postingan panjang mungkin bukan pilihan tepat bagi Anda yang mencari banyak interaksi. Perlu diingat, orang berada di Facebook untuk bersosialisasi, bukan hanya membaca. Jadi ketika mendeskripsikan postingan Anda, usahakan untuk to-the-point dan tidak bertele-tele.

Perhatikan panjang postingan konten. Deskripsi postingan maksimum 50 karakter dapat menaikkan lebih banyak interaksi. Begitu pun jika konten yang ditampilkan berupa gambar atau video, cantumkan deskripsi secara singkat dan simple.

Tingkatkan Share dengan Emoticons

Percayakah Anda bahwa emoticons bisa menjadi salah satu cara membuat postingan menarik di Facebook? Nyatanya, emoticon memainkan peranan penting dalam tingkat audiens di Facebook. Emoji membuat Anda tampak ramah dan memberikan sentuhan yang lebih personal.

Namun jangan berlebihan. Terlalu banyak emoji juga bisa membuat orang tidak tertarik. Postingan emoji merupakan solusi untuk Anda yang tidak punya waktu untuk mempersiapkan gambar kustom dan infografis. Sehingga, sentuhan visual untuk teks bisa hadir melalui emoji.

Semoga dengan cara meningkatkan interaksi Facebook ini Anda bisa menentukan jenis konten apa yang menghasilkan lebih banyak like, komen, dan share. Jadi, mulailah dengan contoh dan tips di atas untuk mengoptimalkan strategi pemasaran produk bisnis Anda.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!