Kata endorse kerap kali digunakan di media sosial. Endorse sendiri pada intinya memiliki makna sebagai iklan, dalam artian menggunakan orang terkenal untuk mengenalkan produk. Di sini Anda akan mengetahui cara endorse selebgram untuk membantu penjualan produk dengan ide konten promosi yang menarik.
Untuk bisa melakukan endorsement ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Untuk lebih jelas, Anda bisa mengikuti artikel berikut ini.
Bagaimana Cara Endorse Selebgram?
Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan jasa selebgram, sebaiknya pahami terlebih dahulu alur yang biasanya terjadi saat melakukan endorsement ini. Berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk proses endorse produk.
Memilih Selebgram
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk proses endorsement adalah menentukan selebgram yang paling cocok dengan produk atau bisnis. Lakukan pemilihan dengan seksama agar mendapatkan hasil yang lebih efektif.
DM Selebgram
Cara chat minta endorse ke selebgram bisa dengan menghubungi selebgram yang sudahiterpilih dengan cara direct message atau DM. Bisa juga melalui email atau kontak person yang biasanya tertera di bio-nya. Jika selebgram memiliki manajer, Anda juga bisa juga menghubungi manajernya.
Menjelaskan Produk yang akan Diiklankan
Saat melakukan kontak dengan selebgram ini, Anda perlu menjelaskan produk yang ingin mereka promosikan. Jelaskan secara singkat dan detail. Anda bisa membuat poin-poin yang mudah mereka pahami.
Ini merupakan bagian penting yang perlu Anda lakukan dengan seksama. Pemahaman selebgram soal produk yang ditawarkan juga akan membantu iklan jadi lebih efektif.
Negosiasi Harga
Jika selebgram yang bersangkutan sudah bersedia. Anda bisa menanyakan tarif dan negosiasi harga yang sesuai dengan budget Anda dan juga rate yang selebgram tersebut kehendaki. Anda bisa melakukan negosiasi yang akan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.
Persiapan Untuk Endorse Selebgram
Sebelum melakukan cara endorse selebgram, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Berikut hal-hal yang harus Anda siapkan.
Benahi Instagram Bisnis
Sebelum melakukan endorse selebgram, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pembenahan Instagram yang untuk bisnis Anda. Percantik tampilan Instagram, pilih foto-foto produk aesthetic sebagai display.
Ini merupakan bagian persiapan yang penting untuk Anda lakukan. Alasan utama melakukan pembenahan ini adalah sebagai persiapan saat produk dikenalkan, nantinya akan banyak kunjungan ke Instagram bisnis dari followers yang tertarik.
Penataan Display Produk yang Menarik
Pilih produk-produk yang akan Anda tawarkan dengan posting berurutan dan penataan yang bagus. Buat postingan semenarik mungkin yang dapat menarik pengunjung. Pilih warna dan foto produk yang memiliki kualitas terbaik.
Pilih Selebgram yang Sesuai
Cara memilih selebgram untuk endorse agar lebih efektif salah satunya adalah memilih selebgram yang sesuai dengan produk milik Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan pemilihan Selebgram. Berikut poin-poin pentingnya.
- Cek Profil Instagramnya – dengan cara cek profil selebgram dan jenis postingan mereka, Anda bisa mengetahui karakternya. Pastikan profil selebgram ini sesuai dengan produk yang akan Anda tawarkan.
- Periksa Interaksi Postingan – memeriksa interaksi postingan ini perlu. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui apakah followers-nya real atau fiktif. Anda bisa cek like dan komentar postingan di profil selebgram ini.
- Cek Postingan Konten – periksa juga konten yang mereka posting. Anda bisa menilai kualitas konten postingan selebgram ini, semakin bagus konten-kontennya juga akan semakin membawa keuntungan untuk produk yang akan ditawarkan.
Berapa Tarif Endorse Selebgram?
Endorse selebgram bukan hanya satu-satunya yang perlu Anda perhatikan saat beriklan di sosial media. Anda juga perlu mengetahui patokan tarif endorsement. Dengan cara ini akan lebih memudahkan untuk menyiapkan budget yang sesuai.
Berdasarkan data yang didapat oleh Getcraft, perhitungan tarif endorse selebgram di Indonesia bisa dihitung berdasarkan tiga hal, yaitu photo, video dan stories Instagram. Berikut rate rata-rata yang bisa dijadikan patokan harga endorsement.
Rata-rata Tarif Berdasarkan Kategori
Jika dikelompokan dalam kategori, influencer ini bisa dibedakan menjadi 8 kategori. Harga yang ditemukan ini adalah rata-rata dari influencer di Indonesia yang dapat Anda jadikan patokan jika ingin menggunakan jasa selebgram. Berikut daftar perkiraan harga berdasarkan kategori.
