Promosi Penjualan Yang Bertujuan Untuk Memperoleh Pelanggan Baru

5/5 - (1 vote)

Agar bisa meningkatkan omset penjualan, anda perlu melakukan promosi penjualan yang bertujuan untuk memperoleh pelanggan baru.

Promosi penjualan tidak bisa dilakukan asal-asalan, karena jika anda tidak mempelajari teknik-teknik promosi dengan baik, maka sudah dapat dipastikan promosi anda akan gagal dan hanya akan membuang uang dan waktu anda.

Pada artikel ini dosen online akan membahas tentang promosi offline dan juga promosi online, karena kedua jenis promosi ini sangat penting untuk anda lakukan jika anda tidak ingin kalah dari pesaing.

Promosi Penjualan Yang Bertujuan Untuk Memperoleh Pelanggan Baru

Sebenarnya ada banyak jenis dari promosi, tapi disini kami hanya membahas jenis promosi penjualan yang bertujuan untuk memperoleh pelanggan baru, apabila anda ingin lebih dalam mengetahui tentang promosi, kami merekomendasikan anda untuk membaca pengertian promosi dari maxmanroe.

Apabila anda berjualan hanya mengandalkan teknik promosi offline saja, seperti memasang spanduk dan lain sebagainya, kami rasa anda akan kesulitan dalam bersaing, apalagi produk yang anda jual juga banyak dijual oleh orang lain, oleh sebab itu, lakukan keduanya sekaligus.

Promosi tidak hanya dilakukan oleh usaha-usaha yang baru didirikan saja, usaha yang sudah lama berjalanpun wajib melakukan promosi, karena bisa saja pelanggan setia anda melihat salah satu promosi dari pesaing, dimana isi dari promosi tersebut membuat mereka tertarik untuk berpindah, jadi sudah dapat dipastikan anda akan kehilangan pelanggan setia.

Promosi Offline

Seperti yang sudah saya singgung di atas, memasang spanduk atau baner adalah salah satu teknik promosi yang hanya membutuhkan sedikit biaya.

Sebagai penjual produk, promosi offline juga wajib anda lakukan, karena juga dapat memperoleh pelanggan baru.

Misalnya ada seorang yang sedang berjalan dan dia tidak berniat sama sekali untuk membeli produk yang anda jual, namun karena dia tertarik dengan promosi yang anda pasang pada spanduk, maka dia langsung membeli produk yang anda jual.

Coba kembalikan kediri kita sendiri, misalnya ada 2 pedagang yang sama, mereka menjual barng yang sama bahkan lokasinya berdekatan, satu toko memiliki spanduk dan penawaran-penawaran khusus dan toko yang satunya tanpa spanduk apapun, anda lebih tertarik belanja di toko yang mana ?.

Promosi Online

Sebagai seorang pengusaha, promosi online tidak boleh anda lupakan, karena jumlah pembeli yang bisa di dapat melalui online, jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pembeli offline.

Dengan promosi online, anda bisa menjangkau seluruh dunia, tapi ingat, anda tidak boleh lupa dengan target pembeli. Jika target anda hanya untuk orang indonesia, ya lakukan batasan promosi hanya untuk orang-orang indonesia saja.

Disemua platform promosi online biasanya ada fitur untuk membatasi hal-hal tersebut. Tujuannya tentu agar promosi mencapai sasaran.

Promosi Melalui Facebook Ads

Kami rasa semua orang pastinya sudah mengetahui facebook, namun masih banyak yang belum mengenal yang namanya FB ADS.

Facebook ADS adalah sebuah fitur yang diberikan oleh facebook untuk mempromosikan sesuatu. anda bisa menjangkau seluruh dunia dengan mempromosikan produk yang anda miliki melalui facebook ads.

Facebook ads ini tentunya berbayar, tapi biayanya sangat murah dan bisa kita setting biaya per klik nya.

Misalnya, anda ingin setiap kali orang mengklik promosi anda maka hanya dikenakan biaya Rp. 100 saja.

Promosi Di Google Ads

Google Ads dan Facebook Ads ini sebenarnya hampi-hampir sama, yang membedakannya adalah tempat promosinya.

Di Facebook Ads anda bisa menjangkau seluruh pengguna facebook sedangkan di Google Ads, anda bisa menjangkau seluruh pengguna Google.

Misalnya, anda menjual kerupuk singkong, dan ada orang yang mengetik kerupuk singkong di google, maka promosi anda bisa ditampilkan di bagian atas, sehingga orang tersebut langsung masuk ke link promosi.

Promosi Di Youtube

Youtube merukapan situs video milik google, biasanya kita menggunakan youtube hanya untuk menonton video saja, padahal juga bisa digunakan untuk berpromosi.

Pernahkah anda melihat iklan ketika menonton video youtube ?.

Iklan tersebut adalah seseorang yang mempromosikan produk atau jasa mereka kepada penonton melalui youtube.

Ada 3 cara untuk mempromosikan penjualan di youtube yaitu sebagai berikut :

  1. Membuat Chanel – Cara yang pertama ini adalah cara yang gratis, anda tinggal membuat chanel lalu buat video promosi.
  2. Melalui Youtube Ads – Cara yang kedua ini membayar kepada youtube, sama seperti facebook ads dan juga google ads.
  3. Berkerja sama dengan pemilik chanel – Cara yang ketiga ini biasanya sedikit lebih mahal, karena anda akan meminta pemilik chanel lain untuk mempromosikan produk anda di chanel mereka.

Promosi Melalui Email Marketing

Anda bisa meningkatkan penjulan dengan email marketing jika client Anda kebanyakan seoarang digital marketing, karena setiap harinya pasti cek email. Biasanya produk yang dipromosikan yaitu template, E-Course dan tools penunjang bisnis online.

Promosi Online Gratis

Pada bagian akhir ini saya akan memberikan beberapa teknik promosi online gratis, yaitu sebagai berikut.

  1. Rajin berkomentar dan share-share di grup-grup sosial media. Grup tempat promosi tentunya harus sesuai dengan produk yang anda jual, misalnya anda menjual makanan, maka anda bisa share di grup-grup makanan.
  2. Promosi melalui status atau story sosial media, tapi jangan terlalu sering, karena jika terlalu sering maka bisa saja teman anda merasa terganggu dan menghapus pertemanan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga dengan melakukan promosi penjualan ini, anda mendapatkan banyak pelanggan-pelanggan baru.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!