Mengenal Apa Itu Aplikasi MOD Serta Bahayanya

5/5 - (2 votes)

Di era digital seperti saat ini, Anda pasti sudah tidak asing dengan yang namanya aplikasi. Namun, apakah Anda tahu kalau sekarang ada yang namanya aplikasi MOD. Apa itu aplikasi MOD? Jika Anda penasaran, maka Anda bisa simak penjelasannya dalam artikel dosen online kali ini.

Anda yang sangat bergantung dengan teknologi terutama pengguna smartphone atau komputer pasti tidak bisa lepas dari aplikasi. Sebelumnya, aplikasi merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat membantu kehidupan Anda.

Hadir untuk membantu mempermudah kegiatan penggunanya, setiap aplikasi biasanya memiliki fungsi yang beragam. Jadi, Anda bisa memilih aplikasi mana yang ingin Anda gunakan tergantung dengan kebutuhan Anda saat itu.

Apa Itu Aplikasi MOD?

Berkat perkembangan teknologi yang cukup pesat, saat ini Anda dapat menghubungi seseorang yang jauh tanpa takut kehabisan pulsa, atau menghubungi dokter tanpa harus ke rumah sakit, atau bahkan memesan makanan tanpa harus meninggalkan tempat tidur.

Tentu saja kegiatan-kegiatan instan seperti itu bisa Anda dapatkan dengan bantuan aplikasi. Aplikasi-aplikasi tersebut tentunya bisa Anda dapatkan dengan mengunduhnya dari Play Store atau App Store. Namun, bagaimana dengan Aplikasi MOD?

Sebenarnya, fungsi aplikasi MOD dengan aplikasi biasa tentu saja tidak jauh berbeda yaitu untuk mempermudah penggunanya. Namun, aplikasi versi MOD ini biasanya akan lebih mudah untuk digunakan.

Mengapa demikian? Sesuai dengan namanya yaitu MOD yang berarti modification, aplikasi ini sendiri merupakan aplikasi yang telah melalui tahapan modifikasi. Modifikasi sendiri berarti mengubah berbagai struktur dalam sebuah aplikasi.

Dalam tahap modifikasi tersebut, mengubah berarti menghapus atau bahkan menambahkan beberapa fitur terhadap sebuah sistem aplikasi. Bukan oleh pembuat atau pengguna aplikasi itu sendiri, modifikasi biasanya dilakukan oleh pihak ketiga.

Tidak sembarangan, pihak ketiga yang bisa melakukan modifikasi terhadap sebuah aplikasi biasanya merupakan seorang ahli dalam dunia pemrograman.

Hal tersebut merupakan salah satu syarat karena saat melakukan modifikasi, maka pihak tersebut harus mengikuti instruksi yang tertulis dengan menggunakan kode atau script. Seseorang yang awam dalam pemrograman tidak akan dapat membaca kode-kode tersebut.

Mengapa Ada Aplikasi MOD?

Bukan tanpa alasan, pihak ketiga tersebut melakukan modifikasi tentu karena memiliki tujuannya sendiri. Memodifikasi sebuah aplikasi salah satunya yaitu agar aplikasi tersebut dapat lebih mudah pengguna gunakan.

Selain itu, modifikasi juga dapat mempercepat sistem kerja sebuah aplikasi atau bahkan menghilangkan bagian-bagian dalam aplikasi yang besar kemungkinan tidak akan digunakan atau bahkan mengganggu penggunanya.

Biasanya, salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan aplikasi MOD yaitu Anda bisa menggunakan fitur-fitur premium sebuah aplikasi tanpa membelinya terlebih dahulu. Tapi kebanyakan, sistem modifikasi tersebut bisa Anda temukan dalam aplikasi permainan (game).

Aplikasi MOD game biasanya menawarkan berbagai fitur menarik secara gratis, seperti karakter yang tidak bisa mati atau senjata dan uang yang tidak terbatas.

Apakah Aplikasi MOD Legal?

Meski akan memberikan berbagai keuntungan, menggunakan atau membuat aplikasi MOD tentu saja merupakan perbuatan yang ilegal. Kegiatan tersebut bahkan dianggap bertentangan dengan hukum sehingga yang melanggar akan mendapatkan sanksi.

Lebih jelasnya, aturan tersebut tercantum dalam ayat 2 dan 3 Undang-Undang ITE Pasal 30. Pasal tersebut menyatakan bahwa pidana kurang lebih selama 7 tahun serta denda sebanyak Rp 700 juta hingga Rp 800 juta akan diberikan kepada dua macam pelanggar.

Pelanggar pertama yang akan mendapatkan ancaman hukuman tersebut yaitu seseorang yang dengan sengaja mengakses komputer atau sistem orang lain dengan tujuan untuk memperoleh berbagai informasi.