Kategori | Harga |
Mikro I | Rp. 1000 – Rp. 24.999 |
Mikro II | Rp. 25.000 – Rp. 49.999 |
Mikro III | Rp. 50.000 – Rp. 99.999 |
Macro I | Rp. 100.000 – Rp. 249.999 |
Macro II | Rp. 250.000 – Rp. 499.999 |
Premium I | Rp. 500.000 – Rp. 749.999 |
Premium II | RP. 750.000 – Rp. 999.999 |
Selebriti | Rp. 1.000.000 – lebih |
Rata –rata Tarif Posting Foto
Anda bisa memilih jenis posting untuk menawarkan produk lewat selebgram. Untuk patokan harga posting foto di Instagram influencer Indonesia, Anda bisa memilih kategori yang sesuai dengan budget iklan ataupun estimasi pencapaian. Berikut rata-rata tarif posting foto di Instagram selebgram.
Kategori | Harga | Estimasi Pencapaian |
Mikro I | Rp. 1.321.454 | estimated reaches: 1.659 |
Mikro II | Rp. 1.850.630 | estimated reaches: 3.615 |
Mikro III | Rp. 2.557.654 | estimated reaches: 7.227 |
Macro I | Rp. 4.552.451 | estimated reaches: 15.587 |
Macro II | Rp. 7.220.000 | estimated reaches: 35.993 |
Premium I | Rp. 9.500.000 | estimated reaches: 62.069 |
Premium I | Rp. 9.900.000 | estimated reaches: 87.986 |
Selebriti | Rp. 16.702.703 | estimated reaches: 345.020 |
Rata – rata Tarif Posting Video
Beriklan dengan menggunakan video merupakan salah satu cara endorse yang bisa Anda pilih untuk mengenalkan produk. Tarif dari iklan video ini tentunya sedikit lebih mahal dari tarif foto. Iklan video ini dipertimbangkan akan lebih mudah viral. Berikut daftar tarif dan estimasinya.
Kategori | Harga | Estimasi Pencapaian |
Mikro I | Rp. 2.760.560 | estimated reaches: 1.596 |
Mikro II | Rp. 4.188.690 | estimated reaches: 3.650 |
Mikro III | Rp. 5.472.059 | estimated reaches: 7.461 |
Macro I | Rp. 7.749.419 | estimated reaches: 15.804 |
Macro II | Rp. 12.331.132 | estimated reaches: 35.772 |
Premium I | Rp. 13.107.142 | estimated reaches: 61.023 |
Premium II | Rp. 18.970.558 | estimated reaches: 86.742 |
Selebriti | Rp. 27.718.750 | estimated reaches: 357.758 |
Anda juga bisa membuat akun publik sendiri dengan cara ternak akun instagram menggunakan Software Maira jika Anda tidak mau membayar mahal ke selebgram, akan tetapi Anda juga harus berproses membuat akun mulai dari 0 followers hingga ratusan ribu.
Untuk download Softwarenya Klik -> https://bisnisviral.com/maira/
Keuntungan Endorse Selebgram
Dengan maraknya penggunaan media sosial, iklan menggunakan selebgram juga makin banyak dilakukan. Ada beberapa keuntungan yang membuat endorse selebgram ini patut Anda pertimbangkan. Berikut beberapa alasannya.
Cara Promosi yang Efektif
Endorse selebgram ini dianggap lebih efektif karena produk akan banyak dilihat oleh followers dari selebgram. Followers yang tertarik dengan produk ini akan mulai mencari tahu produk yang Anda secara online.
Hemat Biaya Iklan
Endorsement selebgram tidak akan semahal biaya iklan TV. Dengan followers selebgram yang menyebar di seluruh Indonesia, cara ini juga sama efektifnya dengan pengeluaran fee yang lebih terjangkau.
Membantu Pengenalan Produk
Brand awareness merupakan bagian yang penting dalam pengembangan bisnis. Dengan menggunakan ketenaran selebgram akan lebih memudahkan untuk produk atau bisnis yang Anda tawarkan untuk dikenali secara luas.
Jangkauan Konsumen Lebih Luas
Dengan followers yang luas, jangkaun iklan juga lebih luas. Dengan cara ini Anda juga bisa menjangkau pasar yang lebih luas untuk produk yang ditawarkan.
Cara endorse selebgram bisa membantu penjualan produk Anda. Anda bisa memilih cara ini sebagai salah satu strategi pemasaran. Cara ini juga lebih mudah untuk Anda lakukan, selain juga lebih hemat biaya.