Pelanggar selanjutnya yaitu seseorang yang dengan sengaja menerobos atau membobol sistem keamanan milik orang lain.

jadi untuk menghindari sanksi yang cukup berat tersebut, sebaiknya Anda gunakan aplikasi versi original yang jelas-jelas sudah resmi.

Apakah Aplikasi MOD Berbahaya?

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, menggunakan aplikasi MOD ternyata melanggar peraturan Undang-Undang. Bahkan, pemerintah tidak main-main hingga memberikan ancaman bagi siapa saja yang melanggar akan mendapatkan sanksi.

Sanksi tersebut berupa denda dengan nominal yang cukup besar serta hukuman pidana penjara dengan waktu tidak sebentar. Tentu hal tersebut sangat menakutkan bukan?

Meski begitu, ternyata ancaman tersebut merupakan sanksi yang setimpal. Karena selain akan merugikan perusahaan yang mengembangkan aplikasi resmi atau developer, perbuatan ilegal tersebut juga akan merugikan Anda juga sebagai pengguna.

Namun tidak semua aplikasi mod berbahaya, situs fikrirasy.id menyediakan link download aplikasi dan game modifikasi, seperti An1, HappyMod, Revdl, dll yang aman. Akan tetapi Anda juga perlu harus berhati-hati tidak asal download.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa risiko serta bahaya yang mungkin Anda dapatkan saat mengunduh aplikasi MOD pada perangkat Anda:

Pemblokiran

Salah satu ancaman bagi Anda yang menggunakan aplikasi MOD yaitu terblokirnya aplikasi tersebut dari perangkat Anda. Pemblokiran tersebut biasanya dilakukan oleh pihak developer atau perusahaan pemilik aplikasi tersebut versi resmi.

Pihak developer tentu saja dapat mengetahui seluruh aktivitas Anda saat menggunakan aplikasi buatan mereka, termasuk jika aplikasi tersebut telah dimodifikasi. Seluruh kegiatan Anda akan dianggap tidak wajar oleh pihak developer jika Anda menggunakan aplikasi MOD.

Jadi, besar kemungkinan pihak developer akan mencurigai Anda dan pihak mereka langsung melakukan pemblokiran untuk mencegah kerugian.

Terkena Virus

Sebetulnya, setiap aplikasi pastinya memiliki berbagai sistem keamanan sehingga pengguna dapat dengan aman dan nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut. Sayangnya, aplikasi MOD biasanya mengurangi beberapa sistem keamanan tersebut.

Sistem keamanan aplikasi MOD tidak akan serupa dengan aplikasi resminya. Hal tersebut terjadi akibat modifikasi sehingga beberapa sistem telah diubah atau diedit. Sehingga tidak menutup kemungkinan, kegiatan tersebut akan menimbulkan kecacatan pada aplikasi.

Karena sistem keamanan aplikasi MOD cenderung lebih lemah daripada aplikasi resmi, maka peluang ponsel Anda terkena virus akan lebih tinggi.

Ancaman Privasi

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, aplikasi MOD memiliki sistem keamanan yang lebih lemah daripada aplikasi resmi. Jadi, tentu saja hal tersebut dapat merugikan Anda sebagai pengguna aplikasi MOD.

Selain memiliki peluang lebih besar untuk terkena virus, sistem keamanan yang lemah juga ternyata dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan data-data pribadi Anda.

Tidak menutup kemungkinan data diri Anda terlacak dan disalahgunakan oleh pihak lain akibat aplikasi MOD. Karena itu, Anda harus lebih berhati-hati karena data diri merupakan salah satu hal yang sangat pribadi.

Selain tiga risiko yang mungkin Anda dapatkan saat menggunakan aplikasi MOD, Anda juga akan cenderung tidak nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut karena beberapa hal lainnya.

Salah satu hal yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbagan Anda yaitu banyaknya iklan yang muncul saat Anda membuka aplikasi MOD tersebut. Iklan tentu saja tidak jarang membuat Anda kesal karena kerap kali mengganggu aktivitas bahkan menghalangi apa yang sedang Anda lihat.

Iklan tersebut sebenarnya sengaja dihadirkan oleh pembuat aplikasi MOD tersebut. Tujuan dari adanya iklan tidak lain adalah agar si kreator aplikasi MOD bisa mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut bisa berupa uang dari pihak pengiklan.

Jadi, setelah mengetahui apa itu aplikasi MOD serta bahayanya, apakah Anda masih tertarik untuk menggunakan aplikasi tidak resmi tersebut? Jika iya, maka Anda harus dapat menanggung seluruh risiko serta ancaman yang telah pemerintah layangkan.

Namun, alangkah lebih baik jika Anda menggunakan aplikasi resmi saja, atau bisa download di situs fikrirasy yang aplikasinya aman. Aplikasi resmi tentu saja merupakan aplikasi yang telah teruji keamanannya sehingga bisa meminimalisasi kejadian-kejadian tidak menyenangkan.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!